Cara Kerja Keyless Mobil Beserta Manfaatnya Bagi Pemilik Kendaraan

Cara Kerja Keyless Mobil Beserta Manfaatnya Bagi Pemilik Kendaraan
Ilustrasi Cara Kerja Keyless Mobil. Foto: Ist/Net

Cara kerja keyless mobil menjadi pengganti kunci konvensional. Fitur yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi pemilik kendaraan.

Keyless menjadi teknologi baru yang diberikan pada kendaraan roda empat modern. Seiring berkembangnya dunia teknologi juga membuat pasar otomotif ikut berkembang.

Jika berbagai fitur menarik hanya ada pada mobil mewah, namun kini tidak. Hampir semua mobil keluaran terbaru kini sudah banyak memiliki fitur canggih dan modern.

Baca Juga : Fungsi Tombol pada Dashboard Mobil Lengkap dengan Penjelasannya

Salah satu fitur yang bisa anda dapatkan yaitu keyless entry system. Fitur yang satu ini mengalami banyak perkembangan sesuai majunya zaman.

Seperti namanya, cara kerja keyless mobil pun membantu pengemudi saat masuk mobil. Sehingga cukup tekan tombol remote, fitur tersebut akan bekerja.

Anda tidak perlu membuka pintu mobil dengan kunci konvensional. Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa anda dapatkan.

Teknologi tersebut muncul sudah sejak lama, kurang lebih tahun 1980-an. Saat masa itu terdapat panel yang ada pada gagang pintu.

Sehingga pemilik mobil hanya cukup memasukkan kode untuk membukanya. Namun, kini lebih maju karena anda cukup menekan tombolnya saja. Kemudian fitur tersebut akan berfungsi.

Mekanisme Cara Kerja Keyless Mobil dan Manfaatnya

Mobil pribadi kini semakin banyak digunakan sebagian besar orang. Bahkan produksinya kian mengalami perkembangan hingga saat ini.

Perusahaan otomotif selalu berinovasi mengeluarkan produk baru dengan tenaga terbaik. Bahkan setiap perusahaan berlomba-lomba menghadirkan produk baru yang menarik.

Salah satu yang terdapat pada mobil yaitu komponen hingga fiturnya yang menarik. Komponen mobil terdiri dari berbagai macam dengan fungsinya yang berbeda.

Keyless pada mobil merupakan pengganti fungsi kunci konvensional. Sehingga fitur tersebut lebih memudahkan anda dalam melakukan berbagai aktivitas dengan kendaraan.

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari cara kerja keyless mobil. Fitur tersebut cukup praktis dan simple. Bahkan lebih memudahkan pengemudi untuk membuka pintu dan menghidupkan mesin mobil.

Fitur tersebut berupa remote yang menggunakan gelombang radio. Remote dan gelombang tersebut disesuaikan agar sama. Ada banyak fitur yang tersedia pada teknologi canggih tersebut.

Baca Juga : Cara Kerja AirBag Mobil, Fungsinya Sebagai Fitur Keselamatan

Antara lain membuka pintu, menyalakan kendaraan, rem, dan masih banyak yang lainnya. Namun dari banyaknya fitur tersebut, ada yang paling dinanti yaitu fitur keamanan.

Sebab, membuka dan mengunci kendaraan bisa secara jarak jauh. Anda juga bisa memanfaatkan alarm mobil dengan mudah. Hal ini menjadi cara kerjanya sehingga akan lebih baik untuk menghindari maling.

Manfaat Keyless Mobil

Cara kerja keyless mobil cukup mudah dan simple. Selain itu, manfaatnya juga banyak bagi pemilik kendaraan. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan teknologi tersebut, antara lain:

Praktis

Manfaat yang pertama dari keyless yaitu lebih praktis dan memudahkan pemilik kendaraan. Anda tidak perlu menggunakan kunci konvensional lagi.

Meski demikian, terkadang juga bisa timbul masalah. Banyak kendaraan yang membuat remote sebagai kunci pemindai sehingga anda cukup menempelkannya pada slot.

Kemudian mesin mobil akan menyala dengan otomatis. Hal ini lebih membantu pemilik kendaraan hanya dengan remote di genggaman saja.

Sistem Keamanan

Manfaat yang bisa anda dapatkan dari cara kerja keyless mobil yaitu fitur keamanan yang ada. Dengan sistem tersebut, anda akan bisa memanfaatkan alarm yang bekerja secara baik.

Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Sebab, adanya sistem keamanan, membuat kendaraan tidak mudah dibobol maling.

Bekerja Cepat

Keuntungan yang bisa anda dapatkan cukup beragam. Sebab, anda bisa membuka pintu dari jarak jauh. Selain itu, anda juga bisa membukanya dengan cepat.

Baca Juga : Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut, Begini Cara Cepat Mengatasinya

Sehingga akan lebih aman ketika pemilik mobil merasa tidak aman dari luar mobil. Saat pemilik kendaraan merasa kedinginan ketika cuaca ekstrim, bisa menyalakan mesin lebih awal.

Ketika cuaca panas, anda bisa menghidupkan mesin mobil dan AC. Sehingga interior akan lebih terasa dingin. Dari banyaknya fitur yang ada, namun keamanan yang paling utama.

Sehingga anda akan lebih merasa aman saat meninggalkan kendaraan. Itulah alasan mengapa teknologi ini ada pada sistem kendaraan masa kini. Anda bisa memanfaatkan dari cara kerja keyless mobil saat ini. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto