Cara Mengatasi Sifat Malas Agar Semangat Kembali Pulih

Cara Mengatasi Sifat Malas
Ilustrasi cara mengatasi sifat malas. Foto: Verywell Mind

Cara mengatasi sifat malas bisa dilakukan oleh siapa saja enggan melakukan apapun. Sifat malas ini bisa terjadi pada siapapun karena berbagai faktor.

Karena bisa menghampiri semua individu, namun para ahli menyatakan hal tersebut terbilang wajar bagi setiap manusia.

Namun, jika rasa malas yang Anda alami berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka harus ditangani lebih intensif.

Pasalnya, secara perlahan bisa mengganggu terhadap kondisi psikologis Anda.

baca juga: Sindrom Kelelahan Kronis, Cari Tahu Penyebab dan Cara Pengobatan

Sejumlah Cara Mengatasi Sifat Malas

Rasa enggan melakukan kegiatan apapun ini bisa hilang dalam waktu singkat jika diatasi dengan langkah mudah berikut ini.

Bermain di Alam Terbuka

Pemandangan alam dengan hijau dedaunan serta aneka suara hewan yang ada tentu menjadi hal asyik bagi sebagian orang.

Apalagi dengan sejuknya udara di tempat terbuka ini akan membuat suasana hati semakin tenang, sehingga timbul semangat baru.

Tak hanya itu, ketika tubuh Anda kontak langsung dengan tanah akan memberikan reaksi positif, mulai dari kaki ataupun telapak tangan.

Selain itu, sensasi dingin dan sejuk yang ditimbulkan menjadi cara mengatasi sifat malas. Makanya banyak orang yang mencari tempat wisata alam untuk menghilangkan penat agar semangat mereka bisa pulih kembali.

Melihat Foto Masa Kecil

Bagi sebagian orang, kegiatan ini dianggap tidak penting. Padahal, jika Anda melakukan hal tersebut di saat waktu luang dan santai akan memberikan segudang  manfaat. Salah satunya adalah menimbulkan rasa bahagia.

Hal ini karena foto yang Anda lihat terasa lucu. Apalagi kondisi fisiknya sangat berbeda saat masih kecil dengan saat ini.

Bahkan, ketika Anda menjumpai foto masa kecil dengan gaya yang nyleneh ataupun menggemaskan akan membuat Anda kembali bersemangat setelah melihatnya.

baca juga: Olahraga Mengecilkan Lengan yang Ringan dan Efektif, Patut Dicoba!

Menyalurkan Hobi

Cara mengatasi sifat malas selanjutnya menjalani hobi sesuai kesukaan masing-masing.

Rasa malas yang sedang Anda alami akan hilang jika menyempatkan waktu untuk menjalani aktivitas yang berkaitan dengan kegemaran.

Ketika Anda melakukan kegiatan ini, bisa saja pikiran akan menjadi lebih fokus serta rasa senang akan timbul.

Makanya ketika memiliki hobi, dianjurkan untuk menyalurkannya. Terlebih ketika pekerjaan Anda sesuai dengan hobinya, maka rasa malas itu akan bisa terkendali.

Olahraga

Langkah berikutnya adalah dengan membiasakan olahraga secara rutin. Selain bisa menyehatkan badan karena membuat sirkulasi darah dari jantung bekerja optimal, juga meningkatkan semangat untuk melakukan apapun.

Hal ini karena kondisi tubuh stabil yang membuat pikiran menjadi lebih fokus. Dari inilah menjadi salah satu cara mengatasi sifat malas.

Untuk melakukan olahraga, setiap orang memiliki cara masing-masing, baik di dalam ruangan ataupun di luar. Terpenting adalah bagaimana kita melaksanakan tanpa ada

Istirahat yang Cukup

Rasa malas kerap muncul karena badan merasakan capek berlebih setelah menjalani aktifitas padat, tentu hal ini tidaklah baik.

Untuk itu, luangkan waktu untuk beristirahat sejenak di sela aktifitas Anda sehari-hari di samping durasi tidur malam yang cukup.

Dengan demikan, tubuh anda akan merasa segar dan siap untuk melanjutkan aktivitas berikutnya.

Membuat Rencana Kegiatan

Cara mengatasi sifat malas berikutnya dengan menyiapkan buku kecil yang bisa Anda bawa ke manapun, atau bisa juga dengan membuatnya di aplikasi pendukung pada gadget Anda.

Dengan membuat rencana kegiatan, maka aktivitas akan lebih terkontrol. Sehingga dengan demikian rasa malas akan berkurang.

Kondisi ini akan membuat pikiran lebih fokus pada rencana kegiatan yang telah dibuat selama satu hari penuh. Sehingga tidak ada lagi ruang untuk bermalas-malasan.

baca juga: Cara Menyembuhkan Parosmia dengan Terapi Selama 20 Menit

Beribadah

Cara yang terakhir adalah dengan ibadah. Perlu anda ketahui seseorang yang sering melakukan kegiatan ibadah hidupnya jauh lebih tenang dan produktif.

Hal ini karena kepuasan batin yang didapatkan setelah beribadah selalu muncul. Rasa itu timbul dengan sendirinya atas dasar kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan beribadah secara rutin, selain anda akan mendapatkan pahala, pikiran anda juga terasa lebih fokus dan konsentrasi lebih terarah.

Itulah sejumlah cara mengatasi rasa malas yang paling mudah anda lakukan di rumah maupun di tempat kerja. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid