Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita BisnisCara Jualan di Ebay, Alternatif Bisnis Online Global yang Menggiurkan

Cara Jualan di Ebay, Alternatif Bisnis Online Global yang Menggiurkan

Ingin mencoba cara jualan di eBay? AuctionWeb internasional ini termasuk sangat populer selain Amazon. Tak sedikit internet marketing dunia yang mampu menjadi kaya raya dengan berjualan di eBay.

eBay merupakan situs lelang daring yang mempertemukan para penjual dan pembeli dari seluruh dunia. Website yang didirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995 ini juga populer sebagai AuctionWeb.

Kehadiran eBay mendapat sambutan yang sangat menggembirakan. Keunikan transaksi dan fasilitas yang ada sangat memudahkan para penggunanya. Bahkan tak sedikit para internet marketer yang memanfaatkan situs ini untuk menjual barang atau jasa.

Sukses eBay inilah yang kemudian menjadi inspirasi lahirnya situs-situs sejenis lainnya. Dengan kata lain, eBay merupakan perintis sistim transaksi lelang secara daring yang mampu mempertemukan penjual dan pembeli dari seluruh dunia.

Jika Anda tertarik cara jualan di eBay sebaiknya kenali terlebih dahulu sistim transaksi yang ada. Berbeda dengan e-commerce lainnya yang hanya menjadi tempat jual beli, eBay memiliki banyak keunikan.

Pertama, situs eBay itu berbeda dengan pasar daring yang kita kenal. E-Bay menawarkan dua sistem transaksi. Selain dengan sistem lelang juga ada sistim transaksi yang bisa kita beli seperti umumnya marketplace.

Selain itu pasar konsumen dari eBay bersifat global alias menjangkau seluruh dunia. Namun begitu sekarang ini eBay sudah mengelompokkan para penggunanya, baik penjual maupun pembeli, berdasarkan tempat tinggal mereka.

Baca Juga: Cara Jualan di Blibli yang Mudah dan Gratis untuk Meningkatkan Omset

Langkah Mudah Cara Jualan di Ebay

Jika Anda tertarik dengan cara jualan di eBay tentunya penting mengetahui berbagai hal, khususnya ketentuan menjadi seller. Untuk penjual perlu mengetahui mekanisme yang ada supaya tidak kaget saat mendapat respon dari konsumen yang berminat.

Guna mengenal dengan sistem transaksinya, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan dan ikuti agar bisa berdagang melalui eBay.

Cara Daftar Sebagai Penjual di eBay

Untuk membuat akun sebagai seller di eBay, ada sederet langkah yang harus Anda lakukan agar bisa lolos sebagai member baru. Sedangkan untuk cara mendaftar sebagai penjual adalah sebagai berikut:

Langkah pertama silakan terlebih dahulu kunjungi situs resminya yang beralamat https://www.ebay.com/

Setelah situs terbuka, kini Anda bisa melakukan pendaftaran seperti pendaftaran akun lainnya. Cara jualan di eBay ini adalah dengan klik menu Register dan lengkapi formulir yang ada, seperti nama, email, dan password.

Setelah itu, nanti akan ada verifikasi akun dengan url yang mereka kirim melalui email yang Anda daftarkan tadi. Karena itu tinggal buka saja email Anda dan klik link yang ada tersebut untuk konfirmasi.

Selanjutnya Anda bisa login dan masuk ke akun eBay yang Anda buat tadi. Cari menu sell on eBay lalu klik menu Create Listing.

Pada menu listing tersebut merupakan tempat yang bisa kita gunakan untuk berjualan. Anda bisa menjual apa saja sesuai dengan kategori yang tersedia. Karena itu siapkan gambar dan data lainnya terkait produk jualan Anda.

Baca Juga: Cara Jualan di Aliexpress, Peluang Usaha Kecil Raih Pasar Global

Sistem Penjualan eBay

Setelah berhasil membuat akun dan tahu tempat untuk cara jualan di eBay, maka ketahui sistem transaksi yang ada. Seperti pembahasan sebelumnya bahwa sistem transaksi pada eBay menganut sistim lelang dan pembelian biasa.

Dengan Sistem Lelang

Perlu Anda tahu kalau tidak semua produk yang tersedia pada situs eBay bisa kita beli dengan mudah. Ada beberapa penjual yang menerapkan sistem lelang untuk menjual produk mereka.

Untuk cara jualan di eBay sistim lelang umumnya berlangsung selama 1 sampai 10 hari. Caranya seperti lelang pada umumnya. Pada sistem ini pembeli akan saling menawar dengan harga tertinggi untuk mendapat barangnya.

Pemenangnya adalah yang mampu melakukan bid dengan nilai tertinggi. Sedangkan untuk rekomendasi produk yang cocok Anda lelang adalah barang atau produk yang langka dan unik. Seperti barang antik, lukisan, atau karya seni lainnya.

Sistem Penjualan Buy it Now

Selain dengan bentuk lelang, eBay juga memberikan opsi transaksi pembelian biasa. Pada sistem ini penjual bisa menetapkan harga suatu produk dan pembeli bisa membeli produk itu dengan harga yang ada.

Model transaksi jenis ini tak berbeda seperti penjualan online lainnya. Kita bisa menjual produk apa saja dengan menampilkan harganya dengan jelas. Jika ada pemesanan, kita tinggal mengirim produk ke alamat pemesan.

Itulah cara jualan di eBay yang berbeda dengan e-commerce lainnya. Sebelum berjualan sebaiknya Anda memperhatikan mekanisme yang ada agar tidak salah. Namun jika Anda memiliki produk yang unik dan langka sebaiknya pilih sistem lelang. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img