Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita BisnisCara Jualan di Aliexpress, Peluang Usaha Kecil Raih Pasar Global

Cara Jualan di Aliexpress, Peluang Usaha Kecil Raih Pasar Global

Cara jualan di Aliexpress menawarkan potensi keuntungan yang sangat besar. Luasnya jangkauan pasar dan beragam fitur menarik bisa menjadi senjata menjangkau pasar global. Pelaku usaha kecil perlu memanfaatkan marketplace dunia ini.

Aliexpress merupakan marketplace asal dari Cina yang diluncurkan pada tahun 2010. Aliexpress dikenal sebagai salah satu e-commerce terbesar yang berbasis di Tiongkok milik Alibaba Group.

Sebagai marketplace besar, sudah pasti jual beli yang ada pada situs ini melebihi marketplace di Indonesia. Bahkan menurut Wikipedia, marketplace dalam jaringan Alibaba Group ini telah menjangkau 200 negara lebih seluruh dunia.

Karena itu menjalankan bisnis dengan cara jualan di Aliexpress tentunya sangat potensial. Selain jangkauan yang ada pada marketplace yang lebih luas karena mencapai antar negara dari berbagai benua akan memberikan keuntungan yang besar.

Baca Juga: Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula Agar Dagangan Cepat Laku

Langkah Mudah Cara Jualan di Aliexpress

Luasnya jangkauan pasar Aliexpress kita dapat memanfaatkan pasar daring ini sebagai peluang usaha. Dengan adanya peluang ini, kita bisa turut serta sebagai salah satu penjual pada situs Aliexpress.

Meskipun ini merupakan marketplace dari Cina, tapi terbuka kesempatan penjual dari luar Cina untuk ikut berjualan juga. Untuk mengetahui bagaimana cara jualan di Aliexpress, yuk simak caranya berikut ini.

Membuat Toko Baru di Aliexpress

Aliexpress merupakan jasa ritel daring dari Alibaba Group yang menjual produk retail. Artinya produk yang ada bisa kita beli satuan atau dengan grosir. Untuk berjualan melalui Aliexpress, penjual dari luar Cina tersedia fiturnya sendiri.

Untuk langkah membuat toko, kita tinggal mendaftar sebagai penjual pada Aliexpress. Berikut ini tahapan pendaftaran dan cara membuat toko pada marketplace Aliexpress.

  1. Langsung saja kunjungi website resminya dengan alamat Aliexpress.com.
  2. Selanjutnya cari menu seller pada bagian header atas situs. Kemudian pilih ‘Non-Chinese Seller Login’ atau penjual bukan dari Cina.
  3. Langkah cara jualan di Aliexpress selanjutnya tinggal mengikuti semua perintah pendaftaran toko baru. Mulai dari memasukkan alamat email dan password.
  4. Setelah itu Anda harus melakukan verifikasi email dengan membuka atau mengecek alamat email yang Anda daftarkan. Kemudian masukan kode yang ada ke kolom verifikasi.
  5. Untuk proses pendaftaran ini nantinya ada permintaan untuk mengisi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Anda isi saja secara lengkap jika ada.
  6. Jika sudah melengkapi semua formulir yang penting, langkah selanjutnya adalah masuk ke toko untuk mendekorasi dan memasukkan produk yang akan Anda jual.  

Strategi Pemasaran Aliexpress

Setelah rampung membuat toko baru, kini saatnya kita melakukan pemasaran. Teknik pemasaran yang ada pada Aliexpress umumnya tak jauh berbeda dengan marketplace lainnya.

Antara lain kita perlu menyiapkan beberapa strategi seperti riset, promo, hingga beriklan. Namun agar cara jualan di Aliexpress berhasil Anda perlu melakukan riset supaya tahu harga produk yang akan kita pasarkan.

Riset penting Anda lakukan untuk mencari produk yang sama. Selain itu, mata uang yang gunakan Aliexpress juga berupa dolar. Karena itu harga perlu Anda kurs dan bulatkan supaya mendapat keuntungan.

Sementara tentang promosi, kita bisa memasang strategi yang juga banyak digunakan penjual online pada umumnya. Biasanya mereka akan menarik pembeli dengan memberikan harga diskon.

Sedangkan untuk masalah iklan, kita bisa memasang iklan melalui Aliexpress maupun media lain. Anda juga perlu menggunakan media sosial atau Google untuk mengoptimalkan promosi produk anda.

Baca Juga: Cara Jualan di Bukalapak Agar Cepat Laku, Begini Triknya!

Namun langkah melakukan promosi sebaiknya jangan langsung secara besar-besaran yang mungkin akan menguras modal Anda. Lakukan saja secara bertahap dengan mengoptimalkan berbagai media online yang gratis.

Selain itu, ada satu lagi yang bisa Anda manfaatkan dalam cara jualan di Aliexpress yang cukup efektif. Dalam hal ini kita jangan sampai melewatkan untuk menyediakan fitur gratis ongkir.

Seperti kita tahu ketersediaan layanan pengiriman gratis menjadi strategi jitu menarik pelanggan. Apalagi Aliexpress menyediakan layanan  pengiriman gratis antar negara. Tarif pengiriman semacam ini tentunya jauh lebih besar daripada ongkir antar wilayah seperti Indonesia.

Namun seperti pepatah bijak mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Sebagai pemula yang berjualan menggunakan e-commerce global tentunya tidak sama dengan marketplace Indonesia. Karena itu pelajari pengalaman tersebut agar bisa Anda kembangkan nantinya.

Itulah langkah praktis cara jualan di Aliexpress yang bisa Anda coba lakukan. Jangkauan global konsumen Aliexpress perlu kita manfaatkan guna menjangkau pasar dunia.  Termasuk untuk Anda para pelaku usaha kecil. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img