Cara Membersihkan Kuas Make Up dengan Bahan Sederhana

Cara Membersihkan Kuas Make Up dengan Memakai Beberapa Bahan
Ilustrasi: cara membersihkan kuas make up Foto: Ist/Net

Cara membersihkan kuas make up sebaiknya anda lakukan secara rutin. Sebab bila anda menggunakan kuas kotor secara terus-menerus, dapat membuat breakout atau bahkan sampai alergi. Padahal make up tanpa memakai kuas rasanya kurang lengkap. Intip cara mudahnya membersihkan kuas.

Cek Cara Membersihkan Kuas Make Up dengan Mudah

Sabun Cair

Sabun cuci piring atau sabun cair dapat anda jadikan opsi untuk membersihkan kuas. Caranya anda hanya perlu mencampurkan sabun cair sedikit saja dengan air yang berada dalam gelas atau mangkuk. Kemudian, anda memasukkan kuas ke dalam tempat tersebut serta anda dapat merendamnya selama 15 menit.

Setelah itu, aduklah campuran tersebut supaya semua kotoran dan juga sisa dari produk make up yang menempel keluar. Jika sudah, anda bisa membilasnya dengan air bersih serta tepuk lembut saja dengan memakai tisu. Biarkan kuas mengering dengan sendirinya supaya kuas tidak mengembang.

Baca Juga : Kuas Make Up dan Fungsinya, Membantu Anda Dalam Merias Wajah

Silicon Mat

Selanjutnya cara membersihkan kuas make up dapat anda lakukan yakni dengan memakai silicon mat. Hal yang perlu anda lakukan sangat mudah.

Dengan memberi sedikit saja sabun silicon mat, basahi kuas, kemudian gosokkan kuas pada silicon tersebut sampai bersih kembali. Anda bisa mendapatkan silicon mat yang terdapat pada salon kecantikan.

Sampo Bayi

Kuas juga dapat anda bersihkan dengan memakai sampo bayi. Sampo bayi mempunyai formula yang lembut, sehingga kuas anda tidak akan menjadi kasar setelah anda bersihkan.

Cleaning Spray

Bagi anda yang tidak mau ribet, sekarang ini telah tersedia cleaning spray sebagai pembersih kuas. Anda hanya perlu menyemprotkan pada bagian yang kotor. Kemudian kuas anda sapukan ke tisu supaya kotorannya hilang.

Baca Juga : Make Up Kondangan Bagi Pemula di Era New Normal, Ini Tahapannya

Mesin Pembersih Kuas

Apabila anda menginginkan cara yang canggih sebagai pembersih peralatan make up, anda dapat membeli cleaning machine. Memiliki bentuk bulat, alat ini dapat anda gunakan untuk membersihkan kuas sebanyak tiga sekaligus.

Caranya, anda hanya cukup memasukkan kuas yang akan anda bersihkan. Lalu masukkan sabun khusus yang akan anda dapatkan jika anda membeli mesin tersebut. Terakhir anda hanya perlu menekan tombol yang tersedia.

Waktu Ideal untuk Membersihkan Kuas Make Up

Pencucian alat-alat make up minimal sekali dalam seminggu. Upaya ini supaya sebagai pencegah penumpukan kotoran yang telah menempel pada kuas, sikat, atau spons anda.

Untuk membersihkan kuas yang anda gunakan sekitar mata, paling sedikit dua kali dalam sebulan. Sedangkan untuk kuas yang lainnya, dapat anda cuci secara maksimal dalam satu bulan sekali.

Perlu anda ingat bahwa berbagai alat make up tersebut anda gunakan pada wajah . Maka untuk menjaga kebersihan, pastinya akan menjadi kunci untuk kesehatan kulit wajah anda.

Bukan hanya itu saja, bila anda sering menggunakan cara membersihkan kuas make up secara benar, bisa juga menjaga kesehatan pada kulit wajah. Sebab, kebiasaan tersebut bisa membuat hasil make up yang lebih rata, maka dapat memaksimalkan penampilan anda.

Baca Juga : Peralatan Make Up yang Wajib Dimiliki untuk Hasil Sempurna

Resiko Malas Membersihkan Kuas

Kuas serta alat dandan lainnya tidak akan memperlihatkan hasil yang maksimal apabila kondisinya kotor serta penuh dengan noda. Cara membersihkan kuas make up sedikit merepotkan.

Namun, kuas yang jarang anda bersihkan akan mengakibatkan beragam resiko kesehatan. Misalnya seperti dibawah ini:

  • Pori-pori mengalami penyumbatan.
  • Akan timbul jerawat pada wajah.
  • Adanya infeksi bakteri.
  • Iritasi pada kulit.
  • Kulit akan keriput.
  • Konjungtivitis.

Bukan hanya itu saja, kuas yang jarang anda bersihkan juga akan membuatnya berusia pendek. Pasalnya, jika merawatnya dengan baik, usia kuas akan bertahan lama.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan

Teknik Pembersihan

Baca Juga : Panduan Cara Memakai Eyeshadow yang Benar Anti Gagal

Pada dasarnya, dalam membersihkan kuas yaitu pembersih, air hangat, serta telapak tangan. Anda cukup celupkan kuas satu per satu ke dalam air hangat.

Anda perlu memijat kuas yang berada dalam sabun serta putar kuas secara lembut. Berikutnya anda dapat membilas dengan air yang bersih.

Untuk membersihkan yang paling dalam, anda dapat memakai bantalan dengan tekstur tertentu sebagai pemijat kuas dalam sabun.

Teknik Mengeringkan

Ketika kuas anda telah selesai, anda bilas sampai bersih. Peras secara lembut dengan air yang berlebih. Untuk menghindari air yang merembes, anda dapat menggunakan handuk atau mengarahkan ke bawah.

Harus anda pastikan pangkal kuas kering dengan sempurna supaya bulu-bulunya tidak rontok. Nah, itu tadi hal-hal yang harus anda perhatikan dalam cara membersihkan kuas make up. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah