Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain, 4 Langkah yang Tepat

Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain, 4 Langkah yang Tepat

Cara membersihkan jok mobil bisa anda lakukan sesuai dengan material pelapisnya. Hal ini perlu anda lakukan agar tidak salah, bahkan tak merusak komponen tersebut.

Perawatan pada semua komponen kendaraan tentu perlu anda lakukan. Semua perlu anda lakukan untuk menunjang kenyamanan berkendara.

Selain itu, anda juga bisa memperpanjang umur semua komponen pada kendaraan. Salah satu yang memiliki peranan cukup penting yaitu bagian interiornya.

Jok mobil menjadi komponen penting dalam menunjang kenyamanan berkendara. Ketika komponen tersebut kotor, tentu akan mengganggu orang yang ada di dalam mobil.

Baca Juga : Sarung Jok Mobil Berikan Nuansa Berbeda, Simak Tips Belinya

Sebaiknya anda melakukan perawatan secara rutin pada komponen tersebut. Jika tidak, justru memiliki pengaruh yang buruk pada kendaraan.

Sebab, bagian ini menjadi penopang tubuh secara langsung sehingga harus dalam kondisi bersih dan terasa nyaman. Ada banyak cara membersihkan jok mobil yang bisa anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Sebaiknya sebagai pemilik kendaraan, jangan bermalas-malasan untuk melakukannya. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan sesuai dengan jenisnya. 

Ketika bagian tersebut terkena noda, jangan segan-segan untuk segera membersihkannya. Hal ini juga perlu anda lakukan meski jok mobil hanya terkena debu sekalipun.

Berikan perawatan pada mobil, baik dari sisi eksterior maupun interiornya. Jika semua bersih, tentu akan nyaman saat berkendara.

Kiat Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain

Merawat kendaraan tidak hanya pada bagian mesinnya saja. Namun, dari eksterior hingga interiornya juga perlu anda berikan perawatan secara rutin.

Komponen ini memiliki peranan penting dan wajib dalam keadaan bersih dan wangi. Jika anda biarkan saja, maka interior mobil akan tampak buruk.

Kondisinya tampak kusam dan kotoran jika terlalu lama akan sulit dibersihkan. Cara yang bisa anda lakukan pun harus sesuai dengan bahan jok itu sendiri.

Baca Juga : Variasi Jok Mobil Untuk Interior Agar Terlihat Semakin Mewah 

Salah satu yang banyak ditemui yaitu jok bahan kain. Pada perawatan jenis yang satu ini memang tidak mudah. Namun, bukan berarti anda harus membawanya ke salon mobil.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi debu, noda, maupun kotoran yang menempel. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan, antara lain:

1. Siapkan Peralatan

Langkah awal yang bisa anda lakukan untuk membersihkan jok bahan kain yaitu siapkan peralatan. Anda bisa gunakan cara membersihkan jok mobil bahan kain dengan cepat dan aman.

Makanan dan minuman yang jatuh pada bagian tersebut akan menimbulkan noda maupun bau yang kurang mengenakkan. Anda perlu siapkan beberapa perlengkapan, antara lain sikat, cairan pembersih, dan vacuum cleaner.

Pada pemilihan sikat, pilih modelnya yang lembut agar tidak merusak struktur kainnya. Hal ini perlu anda siapkan sebelum proses berlangsung.

2. Sedot Debu

Sebelum anda membersihkannya lebih jauh, sebaiknya untuk melakukan sedot debu dengan vacuum cleaner. Cara membersihkan jok mobil bahan kain pun bisa lebih cepat.

Sedot debu memang perlu anda lakukan agar kotoran dan debu yang menempel bisa terangkat lebih dulu. Sehingga tidak menempel saat bagian tersebut akan dibersihkan.

3. Gunakan Cairan Pembersih dan Sikat

Cara mudah yang lainnya yaitu gunakan cairan pembersih dan sikat lembutnya. Ada cairan khusus dan detergen untuk membersihkan noda yang membandel.

Oleskan atau semprotkan cairan tersebut dan gosok secara perlahan. Sebaiknya gosok dengan searah agar tidak merusak jok itu sendiri.

4. Lakukan Berulang

Membersihkan jok memang tidak mudah. Maka dari itu, anjurannya yaitu menggunakan cara membersihkan jok mobil dengan rutin. Anda juga perlu melakukan penggosokan secara berulang.

Gosok debu dan kotoran menempel menggunakan sikat lembut hingga bersih. Bahan kain memang cukup sulit dalam perawatan. Apalagi jika terdapat noda membandel.

Baca Juga : Bahan Jok Mobil yang Bagus, Tahan Lama dan Nyaman Digunakan

Sebaiknya berikan perawatan dengan tepat dan berulang. Sampai kotoran dan noda yang menempel bisa hilang sempurna.

Bahkan jika komponen terlalu kotor, anda akan kesulitan dalam membersihkannya. Bersihkan semua komponen mobil agar dapat menunjang kenyamanan saat berkendara. 

Sebaiknya pilih cara tepat pada berbagai jenis komponen. Penyesuaian dengan bahan tersebut juga memiliki peran cukup penting saat mengemudi.

Sebab, jika interior mobil kurang nyaman, anda tidak akan merasa senang berlama-lama di dalam mobil. Sebaiknya gunakan cara membersihkan jok mobil sesuai material pembuatannya. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img