Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita BisnisPanduan Cara Jualan di Lazada untuk Pemula yang Gratis

Panduan Cara Jualan di Lazada untuk Pemula yang Gratis

Panduan cara jualan di Lazada ini cocok untuk pemula yang ingin meraih penghasilan dari situs marketplace. Selain gratis, berjualan di Lazada juga bisa memperluas pasar Anda selain media bisnis online lainnya.

Kenapa harus berjualan melalui Lazada? Meskipun kalah populer ketimbang Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak sebagai tiga marketplace terbesar di Indonesia, namun Lazada masih memiliki jumlah kunjungan yang tidak sedikit.

Lazada, menurut Wikipedia, merupakan salah satu marketplace dalam Lazada Group, perusahaan e-commerce milik Alibaba Group. Selain Indonesia, marketplace ini juga beroperasi di beberapa negara lainnya, seperti Filipina, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Untuk Lazada Indonesia masih masuk dalam 10 matketplace terpopuler di tanah air. Jumlah kunjungannya hingga saat ini tercatat sebanyak 24 juta perbulan. Ini tentunya potensi pasar yang tidak kecil untuk tempat berjualan.

Baca Juga: Cara Jualan di Bukalapak Agar Cepat Laku, Begini Triknya!

Tahapan Cara Jualan di Lazada

Untuk langkah cara jualan di Lazada pada dasarnya tidak berbeda dengan berjualan pada marketplace lainnya. Berikut ini tahapan agar bisa berjualan yang perlu Anda lakukan.

Mendaftar Menjadi Seller

Tahapan pertama agar bisa berjualan Anda tentunya harus mendaftarkan terlebih untuk menjadi seller atau penjual. Cara cukup mudah, berikut ini yang perlu Anda jalankan.

  1. Kunjungi website resminya melalui Lazada.co.id.
  2. Setelah itu klik menu Menjadi Seller yang terletak pada bagian atas laman. Kemudian tekan Daftar Sekarang.
  3. Dari menu yang ada Anda bisa memilih menu Perorangan atau Perusahaan. Jika usaha Anda sudah memiliki SIUP tak ada salahnya memilih yang Perusahaan. Untuk pemula sebaiknya pilih Perorangan.
  4. Tahapan cara jualan di Lazada selanjutnya Anda perlu mengisi kolom yang ada dengan nomor HP dan tekan Daftar untuk bisa segera melakukan verifikasi.
  5. Tunggu beberapa saat SMS verifikasi dari Lazada yang perlu Anda paste pada kolom yang ada. Kemudian geser tombol untuk verifikasi dan tekan Daftar.
  6. Setelah itu Anda perlu melengkapi kolom isian yang ada dengan beberapa informasi penting, seperti Nama Toko, Email, No HP, Password, dan data lainnya.

Cara Mengunggah Produk Jualan

Setelah langkah pendaftaran sebagai seller Lazada selesai, langkah selanjutnya Anda harus menuju sebuah halaman khusus untuk melengkapi data identitas yang penting, seperti alamat toko, rekening bank, dan lainnya.

Untuk langkah cara jualan di Lazada selanjutnya tentunya Anda perlu mengunggah foto-foto produk Anda. Untuk melakukannya Anda silahkan ikuti tahapannya berikut ini.

  1. Silakan login ke akun Seller Center Lazada. Kemudian tekan menu Produk dan klik tombol Tambah Produk.
  2. Pada kolom isian, Anda perlu mengisi detail informasi produk yang akan Anda jual. Agar tidak bingung, sebaiknya sebelumnya telah Anda siapkan berbagai data dan foto produk. Termasuk jika Anda memiliki URL video atau Youtube.
  3. Data itu meliputi nama produk, kategori, deskripsi pendek, deskripsi panjang, apa yang ada dalam kotak, atribut produk (merk, tipe, bahan, motif), variasi produk (warna, ukuran), berat dan dimensi, harga, stok, garansi (jika ada)
  4. Dalam cara jualan di Lazada ini Anda juga perlu menyiapkan setidaknya gambar produk minimal 3 buah dan URL video jika ada. Setelah data lengkap tekan menu Submit.

Cara Mengoptimasi Produk Jualan

Setelah Anda berhasil mengunggah produk jualan Anda tentunya tugas Anda tak berhenti hanya sampai tahap ini. Anda hanya salah satu dari ribuan atau jutaan pedagang atau pelapak lainnya yang ikut berjualan melalui Lazada.

Tingkat persaingan antar pedagang online tak hanya dalam satu marketplace saja. Anda juga bersaing dengan jutaan pelapak yang juga membuka lapak pada berbagai e-commerce yang ada lainnya.

Baca Juga: Cara Berjualan di Shopee Bagi Pemula Agar Laris Manis

Karena itu penting melakukan optimasi pada produk jualan Anda agar tampil pada halaman pertama Google. Berikut ini langkah mengoptimasi sebagai cara jualan di Lazada agar laris.

Dalam membuat judul postingan produk sebaiknya masukkan kata kunci dari produk Anda. Judul juga harus singkat, padat, dan spesifik. Masukkan data merek, tipe, atau model. Panjang judul sebaiknya jangan lebih dari 15 kata.

Selain judul Anda juga perlu memasukkan kategori produk yang tepat. Lazada akan menyediakan pilihan kategori dan pilih yang sesuai dengan produk Anda. Anda bisa membandingkan dengan produk lain yang sejenis.

Bagian deskripsi termasuk sangat penting untuk memenangkan persaingan dan agar jualan Anda laris manis. Para pebisnis online sukses biasanya membuat sales letter yang menarik pada bagian deskripsi ini.

Dalam deskripsi ini masukkan semua data penting produk. Seperti keunggulan produk, material produk, benefit atau keuntungan menggunakan produk, hingga cara menggunakannya. Jika ada garansi akan lebih menarik.

Demikianlah tahapan cara jualan di Lazada untuk pemula yang mudah dan gratis. Pengalaman adalah guru terbaik. Mulailah dari produk apa saja. Setelah berkembang Anda bisa menambahkan produk lainnya. (R11/HR Online)

Editor: Jujang