Cara Menanam Buah Naga untuk Usaha Budidaya yang Potensial

cara menanam buah naga
Begini cara menanam buah naga untuk usaha. Foto: Ist/Net

Cara menanam buah naga ternyata tidak serumit penampakan tumbuhan ini. Permintaan pasar yang tinggi dan banyaknya manfaat buah naga membuat banyak orang yang menyukainya. Apalagi rasanya juga enak dan menyegarkan.

Sebagai negara tropis, tidak heran kalau tanah Indonesia bisa kita tanam dengan berbagai jenis tanaman budidaya. Entah asalnya dari mana, tapi hampir semua jenis tanaman bisa tumbuh dan menghasilkan buah yang enak kita konsumsi.

Seperti halnya dengan buah naga. Jenis tanaman yang masih satu keluarga dengan kaktus ini termasuk yang populer. Tanaman buah yang berasal dari daratan Amerika ini bisa dan mudah tumbuh di Indonesia.

Tidak hanya bisa sekedar tumbuh, tanaman ini bahkan mampu menghasilkan buah yang berkualitas, manis, dan segar. Bahkan buah ini pun sudah banyak menjadi tanaman yang menghiasi banyak rumah.

Baca Juga: Cara Menanam Hidroponik, Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

Tahapan Cara Menanam Buah Naga

Sekarang ini buah naga sudah menjadi tumbuhan budidaya untuk dipanen buahnya. Dengan menerapkan sistem budidaya yang terencana tentunya usaha agro ini dapat memberikan keuntungan yang tidak sedikit.

Nah, kalau Anda tertarik dan ingin tahu cara menanam buah naga simak saja ulasannya berikut ini. Anda juga bisa mengembangkan budidaya tanaman ini sebagai usaha sampingan yang menghasilkan.

Kriteria dan Pengelolaan Lahan

Saat Anda ingin mencoba budidaya buah naga, maka persiapkan dahulu lahan yang akan Anda gunakan. Mempersiapkan lahan yang harus terdapat campuran beberapa material. Seperti pasir, tanah, dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Untuk melengkapi nilai nutrisi yang akan terserap tanaman, sebaiknya tambahkan 300 gram kapur dan campurkan ke tanah tadi. Tunggu beberapa hari hingga hasil campuran tanah tersebut menyatu sempurna.

Jika sudah, Anda juga perlu membuat lubang sedalam 25 cm sebagai tempat tiang penyangga. Tiang ini berguna agar tanaman bisa menjalar dengan mudah. Tiang ini juga akan memudahkan saat panen nantinya.

Mengenai penyangga Anda juga bisa membuatnya dengan beton atau cor semen dengan lebar 10-15 cm dan tinggi 2 meteran. Namun ini lebih efektif untuk cara menanam buah naga skala usaha yang telah berkembang.

Begitu juga kalau Anda ingin menanam buah naga dalam jumlah banyak, sebaiknya atur jaraknya sekitar 3 meter antara tanaman tersebut. Anda perlu mengukur kapasitas tanaman berdasarkan luasan lahan yang ada.

Setelah itu, pada hari ketiga selesai pembuatan lahan ini, kita tambahkan pupuk TSP. Pupuk ini harus kita taburkan secara melingkar ke tempat yang akan kita tanamkan bibit pohon buah naga.

Baca Juga: Cara Menanam Porang yang Benar, Umbi Mahal yang Menguntungkan

Memilih Bibit Buah Naga

Tahapan cara menanam buah naga selanjutnya adalah mendapatkan bibit tumbuhannya. Bibit unggulan menjadi rekomendasi penting agar tanaman bisa menghasilkan buah segar dan besar.

Untuk mendapatkan bibit buah naga yang unggul, kita bisa memperolehnya dengan cara vegetatif alias memanfaatkan batang buah naga dengan cara stek. Cara stek akan membuat kualitas dari induk akan menurun ke bibit.

Sehingga tumbuhan yang kita budidaya bisa menghasilkan buah naga dengan kualitas yang hampir sama. Selain menggunakan cara ini, Anda juga bisa membeli bibit pohon kepada berbagai pembibit atau toko benih tanaman.

Untuk ciri-ciri bibit tanaman buah naga yang bagus sebaiknya kenali kriterianya. Seperti harus mempunyai tunas minimal 4, umur minimal 2 bulan, tinggi bibit minimal 50 cm, dan bibit segar berwarna hijau cerah.

Anda juga bisa bertanya atau berkonsultasi dengan penjual. Tanya apakah induk dari bibit ini sudah pernah berbuah. Jika sudah pernah pastikan kalau telah berbuah minimal 3 kali.

Perawatan Buah Naga

Setelah melakukan budidaya, maka langkah cara menanam buah naga selanjutnya adalah melakukan perawatan. Anda harus merawat tanaman dengan baik. Terutama memastikan untuk memberikan pemupukan dengan baik.

Anda juga perlu melakukan penyiraman secara rutin. Lakukan hal 3 kali sehari. Pastikan juga tanaman tercukupi asupan nutrisinya dari pemupukan yang Anda lakukan.

Dalam perawatan ini jangan lupa untuk melakukan penyerbukan dan pemangkasan pada tanaman buah naga. Hal ini untuk mempercepat pertumbuhan dan pembuahan tanaman sehingga cepat panen.

Demikianlah beberapa langkah penting cara menanam buah naga yang sebaiknya Anda perhatikan. Jika Anda tertarik melakukan usaha budidaya tanaman ini bisa Anda mulai dari halaman sekitar rumah sebelum membuka lahan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang