Cara Jualan Olshop dengan Strategi yang Terencana Agar Sukses

cara jualan olshop
Strategi cara jualan olshop yang berhasil. Foto: Ist/Net

Cara jualan olshop yang berhasil membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat. Terlebih dengan banyaknya orang yang juga berjualan olshop sehingga persaingan tentunya tidak mudah. Ada beberapa perencanaan yang perlu Anda lakukan.

Olshop merupakan kependekan dari istilah online shop atau toko online. Kehadiran bentuk bisnis virtual ini seakan membawa angin segar kepada banyak orang yang ingin merintis karier sebagai penjual.

Keberadaan toko online bahkan menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi para pedagang modal kecil. Selain tidak membutuhkan modal besar, untuk berjualan secara online tidak harus mempunyai toko fisik.

Ada banyak keunggulan dan kelebihan bisnis online khususnya cara jualan olshop. Selain karena kemudahan dalam berjualan, keuntungan yang kita dapatkan juga bisa jauh lebih besar ketimbang berjualan secara offline.

Namun agar berhasil dalam bisnis olshop tentunya kita harus tahu praktik berjualan online yang benar. Dengan kata lain, kalau kita tahu dan menguasai strategi jualan online maka pundi-pundi keuntungan akan mudah kita dapatkan.

Baca Juga: Cara Jualan Online di Facebook, Menjangkau Pengguna Smartphone

Strategi Mendasar Cara Jualan Olshop

Bagaimana Anda tertarik untuk membuka online shop alias toko online? Berikut ini strategi mendasar cara jualan olshop yang sebaiknya Anda perhatikan. Selain penting, menguasai masalah ini akan mampu meningkatkan penjualan Anda.

Tempat Jualan Online

Saat Anda akan menjalankan bisnis jualan dengan membuka online shop, maka langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengetahui tempat berjualan. Kalau Anda perhatikan, saat ini marak jualan online melalui aplikasi atau situs marketplace.

Hal itu memang tidak bisa dipungkiri potensinya yang strategis. Tempat ini juga populer sebagai tempat yang memang untuk jual beli online. Apalagi membuka lapak atau toko melalui marketplace umumnya gratis alias tanpa biaya.

Namun selain itu, media sosial tak jarang juga menjadi wadah yang banyak orang pilih untuk berjualan. Apalagi pemilik akun media sosial adalah pemegang smartphone sehingga potensi pasarnya sangat besar.

Kenali Produk Jualan

Setelah mengetahui tempatnya, cara jualan olshop yang penting juga harus mengenal produk apa yang ingin Anda jual. Produk yang akan kita jual harus unggul dari banyak sisi, baik kualitas, keunikan, harga, dan potensi pasarnya.

Tujuan mengetahui dan mengenal produk tersebut tentunya untuk memudahkan kita berjualan. Hal ini karena konsumen dan calon pembeli pada dasarnya terbagi dalam dua kriteria saat ingin berbelanja.

Ada konsumen yang mengutamakan kualitas baru melihat harga. Sedangkan tipe pembeli lainnya lebih mengutamakan harga yang murah baru soal tampilan dan kualitas.

Contoh saja saat kita menjual baju, pasti ada calon pembeli yang akan memilih baju dengan kriteria tersebut. Karena itu dengan mengenal produk jualan Anda akan lebih tepat dalam menargetkan konsumen Anda.

Baca Juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Cari Tahu Toko Saingan

Langkah cara jualan olshop selanjutnya berkaitan dengan poin pertama yaitu saat memilih tempat untuk jualan online. Pada saat itu juga Anda perlu mencari tahu toko saingan Anda.

Jika Anda berjualan melalui marketplace seperti Tokopedia atau Shopee, maka cari dan kenali toko yang menjual produk serupa. Kemudian periksa hal menarik yang membuat produknya itu laris dan banyak konsumen membelinya.

Kita cari tahu semua hal menarik dalam tokonya. Setelah itu lakukan perbandingan supaya toko bisa bersaing dengan mereka. Lakukan riset untuk mencari informasi tentang kualitas, harga, dan beberapa hal di toko tersebut.

Lakukan Marketing Penjualan

Setelah semua tahapan cara jualan olshop sudah Anda lakukan, kini waktunya menjalankan marketing penjualan. Untuk caranya ada banyak pilihannya. Anda bisa menggunakan cara promosi atau beriklan melalui media iklan di Google atau Facebook.

Namun strategi marketing dengan menggunakan cara tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meskipun begitu jika praktik marketing-nya tepat maka imbasnya bisa membuat  toko menjadi laris.

Sedangkan untuk melancarkan pemasaran online shop, pahami calon pembeli Anda dengan menyediakan dan menginformasikan barang yang mereka perlukan. Cantumkan deskripsi yang menggoda pada produk Anda.

Itulah beberapa langkah dan strategi cara jualan olshop yang penting dan perlu Anda rencanakan dengan baik. Tak sedikit penjual online yang gagal dan gulung tikar. Namun lebih banyak lagi yang berhasil dan mampu meraup banyak keuntungan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang