Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memindahkan Gigi Motor Bebek dan Sport Cukup Berbeda

Cara Memindahkan Gigi Motor Bebek dan Sport Cukup Berbeda

Cara memindahkan gigi motor bebek tentu perlu pengendara ketahui agar bisa berkendara dengan nyaman. Hal ini juga mempengaruhi percepatan laju kendaraan.

Kendaraan roda dua memang terdiri dari berbagai jenis. Namun, yang sudah ada sejak dulu hingga sekarang yaitu jenis motor bebek atau gigi manual.

Ada dua tipe kendaraan yang menggunakan transmisi pergantian gigi yaitu motor bebek dan sport. Keduanya harus melakukan perpindahan transmisi untuk menambah dan mengurangi percepatan laju kendaraan.

Sebagai pengendara yang mahir, tentu hal ini perlu anda ketahui dengan benar. Perpindahan gigi tersebut sebenarnya bukan hal yang mudah.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor dengan Cepat dan Mudah

Sebab, jika hanya dilakukan dengan sembarangan, justru bisa berakibat berbahaya. Bagi seseorang yang sedang berlatih mengendarai motor bebek, sebaiknya gunakan cara memindahkan gigi motor bebek dengan tepat.

Meski terasa gugup dan takut, namun hal tersebut bisa berjalan dengan baik ketika anda melakukannya secara tepat. Mengendarai sepeda motor dengan tuas kopling memang tidaklah mudah.

Oleh karena itu, sebagian besar pengendara sepeda motor banyak yang memilih menggunakan motor matic. Sebab, motor matic lebih simpel karena hanya menjalankan rem dan gas saja.

Cara memindahkan gigi motor bebek sebenarnya bisa dilakukan dengan tepat sesuai kondisi jalan yang dilalui. Sehingga kendaraan bisa berjalan dengan baik dalam kondisi medan jalan apa saja.

Tutorial Cara Memindahkan Gigi Motor Bebek dan Sport

Dalam dunia otomotif, kendaraan roda dua hadir dengan berbagai tipe yang biasa dikendarai setiap orang. Terdapat kendaraan roda dua tipe transmisi, manual dan matic.

Salah satu jenis kendaraan yang sudah banyak digunakan dari dulu yaitu sistem transmisi manual. Namun, saat ini sebagian besar orang memiliki skutik karena simpel dan mudah dijalankan.

Sebab, pengendara cukup memainkan tarikan gas dan rem saja. Namun, bagi anda yang suka berkendara dengan motor bergigi, jangan khawatir.

Bagi anda yang menggunakan motor bebek, banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menguasainya. Jangan bingung karena sistem tersebut bisa anda sesuaikan seiring berjalannya penggunaan.

Jika anda pelajari baik-baik, sistem transmisi motor bebek tidak akan membingungkan. Hanya butuh waktu untuk penyesuaian hingga pengendara bisa merasakan sendiri laju kendaraan yang tepat.

Namun, perlu semua pengguna motor bebek ingat, jika cara memasukkan atau memindahkan gigi 1 pada motor bebek, harus menginjak tuas persneling depan. Begitu juga dengan menaikkan transmisi 2 dan seterusnya.

Hal tersebut bisa anda lakukan dengan cara yang sama untuk menambah transmisi. Sedangkan untuk pengurangan transmisinya, anda tinggal injak ke bagian belakang seperti penambahan.

Bedanya untuk menambah penambahan transmisi gigi dengan menekan bagian depan. Sedangkan untuk mengurangi transmisi, anda harus menginjak kopling bagian belakang.

Asalkan anda bisa melakukan perpindahan transmisi dengan tepat, maka berkendara pun akan menjadi lebih nyaman. Anda perlu menyeimbangkan antara keempat komponen pada sistem transmisi.

Baca Juga : Motivasi Bisa Naik Motor, Kunci Utama yang Wajib Anda Miliki

Hal tersebut antara lain gas, rem, kopling, dan pedal gigi transmisi. Motor jenis bebek dan sport perlu penggunaan perpindahan gigi persneleng dalam penambahan kecepatan laju kendaraan.

Pada setiap kendaraan dengan transmisi memiliki cara yang berbeda-beda. Begitu juga dengan motor bebek dan sport, memiliki cara memindahkan dengan sendiri-sendiri.

Berikut ini ada beberapa perbedaan cara perpindahan gigi kedua jenis motor tersebut.

Perpindahan Gigi Motor Bebek

Cara perpindahan gigi motor bebek memang berbeda dengan transmisi motor sport. Seperti pada umumnya jika motor bebek memiliki pola perpindahan gigi N-1-2-3-4.

Pada sistem transmisi motor bebek biasanya jika anda ingin melakukan penambahan tinggal injak ke depan. Sedangkan untuk pengurangan gigi, maka anda tinggal melakukan sebaliknya, yaitu pijakan pada bagian belakang.

Hal ini bisa anda lakukan secara mudah. Karena lama-kelamaan pengendara akan bisa merasakan perubahan yang terjadi.

Perpindahan Gigi Motor Sport

Berbeda dengan motor bebek, sepeda motor sport memiliki pola 1-N-2-3-4-5-6. Perpindahan gigi motor sport yaitu anda harus injak tuas bagian depan untuk masuk gigi 1.

Baca Juga : Cara Membaca Ukuran Velg Motor, Memudahkan Anda Saat Membeli

Tidak hanya itu saja, lakukan bersamaan dengan menginjak ke belakang untuk penambahan gigi. Sedangkan untuk pengurangan gigi, anda bisa injak bagian depan.

Itulah bedanya cara memindahkan motor gigi dan sport. Sebagai pemula, anda perlu tahu caranya agar berkendara bisa lebih aman dan nyaman. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar