Ciptakan Gerakan Bumbung Pajak, Kabupaten Ciamis Terus Tingkatkan Partisipasi Bayar PBB-P2

gerakan bumbung pajak
Kepala BPKD Ciamis saat menandatangani SPPT PBB-P2. Foto: Eli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- BPKD Kabupaten Ciamis menyebut gerakan bumbung pajak PBB-P2 merupakan salah satu inovasi dan kreasi yang baik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat membayar kewajiban kepada negara.

Kepala BPKD Ciamis, Kurniawan, mengatakan, seluruh camat dan kepala desa berperan penting dalam menggerakkan masyarakat untuk membayar pajak dengan cara yang inovatif ini.

Meski peresmian kampung sadar pajak berlangsung di Kawali, kata ia, namun semua itu berlaku untuk desa dan kecamatan yang ada di Ciamis.

“Melalui gerakan bumbung pajak ini sangat harapannya kesadaran masyarakat dalam menunaikan kewajibannya kepada negara meningkat. Apalagi ini untuk mendukung APBD Ciamis,” kata Kurniawan, Kamis (18/2/2021).

Untuk pendistribusian SPPT PBB-P2, lanjutnya, nantinya kepala desa dan BPD yang akan berpartisipasi langsung mengumpulkannya.

Gerakan bumbung pajak ini, lanjutnya, tidak lepas dari peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan menuntut transparansi serta akuntabilitas BPKD sebagai dinas yang mengelola keuangan daerah.

“Keterbukaan penggunaan anggaran daerah melalui informasi penyelenggara teknis yang mengelola keuangan daerah bisa menjadi motivasi tiap desa untuk melakukan pelunasa PBB,” katanya.

Baca juga: Meski Pandemi, Kesadaran Bayar Pajak di Ciamis Cukup Tinggi

APBD Ciamis Berkurang

Kurniawan menambahkan, di masa pandemi covid-19 ini APBD Ciamis berkurang hingga Rp 600 miliar.

Bahkan, di tahun 2021 ini juga sudah ada informasi adanya refocusing lanjutan. Sehingga akan terjadi penurunan.

Kendati demikian, pihaknya akan terus mendukung pemerintah dengan memberikan pelayanan terbaiknya.

“Dengan PBB sendiri menunjukan bagaimana partisipasi itu terwujud, meski realisasi tahun 2020 tercapai namun nilainya berkurang sekitar Rp 1,4 miliar,” ujarnya.

Untuk tahun 2021, pihaknya menargetkan Rp 24,5 miliar. SPPT yang dilaunching sekitar 1 persen dari PAD.

Kemudahan Bayar Pajak

Demi lancarnya pembayaran PBB-P2, BPKD terus melakukan berbagai upaya agar masyarakat semakin mudah dalam membayarnya selain melalui bank.

Saat ini, pihaknya sudah berkolaborasi dengan Bukalapak, Indomaret, Alfamart, Shopee, serta 11 Bumdes yang siap melayani warga.

“Sekarang semakin mudah. Tinggal masuk dulu ke aplikasi SIJAGO melalui HP Android, lalu melakukan pembayaran ke tempat yang sudah kerjasama tadi,” ucapnya.

Guna memotivasi hal ini, pihaknya juga memberikan kesempatan desa yang  bisa melunasi PBB dalam waktu 1×24 jam akan mendapatkan reward yang nantinya akan diberikan oleh Bupati Ciamis berupa motor.

“Makanya segera bayar PBB-P2 dengan tepat waktu, jangan melebihi bulan Agustus tahun 2021 agar tidak terkena denda. Semoga gerakan bumbung pajak ini bisa lebih memudahnya semuanya,” pungkasnya. (Es/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid