Cara Membuat Kontak Darurat pada HP Android Praktis dan Mudah

Cara Membuat Kontak Darurat
Ilustrasi Cara Membuat Kontak Darurat. Foto: Ist/Net

Cara membuat kontak darurat merupakan hal penting yang perlu anda perhatikan. Dengan menambahkan nomor darurat pada ponsel dapat memberikan kemudahan personil darurat untuk menemukan keluarga maupun teman saat anda tidak dapat berkomunikasi atau tidak sadarkan diri.

Nomor darurat adalah buah pemikiran dari anggota paramedis Inggris, Bob Brotchie. Ia menyadari bahwa pentingnya kecepatan ketika personil darurat memerlukan adanya informasi dari seorang pasien.

Bahkan untuk menghubungi ahli waris pasien. Dengan menambahkan nomor darurat dapat menyelamatkan hidup anda, terutama jika anda mengalami kondisi yang sangat genting atau mengkhawatirkan.

Ketahui Cara Membuat Kontak Darurat pada HP Android

Nomor darurat dapat anda tambahkan pada perangkat Android yang anda gunakan. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga dalam keadaan genting atau darurat.

Dengan memanfaatkan nomor darurat yang ditambahkan pada ponsel, maka anda dapat lebih tenang dalam menghadapi beberapa hal penting untuk waktu ke depan. Kondisi darurat merupakan suatu kondisi yang tidak diharapkan dari setiap orang.

Dalam kondisi ini, sebisa mungkin seseorang akan menghindari keadaan tersebut. Namun pada umumnya, seseorang kurang memperhatikan mengenai nomor darurat yang terdapat pada perangkat HP mereka.

Baca Juga : Memotong Lagu di HP dengan Efektif, Dapatkan Ringtone Keren dan Pas

Dalam keadaan yang sangat genting, tentu anda memerlukan adanya nomor darurat pada ponsel. Sebagai contoh saat terjadi kebakaran, maka anda perlu menelepon petugas kebakaran.

Bahkan menghubungi tenaga medis saat keadaan darurat yang anda butuhkan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi keadaan tersebut, penting bagi anda mengetahui cara membuat kontak darurat pada ponsel.

Langkah Membuat Nomor Darurat pada Android

Berikut ini beberapa cara untuk membuat nomor ponsel pada perangkat Android, antara lain:

Ketahui Siapa Saja yang Akan Menjadi Nomor Darurat

Pilihlah orang yang telah paham sekaligus mengetahui kondisi medis anda serta dapat dihubungi oleh keluarga. Pastikan orang tersebut mengetahui informasi yang diperlukan saat anda berada dalam kondisi darurat.

Tambahkan Nomor Darurat ke Dalam Buku Telepon

Dalam hal ini, anda dapat membuka fitur buku telepon atau kontak yang terdapat pada ponsel anda. Selanjutnya anda dapat membuat kontak dengan nama “Kontak Darurat” atau “ICE”.

Baca Juga : Cara Mengunci Aplikasi di HP Mudah, Solusi Menjaga Privasi Lebih Aman

Kemudian tambahkan informasi nomor ponsel yang telah anda pilih sebagai nomor darurat. Cara membuat kontak darurat berikutnya adalah dengan menambahkan informasi tambahan mengenai nomor ponsel tersebut. Seperti nama serta hubungannya dengan anda.

Cara menambah nomor penting berikutnya adalah dengan menambahkan nomor darurat lainnya pada ponsel anda. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga jika kontak yang pertama tidak dapat dihubungi. Selain itu, anda juga dapat mengatur prioritas kontak dengan memberi nama “kontak 1”, “kontak 2”, dan selanjutnya.

Tips Membuat Kontak Darurat pada Android secara Umum

Secara umum, pada Android terbaru terdapat menu informasi darurat. Hal ini dalam beberapa tempat menu Pengaturan yang antara lain:

  1. Langkah pertama anda dapat buka pengaturan ponsel yang selanjutnya klik “Tentang Ponsel” atau “About phone”
  2. Cek informasi Darurat atau Emergency Information tersebut untuk anda isi.
  3. Apabila tidak terdapat “Emergency Information”, maka anda dapat melihat pada “Pengguna dan Akun” atau “User and Account”
  4. Isikan informasi secara singkat mengenai kondisi medis anda
  5. Untuk delete atau menghapus, anda dapat klik “Clear All”

Tambahkan Kontak Darurat pada Ponsel Terkunci

Apabila perangkat HP anda terlindungi kata sandi dan anda dalam keadaan yang darurat, maka nomor telepon yang terdapat pada buku telepon tidak ada gunanya.

Baca Juga : Cara Mengubah HP Jadi Mouse Komputer dengan Mudah

Oleh karena itu, saat ini telah tersedia aplikasi untuk Android, iPhone, hingga Windows Phone, untuk menambahkan informasi nomor darurat pada layar kunci ponsel.

Temukan ICE lock screen pada layanan Play Store untuk menemukan aplikasi yang sesuai dengan ponsel anda. Langkah berikutnya pasang aplikasi, kemudian masukkan informasi yang sesuai.

Cara membuat kontak darurat pada ponsel terkunci berikutnya adalah personil dapat mengambil ponsel serta mengakses informasi nomor darurat meskipun personil tersebut tidak mengetahui kata sandi ponsel anda.

Menambahkan Stiker Nomor Darurat di Belakang Perangkat

Cara menambahkan nomor penting selanjutnya adalah dengan menggunakan stiker nomor darurat dengan kolom untuk nama serta nomor telepon pada bagian belakang ponsel, laptop, helm, atau perangkat penting lainnya.

Pastikan anda mengisi kontak pada stiker dengan jelas. Cara membuat kontak darurat pada stiker sebaiknya anda menggunakan tinta tahan air. Selain itu, penting bagi anda untuk memperbarui informasi pada stiker. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto