Cara Ternak Ayam Bekisar untuk Usaha Sampingan yang Menghasilkan

cara ternak ayam bekisar
Begini cara ternak ayam bekisar untuk usaha. Foto: Ist/Net

Cara ternak ayam bekisar ternyata bukanlah hal yang mudah. Bentuknya yang khas dan suaranya yang unik justru membuat hewan unggas ini menjadi istimewa. Apalagi harga jualnya yang cukup tinggi sehingga potensial untuk usaha sampingan.

Ayam bekisar adalah jenis ayam yang memiliki ukuran lebih kecil dari ayam kampung jantan, tetapi lebih besar dari induk jantan. Ayan jenis ini memiliki warna bulu hitam kehijauan dan cenderung lebih mengkilap.

Suara yang keluar dari ayam bekisar cenderung halus dan ini termasuk salah satu ciri khasnya. Sedangkan harga jual ayam bekisar cenderung lebih tinggi ketimbang ayam kampung.

Meski tidak mudah cara ternak ayam bekisar namun tidak sedikit orang yang penasaran dan ingin berternak ayam tersebut. Itulah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang tertarik untuk melakukan usaha ternak ayam khas ini.

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Joper, Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Tahapan Cara Ternak Ayam Bekisar

Bagi Anda yang masih penasaran dan ingin berternak ayam bekisar, yuk simak ulasannya berikut ini. Untuk meningkatkan keberhasilan usaha ternak Anda ada baiknya Anda juga lebih mengenal jenis hewan unggas satu ini.

Memilih Bibit yang Baik

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk memelihara ayam bekisar adalah memilih bibit atau anakan yang unggul. Dalam hal ini Anda harus melakukan perkawinan dari dua indukan ayam bekisar yang berkualitas tinggi.

Ada bisa mencari ayam hutan jantan dengan ayam jenis lain. Perkawinan dari kedua ayam ini harus Anda lakukan pada musim kemarau. Tujuannya agar anakan ayam yang dihasilkan lebih berkualitas.

Mempersiapkan Kandang

Setelah memilih bibit yang baik, cara ternak ayam bekisar selanjutnya adalah mempersiapkan kandang. Pembuatan kandang yang khusus untuk ayam bekisar tidak jauh berbeda dengan kandang ayam lainnya, bahkan bisa sama bentuknya.

Namun ayam bekisar lebih menyukai kandang yang luas atau tidak sempit. Karena itu jika ingin mempersiapkan kandang ayam bekisar, sebaiknya buatlah kandang yang cukup luas. Tujuannya agar ayam leluasa bergerak dan terhindar dari stres.

Memberikan Pakan Ternak

Memberi pakan pada ayam termasuk cara ternak ayam bekisar yang wajib kita perhatikan. Pakan yang baik Anda berikan pada ayam ini adalah dedak halus dengan tambahan protein.

Pada saat memberikan pakan sebaiknya berikan tambahan br atau voer. Khususnya untuk ayam bekisar yang usianya masih kurang dari satu bulan. Ini penting Anda lakukan untuk menghindarkan stres pada ayam.

Baca Juga: Ternak Ayam Potong, Usaha Modal Kecil Untung Besar yang Menjanjikan

Perawatan Ayam Bekisar

Perawatan pada ayam adalah hal penting yang harus Anda lakukan. Selain menghindari stres, perawatan ini penting agar ayam yang kita ternak bertumbuh besar dan sehat. Perawatan meliputi membersihkan kandang ayam bekisar dan ruang gerak.

Selain itu perhatikan kebersihan pakannya jika ingin mendapatkan ayam bekisar yang memiliki bulu yang indah. Memperhatikan kualitas makanannya adalah hal utama yang harus Anda lakukan pada saat melakukan perawatan.

Dalam perawatan ini Anda juga perlu menjaga agar ayam jangan sampai stres. Sifat khas ayam hutan ini bisa menyebabkannya mudah mati. Selain menjaga kebersihan kandang, lingkungan sekitar juga harus Anda perhatikan.

Penjualan Hasil Panen

Cara ternak ayam bekisar yang terakhir adalah memetik hasil panen dan menjualnya. Salah satu cara yang meningkatkan keuntungan usaha ini yaitu dengan menjual ayam bekisar yang sudah kita ternak sejak lama.

Namun perlu Anda tahu bahwa harga jual ayam bekisar umumnya tidaklah sama. Oleh sebab itu, sebelum Anda berniat untuk menjualnya sebaiknya perhatikan terlebih dahulu mengenai tawaran harga yang ada.

Pada umunya indukan ayam bekisar ditawarkan dengan harga Rp 55.000 hingga Rp 80.000. Harga ini bisa berbeda tergantung kualitas ayamnya. Semakin besar, gemuk, dan sehat dari ayam yang ditawarkan tentunya semakin mahal juga harganya.

Namun jika ayam yang dijual kurang sehat dan tidak terlalu gemuk, harganya biasanya akan jatuh dan jauh lebih rendah. Karena itu pastikan kondisi ayam Anda cukup besar, sehat, dan layak dihargai dengan tinggi.

Demikianlah beberapa tahapan penting cara ternak ayam bekisar yang perlu kita perhatikan. Meskipun berternak hewan unggas ini tidak mudah, namun dengan pengalaman akan memberikan hasil yang lebih baik. Hasil penjualannya juga menguntungkan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang