Cara Mutasi Motor Sendiri dan Persyaratan yang Perlu Anda Penuhi

Cara Mutasi Motor Sendiri dan Persyaratan yang Perlu Anda Penuhi
Ilustrasi cara mutasi motor. Foto: Ist/Net

Cara mutasi motor bisa anda lakukan sendiri untuk menghemat biaya pengeluaran. Sebenarnya langkah yang perlu anda lakukan memang cukup lama.

Hanya saja, dapat menghemat biaya daripada anda minta jasa orang lain. Ketika seseorang ingin melakukan pindah tempat, tentunya akan membutuhkan waktu dan syarat.

Begitu juga dengan kendaraan, jika ingin berpindah tempat pun memerlukan proses. Tidak sedikit orang yang membeli kendaraan second dari luar daerah dan dimutasi menjadi domisili pemiliknya.

Hal ini juga sering terjadi ketika pemilik kendaraan pindah dari tempat satu ke daerah lainnya. Tentu memerlukan perpindahan domisili sesuai dengan pemiliknya.

Baca Juga : BPKB Motor Asli, Cek Sebelum Anda Tertipu Dokumen Palsu

Sebenarnya masalah ini tidaklah rumit seperti yang anda bayangkan. Prosedur yang harus anda lakukan cukup mudah dengan biaya yang tidak terlalu besar.

Hal ini jika anda urus sendiri perpindahan mutasi tersebut. Hanya saja, sebagian besar orang tidak mau ambil pusing dan ribet untuk melakukannya.

Meski cara mutasi motor mudah, sebagian besar orang memilih menggunakan jasa calo. Sehingga pemilik kendaraan hanya terima beres dan pembayaran.

Padahal jika anda menggunakan jasa tersebut, biaya administrasinya tentu akan lebih mahal. Apabila anda ingin mengurus mutasi sendiri bisa saja, bahkan tidak perlu takut tak dapat melakukannya.

Hal yang perlu anda ketahui yaitu persyaratan dan prosedurnya. Perpindahan domisili kendaraan bermotor bahkan mobil memang bukan hal yang baru lagi.

Indonesia sendiri, mutasi sering sekali terjadi. Mutasi kendaraan banyak dilakukan sebagian besar orang karena mempermudah pembayaran pajaknya. Sehingga tidak perlu repot anda saat membayar pajak tiap tahunnya.

Inilah Cara Mutasi Motor dengan Persyaratannya

Sebagian besar orang tentu tahu dan sering mendengar yang namanya mutasi kendaraan, entah itu jenis kendaraan apapun. Mutasi atau pindah domisili kendaraan mungkin sering terjadi dan bukan hal yang asing lagi.

Ada banyak alasan mengapa sebagian besar orang melakukan hal tersebut. Salah satunya dipindahtempatkan dengan pemiliknya untuk dapat mengurus pajak secara mudah.

Mutasi kendaraan bisa anda lakukan dengan mudah. Namun, waktunya memang tidak sebentar, ada berbagai prosedur yang harus terpenuhi.

Bagi anda yang ingin mengurus proses perpindahan sendiri, sebaiknya untuk tahu apa saja persyaratan yang perlu anda penuhi. Selain itu, prosesnya akan lebih mudah jika anda jalankan sendiri.

Baca Juga : Aplikasi SIM Online Bisa Perpanjang dan Buat SIM Baru Lebih Praktis

Bahkan akan lebih hemat biaya. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk bisa melakukan proses tersebut untuk sepeda motor. Siapkan persyaratannya terlebih dulu.

Syarat Pengurusan Pindah Domisili Kendaraan

Sebelum anda menggunakan cara mutasi motor, alangkah baiknya untuk memenuhi persyaratannya terlebih dulu. Sebaiknya anda siapkan beberapa dokumen atau berkas untuk pengurusan mutasi.

Adapun persyaratannya antara lain:

  1. STNK asli dan fotocopy
  2. BPKB asli dan fotocopy
  3. KTP asli pemilik kendaraan dan fotocopynya
  4. Kwitansi pembelian sepeda motor bermaterai 6000 dan fotocopynya
  5. Dokumen atau berkas hasil cek fisik kendaraan.

Itulah beberapa berkas atau dokumen yang perlu anda persiapkan ketika ingin melakukan mutasi kendaraan roda dua. Persiapkan terlebih dulu sebelum anda pergi ke Samsat setempat.

Langkah Melakukan Mutasi

Setelah persyaratan terpenuhi, sekarang tinggal lakukan cara mutasi motor dengan beberapa langkah. Adapun langkah yang bisa anda lakukan sendiri antara lain:

Cek Fisik Kendaraan

Langkah awal yang bisa anda lakukan yaitu cabut berkas kendaraan. Jangan lupa untuk membawa bukti cek fisik yang sebelumnya telah dilakukan.

Baca Juga : Cek Plat Kendaraan, Lebih Mudah dan Akurat dengan Cara Online

Ada biaya yang bisa anda bayar, namun besar kecilnya tergantung dari masing-masing daerah. Melakukan cek fisik kendaraan juga bisa anda lakukan pada daerah domisili baru.

Cara mutasi motor dilakukan dengan sama, anda cukup mendaftar dan antri giliran. Syaratnya sama dengan cara penggesekan nomor kendaraan pada umumnya.

Cabut Berkas Mutasi

Ketika anda sudah melakukan cek fisik, selanjutnya yaitu mencabut berkas kendaraan. Anda harus datang langsung ke loket pelayanan untuk melakukan mutasi. Berikan semua dokumen atau berkas dan anda bisa isi formulir pendaftaran.

Pada umumnya, anda akan melakukan pembayaran kurang lebih 5 hari berkas baru bisa anda ambil. Namun, semua tergantung proses yang dilakukan. Cara mutasi motor pun bisa anda lakukan sendiri dengan mudah. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto