Strategi Jitu Cara Memulai Usaha Online yang Menghasilkan

cara memulai usaha online
Begini cara memulai usaha online. Foto: Ist/Net

Cara memulai usaha online memang lebih mudah ketimbang bisnis offline. Namun tanpa perencanaan yang baik dan mengenal bisnis online dengan baik hanya akan membuang waktu. Ada strategi jitu memulai usaha online yang berhasil.

Internet telah membawa perubahan dalam berbagai bidang. Perubahan itu membawa dampak kemudahan untuk memperoleh informasi dan membuka peluang usaha.

Seperti fenomena yang terjadi saat ini dengan maraknya jualan online dan menjadi pilihan banyak orang mendapatkan penghasilan dari internet. Apalagi media untuk berjualan online juga begitu banyak dan gratis.

Kemudahan dalam berjualan online memang begitu menjanjikan dengan jangkauan pasar hingga ke seluruh wilayah Indonesia. Dengan cara memulai usaha online yang mudah dan peluang berjualan online yang terbuka lebar dan menjanjikan banyak menguntungkan.

Langkah Praktis Cara Memulai Usaha Online

Menjalankan bisnis online bisa kita lakukan dengan banyak bentuk, cara, hingga media yang kita gunakan. Berjualan online tak hanya melalui online shop atau toko online yang harus kita bangun terlebih dahulu.

Beragam media untuk berjualan melalui internet tersedia secara gratis. Anda bisa memanfaatkan marketplace yang saat ini semakin banyak, forum online, Facebook, Instagram, dan berbagai situs tempat berjualan lainnya.

Informasi yang mengatakan kemudahan berjualan online sudah banyak beredar dan memberikan pengetahuan yang kita perlukan. Meski tidak selalu gampang, cara memulai usaha online maupun berjualan melalui internet membutuhkan persiapan yang baik, seperti berikut ini.

Baca Juga: Belajar Bisnis Online dari Kisah Sukses Pengusaha Online

Cari Tahu Karakter Calon Pembeli

Langkah pertama saat kita ingin menjalankan bisnis online adalah memperhatikan karakter calon pembeli. Terlebih untuk Anda yang ingin membuat toko online atau olshop.

Untuk alasan kenapa kita perlu memperhatikan calon pembeli kita, sudah pasti jawabannya karena kepada mereka kita akan menjual produk. Dengan mengetahui karakter pembeli maka penyesuaian barang yang kita jual bisa lebih gampang.

Maksudnya kita bisa dengan mudah menjual produk yang kita jual dengan memahami kebutuhan mereka. Sedangkan untuk mengetahui karakter calon pembeli, secara umum ada dua kriteria yang menjadi perbandingan yaitu murah atau berkualitas.

Kedua faktor ini umumnya akan menjadi perbandingan calon konsumen. Ada pembeli yang lebih memilih produk murah tapi bagus tampilannya namun ada juga yang mengutamakan produk mahal dan bagus kualitasnya.

Membuat Lapak dan Toko Online

Setelah mengetahui target pembeli kita, cara memulai usaha online selanjutnya adalah dengan membuat toko online maupun lapak jualan. Membuat toko online perlu dengan membuat nama yang bagus dan mencerminkan produk yang kita jual.

Nama toko yang khas dan unik bisa menjadi brand yang akan membuat usaha kita mudah terkenal. Tak hanya untuk toko online, setiap lapak yang Anda buat pada berbagai marketplace maupun melalui sosial media juga harus menggunakan nama brand yang sama.

Selain itu kita juga perlu menyiapkan hal lainnya. Termasuk memastikan tampilan toko maupun lapak yang menarik, unik, dan khas. Sehingga orang yang melihat tampilannya saja akan segera teringat dengan produk kita.

Yang tidak kalah pentingnya, berikan kemudahan untuk layanan dan cara pembelian. Berbagai hal tersebut penting untuk Anda siapkan dan terapkan supaya pembeli percaya dan menjadi langganan setia.

Baca Juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Susun Marketing Penjualan

Setelah toko dan lapak siap dengan berbagai kelengkapannya, cara memulai usaha online selanjutnya adalah menerapkan strategi yang tepat untuk menggaet  pembeli. Marketing penjualan perlu Anda gunakan untuk menarik pembeli menjadi langganan toko kita.

Anda perlu membuat strategi marketing untuk menarik minat calon pembeli. Misalnya Anda bisa memberikan promo berupa gratis ongkir, buy 1 free 1, dan pilihan lainnya.

Selain itu Anda perlu mempromosikan toko melalui media sosial secara gratis. Pasarkan juga produk atau toko Anda melalui situs berita. Dengan begitu, pamor toko Anda akan naik dan bisa diketahui banyak orang.

Prioritaskan Kepuasan Pembeli

Sedangkan cara memulai usaha online yang terakhir adalah dengan memprioritaskan pembeli agar selalu puas dengan pelayanan dan barang yang kita jual. Apalagi jika toko sudah mulai ada pembeli yang berdatangan.

Hal itu penting untuk membuat penilaian toko menjadi baik. Sekarang ini rating hasil review konsumen menjadi prioritas mengenai kepuasan pelanggan. Dengan mendapatkan rating yang bagus dari pembeli baru akan lebih meningkatkan kepercayaan konsumen.

Itulah beberapa langkah strategis cara memulai usaha online yang berhasil. Menjalankan bisnis online tak boleh sekedar berjualan. Usaha ini juga membutuhkan perencanaan dan strategi yang tepat agar sukses. (R11/HR Online)

Editor: Jujang