Cara Jualan di Blibli yang Mudah dan Gratis untuk Meningkatkan Omset

cara jualan di blibli
Begini cara jualan di Blibli. Foto: Ist/Net

Cara jualan di Blibli juga bisa menjadi alternatif untuk mendapat penghasilan tambahan. Namun berbeda dengan marketplace lainya, berjualan di Blibli berlaku sistem komisi sehingga kita harus cermat dalam menentukan harga jual barang.

Blibli merupakan salah satu marketplace nasional yang didirikan tahun 2010 oleh PT Global Digital Niaga, anak perusahaan rokok Djarum. Keunikan Blibli karena memiliki pangsa pasar yang lebih tertarget.

Jumlah kunjungan atau trafik Blibli juga termasuk tinggi, yaitu sebanyak 26,86 juta pengunjung bulanan. E-commerce ini menempati peringkat kelima setelah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Lazada.

Persaingan berbagai pasar daring yang ada di Indonesia memang menunjukan kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Perbedaan mengenai produk dan target pengguna sangat terasa, termasuk pada marketplace Blibli.

Meskipun jumlah trafiknya lebih rendah namun Blibli cukup kompetitif terhadap penjual dan pembelinya. Kemudahan untuk kedua pengguna cukup terasa khususnya perihal negosiasi sampai transaksi.

Selain itu, seperti halnya dengan marketplace lainnya, Blibli juga menyediakan banyak jenis kelebihan. Seperti beragam voucher belanja dan pengiriman gratis sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Ini tentunya selalu menarik konsumen untuk berbelanja.

Baca Juga: Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula Agar Dagangan Cepat Laku

Tahapan Cara Jualan di Blibli

Ada banyak keunggulan yang membuat kenapa Blibli menjadi salah satu toko daring favorit di Indonesia. Salah satnya karena kemudahannya dan kepuasan yang banyak dirasakan penggunanya dalam melakukan transaksi.

Dengan demikian bagi para pebisnis, ini adalah peluang yang sangat menarik dan cocok Anda jadikan wadah untuk jualan produk Anda. Berikut ini tahapan cara jualan di Blibli yang sebaiknya Anda tahu.

Membuat Toko di Blibli

Saat Anda ingin berjualan online dan memasarkan produk secara lebih luas, maka Blibli membuka peluang untuk menjawab keperluan tersebut. Apalagi dengan besarnya jumlah kunjungan situs belanja ini.

Kemudahan dalam berjualan pun tersedia dengan adanya layanan 24 jam live chat. Sehingga kita bisa bertanya saat ada kendala kalau mau membuka toko untuk menjadi merchant di Blibli.

Tata cara jualan di Blibli Anda harus mendaftar untuk menjadi merchant terlebih dahulu sebelum bisa membuka toko. Berikut ini tahapan untuk mendaftar dan cara membuat toko di Blibli.

  • Langkah awal, silahkan buka aplikasi atau kunjungi situs resmi Blibli. Kalau mau lebih mudah, kunjungi https://seller.blibli.com/mulai-berjualan.
  • Setelah mengunjungi alamat tersebut, kalian akan melihat adanya dua pilihan sebagai Seller. Anda bisa memilih sebagai penjual lokal atau internasional, dan untuk memilihnya klik salah satu pilihan tersebut.
  • Jika Anda memilih sebagai penjual lokal setelah itu isi semua formulir pendaftaran yang ada. Mulai dari negara, username, email, kata sandi, nomer telepon, serta nama toko.
  • Jika sudah Anda isi dan setuju dengan persyaratan dan ketentuan yang ada pada Blibli, selanjutnya tinggal klik menu “Daftar”.
  • Tahap cara jualan di Blibli selanjutnya tinggal ikuti saja semua perintah yang ada hingga Anda menyelesaikan pendaftaran dan toko siap Anda gunakan.

Untuk informasi, saat melakukan pendataran ada kolom referal kode. Perlu Anda tahu, untuk menambah rasa aman terhadap akun yang kita buat sebaiknya isi kode referal tersebut untuk verifikasi akun saat akan kita gunakan.

Baca Juga: Cara Jualan di Bukalapak Agar Cepat Laku, Begini Triknya!

Sistem Penjualan di Blibli

Setelah pengajuan permintaan pembuatan akun toko baru Anda telah disetujui oleh Tim Blibli, masih ada beberapa tahapan lain untuk mengetahui informasi penjualan dan pengiriman.

Pada tahap awal cara jualan di Blibli Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur yang perlu Anda gunakan. Seperti kategori dan fasilitas upload produk secara gratis yang sangat berguna bagi penjual.

Untuk bisa menjual produk, ada perlu menyesuaikan dengan berbagai kategori yang ada. Setelah bisa meng-upload produk, Anda juga perlu memberikan informasi produk secara lengkap.

Menyangkut masalah pengiriman, Blibli menyediakan pengemasan gratis dengan box yang akan dilakukan sendiri oleh tim mereka. Jadi saat ada pesanan, meski paket sudah kita bungkus namun mereka akan melakukan pengemasan ulang dengan box Blibli.

Saat ini Blibli telah memiliki sekitar 30 layanan ekspedisi yang mereka gunakan untuk mengirimkan paket ke seluruh tempat di Indonesia.

Itulah beberapa langkah cara jualan di Blibli yang perlu Anda lakukan. Setelah Anda menjadi merchant e-commerce ini selanjutnya Anda tinggal mempromosikannya melalui berbagi media sosial yang Anda miliki. (R11/HR Online)

Editor: Jujang