Cara Memasang Handgrip Motor, Gunakan Sabun Colek atau Kompresor

Cara Memasang Handgrip Motor, Gunakan Sabun Colek atau Kompresor
Ilustrasi cara memasang handgrip motor. Foto: Ist/Net

Cara memasang handgrip motor memang tidak mudah. Anda perlu trik yang tepat untuk mengatasinya agar mudah dan tepat dalam pemasangan.

Semua kendaraan hadir dengan komponen yang berfungsi sebagai penunjang dalam berkendara. Salah satu komponen yang masih sering disepelekan yaitu handgrip.

Barang berbahan karet ini pada umumnya terpasang pada setang kendaraan road dua. Fungsinya cukup penting, yaitu sebagai pelindung tangan agar tetap nyaman saat berkendara.

Sehingga saat memasang handgrip motor ketika dengan cara memutar tuas gas, tangan tidak sakit bahkan merasa kesulitan. Namun, sayangnya sebagian besar pemilik kendaraan merasa enggan untuk memperhatikannya.

Padahal semua komponen kendaraan tidak bisa terlepas dari namanya kerusakan. Setelah pemakaiannya yang cukup lama, tentunya akan membuat komponen rusak dan perlu penggantian.

Begitu juga dengan handgrip sepeda motor. Ketika komponen tersebut rusak dan tidak nyaman digunakan, sebaiknya segera anda ganti dengan yang baru.

Harga yang perlu anda bayar pun tidaklah mahal. Sayangnya, sebagian besar pemilik kendaraan sepeda motor tidak bisa melakukan pemasangannya.

Cara memasang handgrip motor memang ada triknya. Anda tidak hanya langsung bisa pasang karena komponen ini sulit untuk masuk pada setang.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Akselerasi Motor Matic Agar Semakin Gahar

Jika salah dalam pemasangannya, biasanya handgrip akan licin dan menyulitkan anda ketika berkendara. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar komponen tersebut terpasang sempurna.

Inilah Cara Memasang Handgrip Motor yang Benar

Bagi pemilik sepeda motor, handgrip merupakan komponen penting dalam berkendara. Sebab, komponen tersebut mampu menunjang kenyamanan saat mengendarainya.

Setiap kendaraan memiliki handgrip bawaan. Namun, sebagian besar pemiliknya masih kurang puas dengan hal tersebut.

Sehingga tidak jarang pemilik kendaraan menggantinya dengan pilihannya. Apalagi kini anda bisa mendapatkan komponen tersebut secara bebas.

Banyak sekali penyedia handgrip dengan berbagai model dan bahan yang menarik. Tidak sedikit pemilik sepeda motor menggantinya dengan grip aftermarket.

Baca Juga : Cara Memindahkan Gigi Motor Bebek dan Sport Cukup Berbeda

Jika cara memasang handgrip motor dilakukan oleh ahli dan berpengalaman, tentu hal tersebut cukup mudah. Namun, bagi anda yang tidak paham akan otomotif, mungkin masih cukup sulit.

Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya ada cara mudah dan benar untuk melakukan pemasangan. Berikut ini ada cara pemasangan yang bisa anda lakukan sendiri dengan beberapa langkah.

Menggunakan Bantuan Kompresor

Cara memasang handgrip motor yang pertama yaitu dengan menggunakan bantuan kompresor. Sebenarnya ada cara mudah untuk melepasnya.

Anda tinggal robek karet dengan cutter jika memang ingin mengganti dengan baru. Namun, jika anda masih ingin menggunakannya kembali, bisa gunakan angin kompresor.

Anda tinggal tembakkan angin tersebut pada bagian sela-sela karet dan lepaskan. Cara memasangnya kembali pun cukup mudah.

Sama seperti cara pelepasan, cukup tembakkan angin pada rongga karet dan tarik ke dalam. Anda bisa gunakan cairan alkohol untuk memuluskannya.

Tekan udara melalui sela-sela karet. Hal tersebut akan membuat handgrip memuai. Sehingga akan lebih mudah masuk dan keluar setang motor.

Sabun Colek

Ada cara memasang handgrip motor yang berikutnya yaitu menggunakan sabun colek. Cara ini memang sering sekali digunakan sebagai jalan alternatif yang paling mudah.

Cara melepasnya pun lebih mudah karena anda cukup merobeknya saja. Dengan catatan, handgrip tersebut tidak anda gunakan kembali.

Sebagian besar orang menggunakan sabun colek karena mudah mengering, namun tetap licin. Anda tinggal oleskan ke seluruh bagian dalam grip beri sedikit air.

Selanjutnya dorong ke dalam setang dan pastikan benar-benar masuk seluruhnya. Pastikan langkah yang anda lakukan tepat dan benar agar posisi handgrip sesuai.

Saat sabun mengering, handgrip akan merekat sempurna. Sehingga tidak membuat anda licin saat memutar gas sepeda motor.

Hindari Penggunaan Oli

Sebagian pemilik sepeda motor memang banyak yang menggunakan bantuan oli ketika pemasangan handgrip. Namun, sebenarnya cara tersebut tidak tepat.

Baca Juga : Stang Motor Tiba-tiba Goyang, Coba Cek Bagian Ini

Memang komponen mudah lepas dan masuk kembali karena oli licin. Akan tetapi, dengan menggunakannya justru membuatnya terlalu licin ketika anda memakai setang.

Hal ini membuat berkendara pun kurang nyaman. Setang akan mudah goyah meski tak anda fungsikan. Agar tidak terjadi hal buruk, hindari penggunaan oli.

Ada banyak cara memasang handgrip motor dengan baik dan benar. Hal ini membuat setang bisa berfungsi dengan baik. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto