Cara Menghilangkan Mata Sembab Setelah Menangis

Cara Menghilangkan Mata Sembab Setelah Menangis
Ilustrasi cara menghilangkan mata sembab. Foto: Ist/Net

Cara menghilangkan mata sembab tentunya akan anda butuhkan ketika setelah menangis. Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang tentunya pernah nangis dalam hidupnya karena berbagai macam alasan.

Mata sembab setelah menangis dapat membuat penampilan anda kurang cantik. Maka dari itu, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan mata sembab tersebut, seperti yang tertulis dibawah ini.

Inilah Cara Menghilangkan Mata Sembab Secara Mudah

Kompres Dingin

Obat rumahan yang paling efektif sebagai obat mata bengkak setelah menangis semalaman yaitu dengan kompres dingin. Suhu dingin bisa membantu mengencangkan kulit pada sekitar mata serta mengendurkan pembuluh darah.

Caranya, anda cukup menaruh beberapa es batu pada handuk dan bungkuslah. Dapat anda letakkan pada kedua mata selama beberapa detik atau anda bisa juga membasahi kain bersih dengan air dingin. Lalu anda bisa menahannya pada mata selama beberapa detik.

Baca Juga : Bulu Mata Rontok Bukan Berarti Tanda Ada yang Kangen

Memijat Lembut

Terkadang pijatan lembut dapat menjadi trik. Memijat mata setelah anda menangis merupakan cara menghilangkan mata sembab berikutnya. Sebab hal tersebut dapat membersihkan sumbatan, buat pembuluh darah pada wajah bekerja dengan baik.

Cukup oleskan beberapa tetes minyak kelapa dan juga anda dapat memijatnya secara lembut. Setelah anda memijat, dapat anda lakukan dengan berbaring, kepala menghadap ke atas dan juga rileks.

Air Garam

Air garam merupakan obat rumah lainnya untuk mengurangi bengkak pada sekitar mata akibat dari menangis. Alasan mengapa garam digunakan sebab memakai proses osmosis untuk menyerap cairan pada sekitar mata yang mengakibatkan pembengkakan.

Dengan cara, tambahkan setengah sendok teh garam ke secangkir air hangat serta aduk sampai larut. Anda dapat merendam bola kapas di air asin dan letakkan pada kelopak mata selama kurang lebih 5 menit. Anda bisa mengulangi sebanyak keperluan anda.

Baca Juga : Proses Terbentuknya Air Mata Saat Menangis dan Fungsinya

Air Mawar

Air mawar juga dapat mengurangi mata sembab sebab memiliki sifat yang bisa membantu mengencang kulit pada area sekitar mata. Lalu juga bisa mengurangi pembengkakan.

Cara menggunakannya, rendam gulungan kapas pada air mawar, lalu letakkan pada mata selama 5 menit. Kemudian anda dapat membilas dengan menggunakan air. Ulangi secara berkali-kali.

Putih Telur

Dengan mengoleskan putih telur, dapat menjadi cara menghilangkan mata sembab karena menangis. Caranya sangat mudah untuk anda lakukan, yakni hanya dengan memisahkan kuningan telur dari putihnya. Anda dapat mengaduk putih telur tersebut. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak hazel, lalu aduk rata.

Setelah itu, anda bisa mengoleskan campuran ini pada bawah mata. Setelah itu, anda bisa mengeringkannya dilanjutkan dengan membilasnya memakai air.

Kantung Teh

Teh hitam memiliki kandungan tanin yang bisa menembus kulit, memperbaiki sirkulasi pada darah, dan juga meredakan pembengkakan.

Maka, setelah anda minum teh, anda bisa memanfaatkan kantungnya. Dengan basahi dua kantung teh dan dinginkan selama kurang lebih 20 menit. Selanjutnya anda bisa meletakkan pada mata selama 10 sampai dengan 15 menit.

Baca Juga : Kerutan di Bawah Mata dengan Bahan Alami untuk Mengatasinya

Mentimun

Irisan mentimun juga dapat anda gunakan sebagai cara menghilangkan mata sembab. Adanya kandungan astringent yang membantu mengecilkan kantung mata dan sifat menghidrasi. Lalu juga bergizi yang mempunyai manfaat bagi mata dalam banyak hal.

Dinginkan irisan mentimun selama 15 menit. Tempelkan irisan tersebut tepat diatas mata. Ganti irisan ketika sudah menjadi hangat. Hal tersebut bisa anda ulangi.

Lidah Buaya

Lidah buaya juga memiliki manfaat dalam meredakan mata sembab. Gel lidah buaya juga mempunyai kandungan yang baik untuk kulit dan mata, bahkan mendukung produksi kolagen.

Hanya mengoleskan gel lidah buaya pada sekitar mata lalu anda bisa memijatnya. Tunggu sampai mengering dan anda bisa membilasnya menggunakan air dingin.

Minum Banyak Air

Saat tubuh anda terhidrasi secara baik, kemungkinan retensi airnya yang bisa meningkatkan pembengkakan pada sekitar mata kian kecil.

Panaskan air pada interval teratur apabila anda bosan dengan air biasa. Maka anda bisa menambahkan air lemon untuk membuatnya sedikit beraroma.

Air Dingin

Cara menghilangkan mata sembab, anda dapat membilas wajah dengan air dingin selama beberapa detik. Hindari menyeka air mata. Hal tersebut dapat meningkatkan pembengkakan. Anda bisa menghapus air mata dengan tisu atau sapu tangan. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah