Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula Agar Dagangan Cepat Laku

cara jualan di tokopedia
Panduan cara jualan di Tokopedia yang gratis. Foto: Ist/Net

Cara jualan di Tokopedia untuk pemula bisa menjadi solusi mendapatkan penghasilan dengan modal kecil. Berjualan di Tokopedia sangat potensial karena merupakan marketplace terbesar di tanah air dengan puluhan juta pengunjung.

Tokopedia merupakan marketplace buatan anak negeri yang terbesar. Jumlah kunjungan atau trafiknya mencapai lebih dari 100 juta setiap bulannya. Ini tentunya merupakan pasar yang sangat potensial yang harus kita manfaatkan.

Membandingkan dengan marketplace lainya seperti Bukalapak atau Shopee, berjualan di Tokopedia juga jauh lebih mudah. Apalagi dengan banyaknya fitur yang ada membuat banyak anak muda yang senang berjualan barang melalui marketplace  ini.

Langkah Mudah Cara Jualan di Tokopedia

Perkembangan internet yang makin populer memberikan alternatif baru bagi siapa saja untuk menjalan usaha atau berjualan. Besarnya jumlah pengguna internet masyarakat kita juga telah mendorong tren belanja online yang makin menggairahkan.

Untuk Anda yang ingin berjualan secara online memang pilihan terbaik adalah dengan membuka lapak pada e-commerce ini. Yuk langsung saja simak langkah mudah cara jualan di Tokopedia berikut ini.

Baca Juga: Panduan Cara Jualan di Lazada untuk Pemula yang Gratis

Tahap Membuka Toko

Sebelum mulai berjualan tentunya Anda perlu memiliki lapak atau toko tempat Anda bisa memajang produk dagangan Anda. Untuk itu Anda perlu mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi anggota Tokopedia.

Anda bisa melakukan pendaftaran ini melalui komputer, laptop, maupun lewat HP. Namun agar lebih mudah Anda bisa melakukannya melalui komputer sambil mempersiapkan foto, video, maupun deskripsi produk Anda.

Langsung saja kunjungi situs web Tokopedia atau bisa melalui aplikasi yang bisa Anda unduh melalui Google Playstore atau Appstore. Penjelasan ini menggunakan HP untuk mendaftar.

  1. Membuka aplikasi langsung saja pilih menu Akun lalu pilih Akun Toko.
  2. Setelah itu Tap Buka Toko Gratis dan Anda bisa isikan data nomor HP Anda.
  3. Tunggu sebentar hingga ada SMS verifikasi dari Tokopedia. Selanjutnya masukkan kode OTP dari SMS untuk proses verifikasi.
  4. Langkah cara jualan di Tokopedia selanjutnya adalah melengkapi data profil Anda, seperti nama Anda, nama Toko atau lapak Anda dan nama URL lapak Anda.
  5. Nama URL lapak akan berupa tokopedia.com/lapakanda. Nama lapak sesuai dengan nama domain atau username yang Anda gunakan. Karena itu sebaiknya pikirkan nama lapak yang mudah, singkat, dan brandable.
  6. Selanjutnya Anda perlu mengisi formulir survei singkat dari Tokopedia. Jawab saja sesuai kondisi dan kenyataan yang ada.
  7. Anda juga perlu melengkapi dan mengisi data toko Anda, seperti alamat lengkap toko untuk memudahkan proses penjemputan dan pengiriman barang.

Memposting Produk

Setelah menyelesaikan tahap pendaftaran menandakan bahwa Anda telah memiliki toko dan lapak di Tokopedia secara resmi. Tahapan cara jualan di Tokopedia selanjutnya adalah mengupload atau memposting produk jualan Anda.

  1. Kunjungi situs web atau buka aplikasi Tokopedia lalu login dengan akun Anda.
  2. Tekan atau tap menu Tambah Produk dan pilih saja foto produk yang telh Anda siapkan. Jangan lupa masukkan judul produk, kategori, dan deskripsi tentang produk Anda.
  3. Setelah masukkan juga harga jual produk dan informasi tentang produk lainnya. Termasuk jumlah stok, variasi, berat, kondisi baru atau bekas, hingga jasa pengirimannya.
  4. Setelah semua kolom terisi data produk dan tidak ada yang salah atau terlewat, langsung saja tekan tombol Simpan.
  5. Lakukan cara yang sama untuk mengunggah produk-produk Anda lainnya.

Cara Meningkatkan Reputasi Toko

Untuk bisa bersaing dengan pelapak atau pemilik toko lainnya serta menarik minat konsumen Anda perlu melakukan sejumlah langka. Meningkatkan reputasi toko merupakan cara jualan di Tokopedia agar laris.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan agar konsumen lebih tertarik pada toko Anda. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Ulasan Toko yang Positif

Anda bisa meminta konsumen yang telah membeli produk Anda untuk memberikan ulasan dan review positif. Namun agar konsumen bersedia tentunya Anda perlu menjaga kualitas layanan. Baik pada kemasan hingga ketepatan waktu pengiriman.

Reputasi Toko

Tokopedia akan memberikan badge khusus yang memperlihatkan reputasi toko Anda. Namun performa ini bisa Anda dapatkan karena konsumen yang merasa puas.

Baca Juga: Cara Jualan di Bukalapak Agar Cepat Laku, Begini Triknya!

Memanfaatkan Fitur Voucher Toko

Berbeda dengan marketplace lainnya, cara jualan di Tokopedia mendapat dukungan karena tersedia beberapa fitur untuk meningkatkan performa toko atau lapak membernya. Anda juga bisa memanfaatkannya agar jualan Anda laris manis.

Sayangnya beberapa fitur yang ada berbayar. Seperti Voucher Cashback dan Gratis Ongkir. Voucher Cashback berupa pemberian kembalian dengan belanja jumlah tertentu. Sedangkan Gratis Ongkir membebaskan biaya untuk pengiriman produk.

Itulah beberapa tahapan dan langkah cara jualan di Tokopedia untuk pemula yang perlu Anda tahu. Namun menjalankan bisnis online tak sekedar membuka toko namun penting mendapatkan reputasi dan kepercayaan dari pelanggan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang