Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita BisnisCara Ternak Cacing Sutra, Usaha Budidaya Pakan Alami yang Menguntungkan

Cara Ternak Cacing Sutra, Usaha Budidaya Pakan Alami yang Menguntungkan

Cara ternak cacing sutra bukan pekerjaan mudah. Sifat hewan ini yang cukup sensitif sering membuat budidaya gagal. Namun dari balik kesulitan itu berternak cacing sutra menyimpan potensi keuntungan sebagai lahan bisnis.

Cacing sutra (Tubifex sp) merupakan jenis cacing yang sangat penting bagi para peternak ikan. Jenis cacing ini merupakan pakan alami paling utama untuk anakan ikan yang masih larva atau kecil.

Selama ini banyak peternak ikan yang mengandalkan tangkapan alami untuk mendapatkan cacing sutra. Sedangkan suplai dari para peternak cacing ini masih sangat rendah. Inilah peluang bisnis yang sangat potensial.

Cacing sutra mengandung banyak nutrisi penting sebagai pakan alami untuk benih ikan. Kandungan itu seperti vitamin B12,  asam amino, mineral, dan asam lemak tak jenuh.

Selain untuk ikan, cacing sutra juga menjadi bahan campuran pakan yang berkualitas untuk ternak lainnya. Tidak heran jika banyak orang yang menjalankan usaha budidaya cacing sutra untuk mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Cara Ternak Cacing Tanah yang Mudah untuk Usaha Rumahan

Tahapan Penting Cara Ternak Cacing Sutra

Menjalankan budidaya jenis ini terbilang tidak mudah. Karena itu sangat penting memperhatikan setiap tahapan dalam berternak cacing sutra dengan ketat.

Namun jika Anda ingin membudidaya dengan cara yang praktis, berikut ini beberapa tahapan penting cara ternak cacing sutra yang perlu Anda perhatikan.

Memilih Benih

Memilih benih cacing sutra adalah cara pertama yang harus Anda lakukan untuk budidaya cacing premium ini. Pemilihan bibit cacing sutera dapat kita lakukan dengan membelinya melalui toko ikan hias atau pasar hewan mana saja.

Sedangkan cara lain, Anda bisa mencarinya langsung ke sawah tanpa harus membelinya. Namun ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan jika mengambilnya dari sawah. Setelah mengumpulkannya, Anda harus menyeleksi dan memilih benih yang berkualitas.

Setelah mendapatkannya, lalu simpan benih dalam wadah yang berisi air bersih dan diamkan selama dua hari.

Mempersiapkan Tempat

Langkah selanjutnya cara ternak cacing sutra adalah mempersiapkan tempatnya. Tempat untuk ternak cacing adalah dengan menggunakan media lumpur dan air.

Pembuatan wadah ternak ini dapat kita lakukan dengan cara menyiapkan wadah yang nantinya akan kita isi lumpur. Dalam memilih lumpur, sebaiknya pilih lumpur yang tidak memiliki kandungan logam. Sebab lumpur yang juga harus kita keringkan terlebih dahulu.

Menuangkan Air

Cara ternak cacing sutra yang selanjutnya adalah menuangkan air ke wadah atau tempat. Dalam hal ini, sediakan wadah yang bersih dan cukup besar. Kemudian tuangkan air bersih ke dalam wadah tersebut.

Pastikan Anda mempersiapkan selang agar air bersih selalu bisa mengalir melalui wadah. Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengalirkan air adalah dengan membentuk rak.

Letakkan wadah yang agak berlubang berisi air bersih pada rak paling atas. Kemudian letakkan wadah berisi air dan cacing sutera di bawahnya. Pastikan Anda membuat lubang kecil untuk sirkulasi air pada tempat ulat sutera.

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Joper, Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Penaburan Benih Cacing Sutra

Tahapan cara ternak cacing sutra selanjutnya adalah penaburan benih cacing sutra. Penaburan ini kita lakukan dengan menggunakan jaring ikan kecil. Namun pada saat menaburkan benih jangan gunakan tangan.

Ini adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan kegagalan pada budidaya cacing sutra. Jika akan menggunakan tangan sebaiknya gunakan sarung tangan plastik yang steril.

Pemberian Pakan

Setelah penaburan benih, memberi pakan pada cacing sutra adalah hal penting yang harus Anda lakukan. Pakan yang bisa Anda berikan antara lain seperti ampas tahu atau kotoran ayam yang difermentasi.

Merawat Cacing Sutra

Selain pemberian pakan, ini saatnya Anda harus merawat cacing sutra dengan baik. Tahapan cara ternak cacing sutra ini perlu kita lakukan dengan mempertahankan aliran air. Ini sangat penting untuk menjaga pertumbuhan cacing.

Pastikan air yang mengalir sekitar 0,01 liter per detik dengan ketinggian 10-15 cm. Selain itu, usahakan agar tempat budidaya tidak terkontaminasi oleh bahan kimia dari lingkungannya.

Masa Panen Ulat Sutra

Tahapan terakhir yang menyenangkan tentunya adalah masa panen. Setelah beberapa tahapan Anda lakukan, ini saatnya Anda bisa mendapatkan keuntungan dari panen budidaya cacing sutra.

Masa panen dilakukan dengan mempersiapkan kain berwarna gelap. Kemudian tutupkan kain tersebut pada wadah cacing sutra. Biarkan wadah tertutup selama 6 jam lalu kumpulkan cacing sutra menggunakan jaring ikan.

Itulah beberapa tahapan cara ternak cacing sutra yang perlu Anda perhatikan. Adanya tingkat kesulitan justru membuat peluang bisnis ini sangat menguntungkan karena masih minim persaingan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -