Cara Menghilangkan Rasa Mual dengan Bahan Alami Secara Mudah

cara menghilangkan rasa mual
Begini cara menghilangkan rasa mual secara alami. Foto: Ist/Net

Cara menghilangkan rasa mual tak selalu harus dengan menggunakan obat kimia dari apotek. Ada banyak pilihan metode dan bahan untuk menghilangkan rasa mual. Seperti mengonsumsi jahe atau rempah maupun beberapa gerakan tubuh.

Mual merupakan perasaan gelisah dan tidak nyaman pada bagian perut yang membuat perasaan seperti akan muntah. Mual tak selalu berlanjut dengan muntah, meskipun banyak kasus kedua kondisi ini beriringan.

Rasa mual dapat terjadi akibat berbagai faktor. Seperti gangguan pencernaan, tubuh yang terserang virus, sakit kepala, kehamilan, hingga bau yang tidak sedap.

Baca juga: Teh Pereda Rasa Mual yang Menyehatkan

Namun tak jarang pula kondisi atau perasaan ingin muntah ini juga timbul tanpa sebab yang jelas. Hal ini tentu saja dapat mengganggu konsetrasi dan aktivitas sehari-hari.

Namun, untuk mencegahnya secara instan, beberapa orang lebih memilih untuk mengonsumsi obat penghilang mual tertentu. Meskipun demikian, masih banyak cara menghilangkan rasa mual lain yang dapat dilakukan.

Beberapa Cara Menghilangkan Rasa Mual

Beberapa orang cenderung menggunakan obat anti mual untuk membantu menghilangkan rasa mual secara instan. Akan tetapi, sensasi mual yang terjadi berkepanjangan dan lebih sering, sebaiknya jangan meminum obat-obatan. Apalagi jika bukan dari resep dokter.

Baca juga: Sakit Perut Sebelah Kanan, Pertanda Penyebab Penyakit Berbahaya

Berikut ini beberapa alternatif cara menghilangkan rasa mual dengan menggunakan bahan alami. Cara ini lebih aman dan bisa Anda lakukan sebagai langkah darurat.

Minum Air Putih yang Banyak

Meskipun terlihat cukup sederhana, air putih pada dasarnya bisa menjadi obat pertolongan paling pertama bagi beberapa jenis penyakit yang terjadi. Hal ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air.

Terutama rasa mual yang terjadi disertai dengan muntah. Meminum air putih adalah hal yang wajib, sebab tubuh harus tetap terjaga kadar cairannya.

Minum air putih dengan campuran lemon juga bisa menjadi solusi tambahan. Sebab lemon mengandung asam sitrat, senyawa alami yang berguna dapat membantu pencernaan dan menenangkan perut hingga membantu menghilangkan rasa mual.

Duduk atau Berbaring

Duduk juga dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks. Akan tetapi, menekuk bagian perut dapat memperburuk rasa mual karena tertekan dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Namun jika tubuh merasa masih perlu lebih rileks, sebaiknya berbaring saja. Anda bisa memosisikan bagian tubuh bagian atas lebih tinggi dan berusaha bergerak sesedikit mungkin.

Menghirup Aromaterapi

Menghirup aromaterapi juga cukup ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan rasa mual. Jenis aromaterapi yang bisa Anda gunakan yakni yang terbuat dari pepermin.

Selain itu, Anda juga bisa memilih minyak atsiri yang terbuat dari lemon, lavender, chamomile, ataupun cengkeh. Bau harum ini akan memberikan efek terapis yang baik untuk meredakan sakit.

Meditasi atau Mengatur Pernapasan

Karena sensasi mual berpusat pada otak, penting untuk menjaga pikiran agar tetap tenang tanpa memikirkan penyebab maupun sensasi mual tersebut. Meditasi atau mengatur pernapasan dengan teratur mampu menenangkan pikiran sekaligus membuat tubuh lebih rileks. Dengan cara itu bisa membantu menghilangkan rasa mual.

Mengonsumsi Wedang Jahe

Khasiat dari jahe sebagai obat rumahan paling populer mungkin tidak dapat diragukan lagi. Manfaatnya yang sangat kaya juga dipercaya mampu untuk membantu menghilangkan sensasi mual, terutama yang terjadi secara berkepanjangan.

Menggunakan Rempah-rempah

Selain jahe, kandungan dari beberapa jenis rempah-rempah rumahan juga menjadi andalan masyarakat sebagai salah satu cara menghilangkan rasa mual. Selain murah, Anda juga bisa membelinya ke pasar.

Rempah-rempah seperti kayu manis mampu mengurangi sensasi mual akibat menstruasi. Sedangkan rempah-rempah lainnya seperti jintan mampu mengurangi rasa mual akibat sakit perut, konstipasi, atau diare.

Makan Pisang

Memiliki rasa yang cenderung tawar, seperti pisang, juga baik dan mampu mengurangi rasa mual. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun banyak yang menyukai buah ini sehingga bisa menjadi alternatif meredakan sakit.

Selain itu, manfaat buah pisang secara umum untuk membantu menghilangkan gejala akibat infeksi dalam saluran pencernaan ataupun keracunan makanan, yang juga bisa menjadi penyebab utama mual.

Kompres Dingin

Melakukan kompres dingin pada bagian belakang leher juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan rasa mual. Sebab pada saat mual, suhu tubuh cenderung akan naik.

Cara menghilangkan rasa mual dengan memberikan kompres air dingin ini mampu menurunkan suhu tubuh hingga dapat kembali turun ke suhu yang normal. Jika suhu tubuh menurun maka mual pun akan semakin mereda.

Melakukan Pijatan Ringan

Menekan beberapa area tubuh juga mampu meredakan gejala mual yang ada. Pijatan berguna untuk membuat otot-otot dalam tubuh menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Ini berguna akan mengendurkan kondisi mual yang ada.

Mengalihkan Fokus

Sensasi mual yang terpusat pada otak dapat menyebabkan rasa mual itu sendiri. Ini karena rasa sakit itu berasal dari pikiran-pikiran tertentu dan bukan karena kondisi fisik yang memburuk.

Oleh sebab itu, mengalihkan fokus bisa menjadi salah satu cara menghilangkan rasa mual yang dapat Anda coba. Caranya antara lain seperti dengan membaca buku, bermain game, maupun menonton televisi.

Gejala Mual yang Sering Terjadi

Menurut kajian kesehatan, sensasi mual sendiri sebenarnya berpusat dalam otak yang kemudian tubuh merespon dengan muntah. Namun gejala mual memang tidak selalu berlanjut dengan muntah.

Hanya saja, karena banyaknya faktor yang bisa memicu timbulnya mual, maka terkadang cukup sulit untuk menentukan penyebab mual itu sendiri, khususnya yang terjadi secara berkepanjangan.

Selain harus tahu cara menghilangkan atau mengatasinya, Anda juga perlu mengenal beberapa gejala yang biasanya terjadi saat muncul rasa mual menyerang. Mengutip dari Wikipedia, gejala itu antara lain:

  • Sering keluar keringat.
  • Volume air meningkat dan bertambah.
  • Terjadi kontraksi ritmis pada sekitar otot-otot pada dinding perut.
  • Munculnya sakit kepala atau kepala yang terasa seperti melayang
  • Timbul rasa pusing
  • Perut terasa sakit yang kadang berlanjut dengan diare

Secara umum gangguan berupa rasa mual sebenarnya tidak berbahaya. Namun jika kondisi ini berlanjut dengan muntah, atau berlangsung secara terus menerus, cara menghilangkan rasa mual tersebut adalah dengan memeriksakannya ke dokter untuk memastikannya.

Jika rasa mual yang timbul tanpa dengan muntah umumnya masih relatif ringan. Seperti yang terjadi pada kebanyakan anak-anak yang sering makan sambil bermain atau kebanyakan.

Namun jika mual ini beserta dengan muntah, maka ada risiko terjadinya dehidrasi. Keluarnya cairan tubuh membutuhkan penanganan yang lebih serius. Karena itu kondisi mual dan muntah membutuhkan penanganan medis.

Penyebab Mual

Tidak mudah melacak faktor yang menyebabkan terjadinya mual. Meskipun gangguan ini mungkin akan hilang sendiri, namun sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Mual bukanlah suatu penyakit. Namun terkadang gangguan ini juga bisa berhubungan dengan suatu penyakit. Karena itu sangat penting mengenal dan mengetahui faktor yang menyebabkannya.

Berikut ini beberapa faktor yang mungkin menyebabkan terjadinya mual. Mengenal penyebabnya akan memudahkan cara menghilangkan rasa mual yang ada. Yuk simak saja ulasannya berikut ini.

  1. Faktor makanan juga bisa memicu terjadinya mual. Seperti makan yang terlalu banyak sehingga menyebabkan perut menjadi tidak nyaman.
  2. Mual juga bisa terjadi karena keracunan makanan. Makanan yang tidak sehat atau mengandung racun yang masuk ke dalam perut akan memicu sistem imun untuk melawannya. Kondisi inilah yang memicu timbulnya mual.
  3. Tekanan psikis yang memicu stres dan emosi juga bisa merangsang rasa mual. Termasuk kegelisahan atau rasa takut yang berlebihan hingga depresi. Gangguan psikis akan berdampak pula pada gangguan fisik.
  4. Mengonsumsi minuman yang beralkohol sehingga menyebabkan mabuk juga bisa menyebabkan timbulnya rasa mual. Cara menghilangkan rasa mual karena faktor ini tentunya dengan menjauhi minuman beralkohol.
  5. Ibu-ibu yang sedang mengandung juga sering mengalami mual. Terutama kehamilan yang masih masa awal. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil.
  6. Faktor lain yang juga bisa menyebabkan rasa mual adalah gangguan pada saraf otak. Seperti gegar otak karena benturan, migrain, ataupun tumor otak.
  7. Rasa mual pada perut juga bisa terjadi karena adanya gangguan dalam perut. Seperti usus buntu, flu perut, hingga maag. Pemeriksaan dokter akan bisa memastikannya.
  8. Selain itu masih ada banyak jenis penyakit lainnya yang juga bisa menyebabkan mual. Seperti penyakit kantung empedu, meningitis, serangan jantung, kanker dan berbagai jenis lainnya.

Demikianlah berbagai gejala maupun penyebab rasa mual yang sering terjadi. Mengenal gangguan ini akan memudahkan cara menghilangkan rasa mual. Lakukan dengan beberapa langkah mudah dan alami sebelum memeriksakannya ke dokter. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara