Cara Menghilangkan Kutek Menggunakan Bahan yang Mudah Didapat

Cara Menghilangkan Kutek dengan Memakai Bahan yang Mudah Didapat
Ilustrasi cara menghilangkan kutek Foto: Ist/Net

Cara menghilangkan kutek tidak hanya menggunakan aseton. Padahal aseton umumnya menjadi pilihan yang utama saat kutek kuku tak lagi menarik atau anda ingin mengganti dengan pilihan warna ataupun motif lain.

Sehingga anda bisa membersihkan kutek dengan sejumlah cara lainnya. Berikut ini cara membersihkan kutek tanpa aseton yang dapat anda coba.

Ragam Cara Menghilangkan Kutek Tanpa Aseton

Hair Spray

Selain terdapat fungsi yang utama untuk menata seta menutrisi rambut, hair spray juga anda fungsikan sebagai pembersih cat kuku.

Untuk cara membersihkan kutek yang satu ini sangat mudah anda coba. Sebab anda hanya perlu menyediakan hair spray serta kapas. Cukup anda semprotkan hair spray pada kapas secukupnya.

Baca Juga : Warna Kutek Untuk Remaja Tengah Populer Sesuaikan Jenis Kulit

Selanjutnya anda bisa mengusapkan kapas pada kuku anda dengan gerakan searah dan juga perlahan hingga kutek hilang semuanya.

Setelah itu, anda jangan sampai lupa untuk membersihkan kuku dengan air serta mengoleskan krim pelembab. Hal tersebut sebagai penjaga kuku dan juga tangan anda tetap terhidrasi.

Cuka dan Lemon

Selanjutnya anda bisa memanfaatkan cuka dan lemon. Perpaduan yang mempunyai sifat asam ini efektif untuk anda gunakan sebagai cara menghilangkan kutek. Meskipun asam, cuka dan juga lemon tergolong aman untuk kuku karena keduanya bebas dari kandungan alkohol.

Caranya anda menyediakan dua sendok makan cuka, selanjutnya campurkan dengan menggunakan beberapa tetes air perasan jeruk lemon. Anda bisa menunggunya dalam waktu 10 sampai 20 menit.

Selanjutnya anda bisa membasahi kapas dengan memakai air tersebut, lalu usapkan pada kuku anda. Lakukan sampai kutek bisa terangkat seluruhnya.

Baca Juga : Penyebab Kulit Kuku Sobek dan Cara Mencegahnya 

Hidrogen Peroksida

Bukan hanya aseton, hidrogen peroksida merupakan zat kimia lainnya yang dianggap efektif untuk menghilangkan kutek. Hidrogen peroksida yaitu zat kimia yang pada umumnya telah menjadi komposisi produk pemutih baju. Sehingga telah secara jelas fungsi pokoknya sebagai pembersih noda.

Hidrogen peroksida picu pelepasan pada oksigen secara alami. Untuk aktivitas ini yang nantinya akan membantu anda dalam membersihkan cat kuku alias kutek.

Cara penggunaan, setengah cangkir hidrogen peroksida anda campurkan dengan seperempat air hangat. Setelah itu, anda bisa merendam jari-jari anda sambil mengelupas kutek. Apabila anda sudah selesai, anda bisa membersihkannya dengan air, keringkan, terakhir oleskan krim pelembab.

Alkohol

Bahan kimia yang non aseton selanjutnya adalah alkohol. Alkohol juga bisa anda gunakan untuk menghilang kutek. Namun efektivitas alkohol kemungkinan tidak sebesar aseton.

Cara ini lebih memakan waktu hingga sisa-sisa cat kuku benar-benar menghilang. Namun tidak ada salahnya bila anda ingin mencoba memakai alkohol untuk membersihkan kutek.

Cara menggunakannya sangat mudah. Anda hanya perlu membasahi kapas dengan menggunakan cairan alkohol, kemudian anda usapkan kapas pada kuku anda secara perlahan.

Baca Juga : Cara Memakai Nail Polish yang Baik Tak Perlu ke Salon

Hand Sanitizer

Merupakan cairan gel yang memiliki kegunaan untuk membersihkan tangan dari kuman serta kotoran yang menempel. Namun, hand sanitizer juga dapat menjadi alternatif untuk anda yang ingin menghilangkan cat kuku.

Cukup anda oleskan hand sanitizer pada kuku. Selanjutnya anda bisa mendiamkan selama beberapa menit sampai kutek yang menempel pada kuku melunak.

Setelah itu, kikis kutek dengan memakai kapas atau kain yang bertekstur halus. Anda dapat membersihkan air serta mengoleskan pelembab.

Pasta Gigi

Alternatif selanjutnya adalah dengan anda menggunakan pasta gigi. Kemungkinan pada cara ini belum banyak orang yang mengetahuinya. Hanya cukup mengoleskan pada kuku jari anda.

Kemudian anda tunggu selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit. Selanjutnya, anda bisa mengikis kutek memakai kapas ataupun kain halus. Jika kutek sudah hilang tanpa sisa, anda bisa membersihkan kuku dengan air.

Baking Soda

Terdapat cara selanjutnya yakni dengan mencoba menggunakan baking soda. Baking soda sendiri mempunyai sifat yang abrasif sehingga bisa membantu mengikis cat kuku.

Jika anda ingin menggunakannya, cukup anda campurkan dengan air hangat sampai menjadi pasta. Langkah berikutnya, seperti cara-cara sebelumnya anda bisa mengoleskan pasta tersebut pada kuku jari anda.

Setelahnya, anda bisa menunggu hanya selama beberapa saat saja. Usap kuku dengan memakai kapas sampai cat kuku bisa terangkat secara keseluruhan.

Terakhir, anda bisa membersihkan kuku dengan air serta mengoleskan pelembab agar kuku dan tangan anda tidak mengalami dehidrasi. Nah, itu tadi informasi tentang cara menghilangkan kutek yang perlu anda ketahui serta coba praktekkan di rumah. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah