Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Berdasarkan Penyebabnya

cara mengatasi tenggorokan kering
Begini cara mengatasi tenggorokan kering. Foto: Ist/Net

Banyak orang mencari cara mengatasi tenggorokan kering. Gangguan kesehatan ini termasuk sering terjadi dan bisa sangat mengganggu. Selain dengan mengatasi gangguan tenggorokan ini sebaiknya kenali pula penyebabnya.

Tenggorokan kering hingga meradang sangat umum terjadi dan banyak orang yang mengalaminya. Saat gangguan ini muncul atau terjadi kita menjadi kesulitan untuk berbicara. Bahkan tak jarang terjadi batuk.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan gangguan ini. Kondisi tersebut dapat terjadi karena cuaca hingga kebiasaan buruk. Tenggorokan kering bahkan dapat menjadi pertanda suatu penyakit jenis tertentu.

Namun gangguan ini umumnya terjadi karena kurang minum. Apalagi jika suhu atau cuaca sedang panas, maka tubuh cenderung akan mengalami kekurangan cairan. Salah satunya terjadinya kekeringan dalam saluran tenggorokan.

Baca Juga: Sakit Kepala Cluster, Gejala Penyakit Hingga Pengobatan Secara Alami

Mengenal faktor yang menyebabkan kondisi ini sangat penting. Apalagi jika gangguan ini terjadi berulang atau berkepanjangan. Berkonsultasi dengan dokter akan membantu Anda menemukan solusi terbaik. Termasuk pencegahan jika ada penyakit yang serius.

Langkah Cara Mengatasi Tenggorokan Kering

Mengenal penyebab tenggorokan kering sangat penting agar kita bisa menemukan solusinya. Untuk itu, berikut berbagai faktor penyebab dan cara mengatasi tenggorokan kering yang harus Anda ketahui.

Karena Infeksi Virus

Virus yang sering menyerang manusia banyak menginfeksi saluran pernafasan. Pasalnya, kondisi ini dapat menyebabkan pilek, batuk dan flu. Namun, infeksi yang semakin meradang ini sering menimbulkan tenggorokan kering yang membuat penderita tidak nyaman.

Infeksi yang terjadi karena virus ini bahkan dapat menyebabkan terjadinya sejumlah jenis penyakit. Seperti faringitis, mononukleosis hingga laringitis.

Penyakit yang terus berlanjut dapat berdampak pada kondisi tubuh yang melemah hingga demam. Penderita tersebut bahkan akan kesulitan makan makanan yang lebih keras.

Untuk cara mengatasi tenggorokan kering ini Anda dapat melakukan penanganan mandiri. Seperti dengan rajin minum air mineral atau berkumur dengan air garam hangat. Anda juga bisa menghirup inhaler maupun mengonsumsi permen mint atau lozenges.

Faktor Makanan dan Minuman

Anda pasti tidak bisa terlepas dari makanan dan minuman. Pasalnya, makanan dan minuman mengandung banyak nutrisi yang penting untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Sayangnya, beberapa jenis makanan dan minuman bahkan bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Ada sejumlah makanan dan minuman dengan tampilan, aroma dan rasa yang menggoda tidak selamanya memiliki nutrisi baik untuk tubuh.

Untuk cara mengatasi tenggorokan kering karena masalah ini dapat anda lakukan dengan minum air mineral yang lebih banyak. Anda bahkan bisa mengonsumsi air hangat untuk melegakan tenggorokan.

Baca Juga: Penyebab Penyakit Insomnia, Jenis, Gejala dan Cara Mengatasinya

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa jenis teh herbal. Herbal seperti eucalyptus, sage, chamomile dan akar licorice bisa Anda olah menjadi minuman teh untuk melegakan tenggorokan.

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan masalah yang sering terjadi pada banyak orang. Kondisi ini dapat terjadi karena cuaca yang panas dan udara kering. Kondisi ini juga bisa menyebabkan produksi air liur menjadi berkurang sehingga tenggorokan menjadi kering.

Untuk itu, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh. Mengonsumsi makanan yang bergizi untuk membentuk daya imun yang perlu Anda perhatikan.

Sleep Apnea

Masalah yang satu ini adalah bentuk dari gangguan tidur yang bisa menyebabkan seseorang merasakan tenggorokan kering setelah bangun. Penyakit ini bahkan bisa menyebabkan sesak nafas hingga sakit kepala.

Ada beberapa alternatif cara mengatasi tenggorokan kering akibat masalah ini. Antara lain Anda perlu menghindari kafein dan minum air hangat. Anda juga bisa menggunakan pelembab udara dan aromaterapi untuk meredakannya.

Sindrom Sjogren

Selain itu penyakit autoimun seperti sindrom sjogren juga dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Penyakit ini juga akan menyebabkan mata dan mulut menjadi kering sehingga perlu segera memeriksakan ke dokter.

Untuk mengantisipasi terjadinya masalah ini, Anda dapat memenuhi cairan tubuh dengan baik. Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang bergizi dan rajin olahraga agar terhindar dari berbagai penyakit.

Itulah beberapa jenis gangguan yang dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Namun Anda sebaiknya perlu segera menghubungi dokter ketika merasakan tenggorokan kering semakin meradang.

Sedangkan untuk cara mengatasi tenggorokan kering ada beberapa alternatif yang bisa Anda coba. Baik dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, mengonsumsi makanan yang bernutrisi hingga berolahraga. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu