Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita BisnisCara Promosi Jualan Online yang Efektif Tanpa Perlu Biaya Besar

Cara Promosi Jualan Online yang Efektif Tanpa Perlu Biaya Besar

Menerapkan cara promosi jualan online secara efektif akan mampu menarik minat pelanggan. Namun cara promosi untuk bisnis online sangat berbeda dengan sekedar memasang iklan. Ada sejumlah strategi yang berkaitan dengan perilaku konsumen.

Ada banyak alasan kenapa bisnis online banyak orang yang menggandrunginya. Salah satunya karena aspek kemudahan dan jangkauan pasarnya yang luas. Bayangkan saja, hanya dengan meng-upload produk, kita bisa mendapat order dari berbagai daerah.

Efektivitas dalam berbisnis online juga memudahkan kita menjual produk. Kita tidak harus memiliki toko fisik, cukup ada produknya saja. Bahkan, banyak penjual online yang tidak mempunyai produk. Mereka hanya menjual kembali produk dari supplier.

Cara Promosi Jualan Online yang Terbukti Efektif

Berjualan secara online memang sangat menjanjikan. Namun ini juga membutuhkan strategi promosi yang tepat sasaran. Nah, jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis online, berikut beberapa cara promosi jualan online yang bisa Anda lakukan.

Berikan Harga Diskon

Saat Anda menjalankan bisnis online, sebaiknya perhatikan harga yang Anda tawarkan. Hal itu karena harga menjadi faktor utama yang mempengaruhi pembeli untuk order atau membeli produk kita.

Sudah merupakan sifat konsumen untuk mencari harga termurah dari barang yang ingin mereka beli. Semakin murah harga yang kita berikan, maka akan semakin banyak pembeli yang tertarik dan ingin membeli produk kita.

Namun untuk lebih menarik minat calon konsumen, kita sebaiknya jangan langsung memberikan harga yang murah. Salah satu cara promosi jualan online yang cukup efektif adalah dengan memberikan potongan harga.

Sistemnya adalah dengan menaikkan harga produk kita jauh lebih mahal terlebih dahulu. Baru kemudian kita berikan potongan harga atau diskon. Strategi ini terbukti efektif dalam mendongkrak penjualan online.

Baca Juga: Cara Jualan Online untuk Pemula Tanpa Modal Bisa Jadi Peluang Usaha

Flash Sale

Membangun toko atau lapak online membutuhkan waktu hingga konsumen percaya dengan kita. Karena itu untuk langkah penting selanjutnya dalam mempromosikan produk adalah dengan menerapkan strategi flash sale.

Namun cara promosi jualan online ini lebih tepat Anda terapkan atau berlaku kalau toko online Anda sudah banyak pelanggannya. Karena dari balik produk yang kita jual akan ada brand yang menjadi salah satu pemikatnya.

Contohnya saja marketplace, mereka umumnya menyediakan program penjualan Flash Sale yang selalu menjadi momen yang sangat ditunggu oleh para pelanggannya.

Hal itu karena Flash Sale hanya menjual produk dalam waktu singkat dan dengan stok terbatas. Dengan banyaknya pelanggan yang selalu mengikuti produk kita, maka Flash Sale sangat efektif Anda terapkan karena mampu mendongkrak penjualan.

Free Ongkir

Strategi cara promosi jualan online lainnya yang juga efektif adalah dengan menerapkan layanan gratis biaya pengiriman alias Free Ongkir.

Bisnis atau jualan online akan selalu menggunakan jasa ekspedisi untuk pengiriman barangnya. Jadi saat pembeli berbelanja online, maka mereka akan menanggung ongkos pengiriman.

Dan tahukah Anda jika masalah biaya atau ongkos pengiriman barang sering menjadi beban bagi konsumen. Sehingga mereka harus berpikir dua kali dalam belanja. Konsumen lebih senang berbelanja pada lapak yang menyediakan layanan Free Ongkir.

Keunikan dari perilaku konsumen, banyak orang yang lebih rela untuk mengeluarkan biaya dengan memilih atau membeli barang dengan harga mahal ketimbang harus mengeluarkan biaya untuk ongkos kirim.

Untuk menyiasati perilaku konsumen semacam itu, maka kita bisa memberikan layanan gratis ongkos kirim ke berbagai daerah. Strategi ini amat jitu menarik minat pembeli. Banyak marketplace yang menerapkan strategi ini untuk menarik minat pelanggannya.

Baca Juga: Ingin Tahu Berjualan Online untuk Pemula Agar Cepat Laku? Ini Tipsnya

Cashback

Supaya lebih efektif untuk menarik minat pembeli, jangan lupa untuk mengadakan cashback dari produk yang Anda jual. Cara promosi jualan online semacam ini juga terbukti ampuh dalam mendongkrak penjualan.

Cashback merupakan kembalian yang kita berikan setelah konsumen membeli produk. Pada dasarnya strategi ini mirip dengan diskon namun pengembalian uang kita berikan agar pelanggan membeli produk lainya.

Cashback menjadi salah satu trik ampuh untuk menarik minat pembeli. Bahkan, program cashback banyak diterapkan dengan menyandingkan dengan program gratis ongkir.

Untuk menerapkan program ini Anda bisa mengetahui atau mempelajarinya dari berbagai marketplace besar.

Itulah berbagai strategi dan cara promosi jualan online yang bisa Anda terapkan untuk menarik minat calon pembeli. Banyaknya orang yang tertarik tentunya akan bisa mendongkrak penjualan produk-produk Anda. (R11/HR Online)

Editor: Jujang