Ciri Orang Kreatif dan Positif Menurut Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana

Ciri Orang Kreatif dan Positif
Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana berbicara mengenai ciri orang kreatif dan positif. Foto: Ist

Berita Nasional (Harapanrakyat.com),- Ciri orang kreatif dan positif itu selalu menerima situasi dan kondisi apapun termasuk dari dampak pandemi Covid-19. Sebaliknya, orang yang berpikir negatif dan sempit hanya akan berpandangan buruk malah akan semakin terpuruk.

Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menyampaikan hal tersebut saat Sharing Komunikasi dan Motivasi saat Bincang Sociopreneur membahas peran sociopreneur dan inovasi bisnis untuk membangkitkan ekonomi saat pandemi. Kegiatan ini digelar secara virtual, Senin (15/2/2021) di TuguMalangID.

Dalam kegiatan ini turut mendampingi CEO PT Paragon Technology and Innovation Ir Salman Subakat. Pemandu kegiatan ini adalah wartawan senior dan pengurus PWI Pusat Nucholis MA Basyari.

Menurut Dr Aqua, untuk menjadi orang sociopreneur harus memiliki ciri kreatif dan positif. Selalu melihat situasi dengan perspektif positif. Dr Aqua pun selalu ingat terhadap ajaran agama bahwa segala urusan harus diserahkan pada ahlinya.  

Setiap orang harus bisa menunjukan potensinya agar bermanfaat untuk banyak orang. Sebaik-baiknya manusia yang memberikan manfaat untuk banyak orang.

Dr Aqua menyatakan ciri pebisnis paling utama adalah orang yang selalu berpikir kreatif dan positif.

“Saya orang Padang yang katanya ‘Pandai Berdagang’. Saya seorang entrepreneur tapi berbicara bisnis kembali pada individu itu sendiri. Semua orang bisa menjadi entrepreneur asal mau belajar,” ujar Dr Aqua.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, banyak perusahaan gulung tikar dan masyarakat yang terdemotivasi juga frustasi.

“Pada kondisi saat ini orang banyak membutuhkan motivasi. Selama 16 tahun jadi motivator, saya melihat saat pandemi ini menjadi lahan luar biasa untuk berbagi. Terutama memberikan motivasi untuk banyak orang,” katanya.

Baca Juga: Dr Aqua Dwipayana Gelar Bincang Sociopreneur Bahas Inovasi Bisnis

Menurutnya, menjadi sosok entrepreneur harus terus belajar. Tetap pada ciri orang kreatif yakni berpikir positif.  Harus mendengar, membaca dan menerima masukan dari siapapun.

“Pesan saya kepada kalangan milenial agar bisa meluangkan waktu untuk membaca buku. Milenial harus mampu mengembangkan diri masing-masing. Paling penting kuncinya adalah komunikasi,” katanya.

Selain ciri orang kreatif dengan berpikir positif, yang tidak kalah penting adalah 3K. Yakni, Kredibilitas, Komitmen dan Konsisten. 3K ini merupakan hal mendasar.

“Jangan berpikir buruk atau menjelek-jelekan yang lain. Kita yakin ingin maju. Ciri orang mau maju adalah banyak menyimak, menerima saran dan masukan, serta solusi,” ucapnya.  

Ciri Orang Kreatif, Berpikir Positif dan Rumus 4 ‘as’

Selain itu, Dr Aqua menyampaikan dalam bekerja, setiap orang harus berpatokan pada rumus 4 ‘as’. Yakni ikhlas, kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas. Dalam bekerja dan beraktivitas, serahkan semuanya kepada tuhan yang mahakuasa. Bekerja dengan efektif dan efisien.

Terakhir, pesan Dr Aqua jangan takut berjalan lambat akan tetapi takut apabila hanya berdiam berdiri. Orang sukses dalam bisis akan selalu bergerak. “Jadilah orang baik untuk semua orang, ramah dengan siapa saja supaya mendapat kebaikan dan kesuksesan,” pungkasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang