Cara Ternak Puyuh Petelur, Usaha Rumahan yang Cocok saat Pandemi

cara ternak puyuh petelur
Begini cara ternak puyuh petelur yang menguntungkan. Foto: Ist/Net

Ingin tahu cara ternak puyuh petelur yang menguntungkan? Besarnya kebutuhan pasar membuat usaha beternak puyuh petelur sangat potensial. Apalagi kandungan nutrisi telur ini juga besar dan harga jualnya juga cukup tinggi.

Saat ingin terjun dalam dunia bisnis tak jarang kita sering bingung dalam memilih usaha yang cocok. Membuka cafe atau rumah makan tentunya sudah terlalu banyak saingan. Apalagi makanan cepat basi sehingga harus cepat laku.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis tapi bingung memilih usaha yang cocok kenapa tidak berternak saja. Lebih spesifik ternak yang menghasilkan telur. Bukan ternak ayam atau bebek yang sudah banyak yang menjalankannya melainkan ternak puyuh.

Beternak burung puyuh mungkin juga sudah banyak. Apalagi jenis unggas ini juga cukup populer. Namun Anda bisa memilih jenis puyuh petelur untuk kita ambil hasil telurnya. Apalagi cara ternak puyuh petelur juga tidak terlalu sulit.

Potensi menjalankan bisnis telur puyuh bisa dikatakan sangat potensial. Permintaan pasar terhadap jenis telur in juga tak kalah besarnya daripada telur ayam atau bebek. Apalagi kandungan nutrisinya juga tak kalah dengan jenis telur lainnya.

Baca Juga: Cara Ternak Ayam Bekisar untuk Usaha Sampingan yang Menghasilkan

Langkah Mudah Cara Ternak Puyuh Petelur

Usaha beternak burung puyuh mungkin sudah tidak asing dan banyak orang yang melakukannya. Memelihara jenis burung puyuh juga tak berbeda jauh dengan beternak ayam atau bebek.

Nah, untuk Anda yang tertarik untuk terjun dalam usaha ini, berikut beberapa tahapan cara ternak puyuh petelur yang sebaiknya Anda perhatikan.

Lokasi Budidaya

Saat Anda sudah yakin untuk memilih dan menjalankan bisnis puyuh petelur, maka tahap awal yang harus Anda lakukan adalah dengan memastikan lokasi ternak jauh dari ancaman hama dan mangsa.

Hal ini penting menjadi pertimbangan awal yang harus Anda lakukan. Tentunya ini demi suksesnya usaha Anda dan menghindari kerugian yang bakal terjadi akibat dari beberapa ancaman tersebut.

Jauhkan lokasi ternak dari ancaman hama flu burung dan pemangsa, seperti tikus, garangan, serta biawak. Selain itu, pilih lokasi yang memiliki sirkulasi udara bersih, dekat sumber air bersih, jauh keramaian, dan strategis tempatnya.

Pilih Indukan Berkualitas

Saat akan memasuki tahap beternak, Anda terlebih dahulu juga harus memastikan kalau bibit atau anak puyuh yang Anda ternak mempunyai kualitas yang bagus alias unggul.

Pada tahap ini juga bagian cara ternak puyuh petelur yang sangat penting. Untuk itu pastikan kualitas puyuh tersebut. Hal itu untuk menghindari kerugian yang terjadi akibat dari asal pilih jenis puyuh.

Sedangkan untuk ciri-ciri burung puyuh yang unggul, pilih puyuh yang memiliki badan sedang, tidak terlalu gemuk atau kurus. Pilih juga yang mempunyai warna bulu cerah, lincah gesit aktif, dan tidak ada kecacatan,

Anakan puyuh yang berkualitas juga berasal dari indukan yang berkualitas pula. Dengan memastikan ciri tersebut, maka usaha ternak Anda akan bisa berjalan sesuai harapan.

Baca Juga: Cara Ternak Cacing Sutra, Usaha Budidaya Pakan Alami yang Menguntungkan

Perawatan Burung Puyuh

Setelah bibit sudah Anda dapatkan, maka cara ternak puyuh petelur selanjutnya adalah melakukan perawatan burung puyuh. Untuk menjaga kesehatan burung tersebut, kita perlu memberikan perawatan dan pengontrolan kesehatan mereka.

Langkah pertama yang penting Anda lakukan saat bibit datang adalah memberikan vaksinasi kepada burung. Ini penting untuk menjaga kesehatan puyuh selama kita pelihara.

Selain itu jaga kebersihan kandang burung secara rutin. Jangan lupa, untuk melakukan tindakan pencegahan penyakit yang bisa menyerang burung puyuh. Saat ada burung yang sakit, lakukan tindakan pencegahan dengan memberikan suplemen ternak.

Pakan Burung Puyuh

Tahapan cara ternak puyuh petelur yang tak kalah penting adalah memberikan pakan. Untuk menunjang keberhasilan usaha ternak puyuh, berikan burung dengan ransum yang berkualitas pula.

Pemberian pakan seperti ini bisa Anda dapatkan dengan membelinya maupun dengan membuat pakan sendiri. Namun agar efektif buat variasi pakan antara pakan jadi dan buatan sendiri.

Kalau ingin lebih variatif, Anda juga bisa mencampurkan bahan seperti roti, mie, atau tepung ikan sebagai pakan buatan. Beberapa makanan campuran tersebut bisa memberikan efek mempercepat reproduksi burung puyuh.

Masa Panen

Tahapan usaha ternak puyuh yang selalu menjadi dambaan para peternak adalah saat panen. Yang menarik dari ternak ini adalah hasil produksi telur yang bisa berlangsung setiap hari khususnya saat burung memasuki masa produksi.

Itulah beberapa tahapan penting cara ternak puyuh petelur untuk pemula. Seperti halnya pada jenis usaha ternak lainnya, mengantisipasi kendala dan serangan penyakit merupakan hal penting yang mesti Anda siapkan. (R11/HR Online)

Editor: Jujang