Ciri Jaringan Parenkim Menjadi Pembeda dengan Jaringan yang Lainnya

Ciri Jaringan Parenkim Menjadi Pembeda dengan Jaringan yang Lainnya
Ilustrasi Ciri Jaringan Parenkim. Foto: Ist/Net

Ciri jaringan parenkim ada banyak. Karakteristik inilah yang akan membantu anda untuk membedakan dan juga memahami jaringan parenkim dan jaringan yang lainnya.

Jaringan parenkim sendiri terletak pada tumbuhan bagian akar, mesofil, korteks batang, jaringan fotosintesis, endosperm biji, dan juga daging daun.

Jaringan parenkim adalah kumpulan sel-sel hidup dengan struktur yang bervariasi, baik struktur morfologi maupun fisiologi. Bahkan juga tetap melakukan proses fisiologi untuk membentuk sebuah jaringan. Umumnya sifat jaringan ini sama, meski terdapat variasi pada fisiologi dan morfologinya.

Penyebab hal tersebut karena adanya asosiasi antara sel-sel parenkim yang meluas dan menjadikan jaringan ini termasuk dalam jaringan heterogen. Selain itu, parenkim juga termasuk dalam jaringan dasar karena terdapat jaringan lain.

Baca Juga: Ciri Jaringan Ikat, Sel Penyusun dan Fungsi Umum dalam Tubuh Kita

Kenali Ciri Jaringan Parenkim

Jaringan yang bisa kita temui dalam tumbuhan tentunya mempunyai karakteristik. Sebagai jaringan dasar, berikut ini ciri jaringan parenkim yang bisa menambah wawasan dan pengetahuan untuk anda.

Ciri jaringan parenkim yang pertama adalah mempunyai dinding sel tipis dan di dalamnya juga terdapat leluosa yang lentur ketika mengalami proses penebalan. Akan mempunyai lignin ketika organ sudah tua.

Kemudian ciri jaringan parenkim yang selanjutnya adalah dinding yang sudah menebal biasanya memiliki plasmodesmata yang berguna untuk membantu kelancaran pertukaran zat. Dalam jaringan parenkim sendiri ternyata mempunyai sel-sel yang masih hidup.

Tahukah anda bahwa diantara sel-sel tersebut terdapat ruang antar sel (intercellular spaces) yang berperan dalam pertukaran atau peredaran gas-gas. Sel tersebut umumnya mempunyai bentuk segi banyak atau biasanya disebut berbentuk segi enam.

Untuk bagian tengahnya, terdapat ciri jaringan parenkim sentra vakuola besar. Vakuola tersebut berisi zat-zat makanan cadangan. Kemudian ada juga protoplasma yang dalamnya terdapat plastida, baik leukoplas, kromoplas, dan juga kloroplas.

Bentuk Serta Susunan Parenkim

Bentuk memanjang dan silindris terdapat pada parenkim palisade mesofil dan dikotil. Jenis bercabang salah satu contohnya seperti parenkim binatang atau aktinenkim pada mesofil daun Canna sp dan Juncus sp.

Adanya ruang antar sel yang besar seperti parenkim udara dan parenkim alat pengapung tumbuhan air (Eichorni Crassiper). Bentuk tidak teratur dengan banyak ruang terdapat pada mesofil daun. Parenkim spons atau bisa juga terdapat pada parenkim bunga karang.

Sedangkan bentuk dinding yang melekuk-lekuk ke arah dalam, berupa parenkim lipatan. Contohnya adalah daun pinus merkusii, dan oryza.

Beberapa bentuk juga termasuk dalam ciri jaringan parenkim. Nantinya akan membantu anda membedakan bentuk dan susunan yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga: Ciri Jaringan Kolenkim pada Tumbuhan dan Jenisnya

Jaringan Parenkim Berdasarkan Bentuk

Bentuk palisade merupakan daerah fotosintesis pokok. Selain itu, terdapat pula organ-organ yang membujur tepat berada di bawah membran epidermis. Hal tersebut karena banyak terdapat klorofil daripada membran yang lainnya.

Bunga karang adalah susunan organ yang tidak sistematis, terdapat banyak lubang udara dan letaknya terdapat dalam membran tiang. Bintang, yakni sebuah bentuk jaringan parenkim yang mempunyai lima sisi sama seperti bintang.

Lipatan suatu parenkim yang akan anda temui pada tanaman pinus dan padi. Bentuk ini juga mempunyai bentuk ganda ke arah dalam dan banyak terdapat kloroplas.

Bentuk yang terakhir adalah parenkim pengangkut. Semua jenis akan membawa serta mempunyai organ pengubah dengan bentuk membujur berdasarkan arah pengantarnya.

Parenkim Berdasarkan Fungsi

Jenis asimilasi adalah parenkim yang dapat menciptakan unsur atau elemen makanan. Dengan ciri yang khas, jenis jaringan parenkim ini berguna bagi tumbuhan yang berasal dari fotosintesis pada daun.

Penimbun juga menjadi salah satu jenis parenkim berdasarkan fungsinya. Parenkim yang satu ini merupakan suatu organ yang berisi cadangan makanan dengan tatanan yang berbeda. Misalnya senyawa dalam vakuola dan unsur atau elemen beku yang terdapat dalam sitoplasma.

Jenis air tentunya dalam organ ini berisi air. Anda akan menemui jaringan ini pada tumbuhan yang hidup di area kering seperti tumbuhan epifit dan tumbuhan sukulen.

Selain air, terdapat juga parenkim udara yang merupakan membran berisi udara. Hal tersebut karena mempunyai ruang antar organ yang berukuran besar.

Tahukah anda bahwa jenis parenkim berdasarkan fungsi dan bentuknya tersebut juga akan membantu anda dalam mengetahui ciri jaringan parenkim itu apa saja. Dengan begitu, nantinya anda akan bisa membedakan mana jaringan parenkim dengan jaringan lainnya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang