Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita BisnisCara Ternak Cacing Tanah yang Mudah untuk Usaha Rumahan

Cara Ternak Cacing Tanah yang Mudah untuk Usaha Rumahan

Cara ternak cacing tanah yang praktis bisa menjadi solusi untuk tambahan penghasilan. Selain mudah menjalankannya, pasar yang membutuhkannya ternyata lumayan beragam. Baik untuk suplemen atau herbal.

Dalam beberapa tahun terakhir ini usaha ternak hewan yang menjijikkan bagi sebagian orang ini ternyata sedang populer. Permintaan pasar terhadap hewan hermafrodit ini juga tak bisa dibilang kecil.

Karena itulah ternak cacing tanah menjadi salah satu usaha yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan keuntungan. Cacing tanah terkenal sebagai hewan yang merupakan sumber nutrisi bagi tubuh.

Hewan jenis ini memiliki banyak kandungan nutrisi. Seperti 78 hingga 79 gram per liter amino, zat besi dan kalsium serta konsentrasi tinggi vitanggi.

Sehingga dengan kandungan yang terdapat pada cacing tanah dapat digunakan sebagai suplemen nutrisi untuk program diet. Apalagi cacing ini juga memiliki kandungan lemak yang rendah.

Baca Juga: Usaha Ternak Bebek Petelur untuk Pemula yang Menjanjikan

Tahapan Penting Cara Ternak Cacing Tanah

Ada beberapa jenis cacing tanah yang potensial untuk usaha budidaya. Jenis itu seperti Pheretima, Perionyx, dan Lumbricus. Anda bisa memilih mana yang terbaik dan sesuai dengan lingkungan maupun tujuan Anda.

Oleh sebab itu menjalankan usaha dengan ternak jenis cacing ini merupakan solusi bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan. Berikut ini tahapan penting cara ternak cacing tanah untuk Anda yang ingin mencoba menjalankannya.

Membuat Kandang Cacing

Langkah pertama dalam menjalankan usaha budidaya cacing tanah yang pertama adalah membuat kandang. Yang perlu Anda siapkan adalah kandang yang berupa box kayu dengan ukuran 90 x 50 x 30 cm.

Jumlah box kandang ini bisa Anda sesuaikan dengan banyaknya cacing tanah yang ingin Anda ternakkan. Tinggal sesuaikan saja dengan ruangan yang ada agar kandang cukup dan mudah Anda kelola nantinya.

Penempatan kandang cacing tanah harus pada lokasi yang terlindung dari panasnya sinar matahari. Kandang yang Anda siapkan juga harus terbuat dari bahan-bahan yang tidak bisa tembus cahaya.

Mempersiapkan Bibit Cacing Tanah

Tahapan cara ternak cacing tanah selanjutnya adalah mempersiapkan bibit cacing. Anda dapat memilih bibit cacing tanah yang unggul dengan kualitas terbaik. Bibit ini bisa Anda dapatkan dengan membelinya ke peternak cacing yang sudah berpengalaman.

Keunggulan bibit cacing tanah sangat penting untuk usaha ternak ini. Selain agar cepat tumbuh, benih yang Anda beli dari peternak juga umumnya lebih mudah beradaptasi.

Sedangkan pengadaan jumlah bibit juga harus Anda sesuaikan dengan kapasitas tempat yang ada. Semakin besar tempat yang Anda buat untuk ternak cacing tanah, maka semakin banyak pula bibit cacing tanah yang dapat kita budidayakan.

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Joper, Usaha Rumahan yang Menguntungkan

Menyebarkan Benih Cacing Tanah ke Kandang

Menyebarkan benih ke kandang juga merupakan bagian penting dari cara ternak cacing tanah untuk bisnis. Penyebaran benih cacing harus Anda lakukan secara bertahap. Ini penting agar pertumbuhannya lebih optimal.

Tahap pertama penyebaran benih cacing dalam budidaya cacing tanah harus sedikit saja dan letakkan pada permukaan media. Setelah itu lihat apakah kandang tersebut cocok atau tidak.

Jika cocok, maka benih akan terlihat langsung masuk dan tidak ada yang berkeliaran atau keluar dari wadah. Baru setelah itu tambahkan atau masukkan benih cacing lainnya secara bertahap.

Selalu periksa dan monitor secara rutin setiap 3 jam sekali kondisi cacing ternak. Anda bisa mengganti wadah tersebut apabila benih cacing yang Anda sebar berkeliaran atau keluar dari wadah.

Mengganti wadah bisa Anda lakukan dengan menyiram tempat menggunakan air, lalu peras, dan buang airnya. Lakukan berulang kali hingga warna sari menjadi bening.

Setelah menabur benih cacing sebaiknya pastikan untuk memeriksanya setelah 12 jam. Hal ini untuk memastikan benih nyaman dengan media hidup yang telah Anda siapkan.

Perawatan Cacing Tanah

Setelah menabur benih, langkah selanjutnya cara ternak cacing tanah adalah melakukan perawatan. Perawatan pada cacing tanah tidak ribet. Anda hanya perlu memberikan makan setiap hari dan mengganti wadah jika sudah waktunya.

Untuk pakan cacing tanah, Anda bisa memberikan bahan organik, seperti kompos yang terbuat dari serasah daun kering. Sedangkan pupuk kandang yang baik terbuat dari kotoran sapi atau kerbau.

Masa Panen Cacing Tanah

Cara ternak cacing tanah yang terakhir adalah masa panen. Ini adalah hal yang selalu ditunggu para peternak. Untuk cara yang dapat Anda lakukan untuk memanen cacing yaitu dengan memberikan lampu pada permukaan media.

Dengan cara ini maka cacing akan naik ke permukaan dan berkumpul sehingga memudahkan Anda untuk mengambil dan memanennya.

Demikian beberapa langkah penting cara ternak cacing tanah untuk bisnis. Menjalankan budidaya hewan ini bisa menjadi usaha rumahan yang mudah, tidak membutuhkan modal besar, dan sangat menguntungkan. (R11/HR Online)

- Advertisment -