Cemilan untuk Ibu Menyusui yang Menyehatkan dan Baik Bagi Bayi

cemilan untuk ibu menyusui
Ragam cemilan untuk ibu menyusui. Foto: Ist/Net

Mengonsumsi cemilan untuk ibu menyusui tentunya perlu selektif dan tak asal makan. Namun bunda tak perlu khawatir dengan efek sampingnya. Karena ada banyak jenis cemilan sehat yang bisa bunda konsumsi.

Memang terkadang sehabis menyusui bunda sering merasa lapar, namun enggan untuk makan. Karena itulah solusinya adalah dengan makan camilan, terutama untuk mengganjal perut.

Namun tak jarang muncul kekhawatiran banyak ibu yang sedang menyusui untuk mengonsumsi cemilan. Hal ini cukup beralasan, sebab pada 6 bulan pertama kehidupan bayi, ASI menjadi satu-satunya sumber makanan bagi si kecil.

Itulah sebabnya mengapa bunda harus berhati-hati dalam memilih makanannya. Terutama dari camilan yang tidak sehat karena secara tidak langsung akan berpengaruh dan menjadi makanan bagi si kecil.

Daftar 7 Cemilan untuk Ibu Menyusui yang Terbaik

Nah, berikut ini jenis cemilan untuk ibu menyusui yang bisa bunda pilih. Makanan ringan ini tak hanya mengenyangkan, namun juga sehat, bernutrisi, dan bisa melancarkan ASI. Sehingga akan baik pula untuk bayi Anda.

Greek Yoghurt dan Granola

Bunda suka makan yoghurt? Jika iya, bunda bisa mengonsumsi greek yoghurt sebagai cemilan sehat untuk ibu menyusui. Sebab, yoghurt mengandung banyak nutrisi penting seperti protein dan probiotik alami.

Semua nutrisi tersebut sangat berguna untuk ibu menyusui. Untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya, sebaiknya bunda mengonsumsi greek yoghurt dengan menambahkan potongan buah segar.

Bunda juga bisa menambahkan granola sebanyak kurang lebih seperempat cangkir. Namun sebaiknya pilih granola yang bebas gluten agar menjadi makanan yang menyehatkan.

Irisan Pir dan Selai Kacang

Cemilan untuk ibu menyusui berikutnya yang menyehatkan dan cocok yaitu potongan buah pir dan selai kacang. Penyajiannya cukup mudah. Bunda hanya perlu mencuci buah pir dan memotongnya sesuai selera. Kemudian tambahkan dengan selai kacang.

Buah pir dan selai kacang mengandung nutrisi sehat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, yaitu vitamin, mineral, serta protein. Jika tidak menyukai selai kacang, bunda bisa menggantinya dengan keju.

Dengan mengonsumsi cemilan ini, kebutuhan kalsium, protein, dan vitamin B yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan bunda.

Granola Bar

Pilihan lainnya jenis cemilan untuk ibu menyusui adalah granola bar. Selain membuat cepat kenyang dan mudah mengonsumsinya, granola bar juga mengandung gandum murni yang sangat penting untuk Anda yang sedang menyusui.

Perlu bunda tahu bahwa gandum kaya akan karbohidrat yang sangat dibutuhkan agar jantung tetap sehat dan proses produksi ASI bunda lebih lancar.

Cemilan sehat ini sangat cocok untuk bunda konsumsi saat menyusui. Tapi untuk mencegah efek samping, pastikan bunda hanya mengonsumsi granola bar yang rendah gula.

Popcorn

Makanan ringan bernama pop corn ini cukup populer sebagai camilan yang biasa kita konsumsi saat menonton bioskop. Namun ternyata ibu hamil juga cocok untuk mengonsumsinya.

Kandungan utama dari pop corn tersebut adalah jagung sehingga cocok sebagai cemilan untuk ibu menyusui. Karena terbuat dari jagung, kandungan serat pop corn tergolong tinggi sehingga memberikan efek kenyang yang cukup lama bagi bunda.

Agar kalori tetap terjaga, pastikan bunda tidak menambahkan terlalu banyak bahan tambahan seperti gula, mentega, karamel, perasa, dan yang lainnya. Sebab, semua bahan-bahan tambahan tersebut justru mengurangi manfaat sehat dari pop corn.

Dark Chocolate dan Raspberry

Cemilan sehat untuk ibu menyusui lainnya yang juga cocok yaitu dark chocolate. Bunda yang lagi dalam masa menyusui bisa mengonsumsinya karena kandungan antioksidanya yang efektif dalam menangkal efek radikal bebas perusak sel tubuh.

Untuk semakin mengoptimalkan manfaatnya, bunda bisa mengonsumsi dark chocolate dengan raspberry. Selain kesegarannya, raspberry merah juga memiliki sifat anti-inflamasi dan kaya kandungan vitamin C yang sangat penting untuk ibu yang sedang menyusui.

Edamame

Edamame termasuk jenis kacang-kacangan yang juga cocok sebagai cemilan untuk ibu menyusui. Sebab makanan ini kaya akan protein, serat, serta vitamin K. Jika rajin mengonsumsinya, tentu  kesehatan bunda akan lebih terjaga.

Saat ini edamame mudah kita temukan karena sudah banyak dijual dalam berbagai olahan dan kemasan. Dengan begitu tentu bunda tidak akan kesulitan dalam menemukan makanan ringan yang satu ini.

Itulah beberapa pilihan terbaik dan menyehatkan jenis cemilan untuk ibu menyusui. Anda bisa memvariasikannya agar tidak bosan. Mengonsumsi makanan ringan terbaik tentunya penting untuk tumbuh kembang balita Anda. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara