Curug Cinulang Cicalengka, Pesona Air Terjun Kembar Kota Bandung

Curug Cinulang Cicalengka
Curug Cinulang Cicalengka. Foto: Ist/Net

Curug Cinulang Cicalengka merupakan salah satu wisata air terjun dengan sejuta pesona. Destinasi wisata ini berlokasi ini di Desa Sindulang. Curug Cinulang adalah salah satu air terjun yang sangat populer di Jawa Barat.

Meskipun masih dikelola secara tradisional, akan tetapi kawasan ini selalu ramai pengunjung, baik wisatawan Sunda ataupun dari luar kota. Bahkan keindahan Curug Cinulang tergambar dalam sebuah lagu yang diciptakan oleh penyanyi Sunda bernama Darso. 

Tidak hanya mempunyai 1 air terjun saja, akan tetapi kawasan ini memiliki dua air terjun yang berdampingan. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari air terjun Cinulang selain keindahan alamnya yang sangat mempesona.

Keindahan dan Daya Tarik Curug Cinulang Cicalengka

Air terjun Cinulang dapat menjadi salah satu destinasi wisata Bandung yang cukup direkomendasikan. Bagi anda yang sedang berencana untuk berlibur ke kota Bandung, maka Curug Cinulang dapat menjadi pilihan yang tepat.

Dengan berlibur ke wisata alam, tentu dapat menjadi alternatif penghilang penat bagi anda yang telah disibukkan dengan beragam aktivitas.

Baca Juga: Kebun Teh Cipasung, Pesona Wisata Alam Lereng Gunung Cakrabuana

Wisata air terjun ini berada pada perbatasan antara Sumedang dan Bandung. Maka anda tidak perlu khawatir, destinasi ini sangat mudah untuk anda jangkau karena lokasinya tidak jauh dari pusat kota.

Destinasi wisata alam Jawa Barat ini menyajikan keindahan serta pesona sangat luar biasa. Suasana hati yang jenuh serta bosan akan terobati dengan berkunjung ke air terjun Cinulang bersama orang-orang tersayang.

Pesona Curug Cinulang Cicalengka Jawa Barat

Curug Cinulang atau populer dengan sebutan air terjun Cinulang sebagai salah satu ikon wilayah Bandung Timur. Banyak wisatawan yang datang ke kawasan wisata ini untuk sekedar berfoto atau menikmati keindahan alam yang unik dan berbeda dari destinasi wisata lainnya.

Pesona dan daya tarik Curug Cinulang Cicalengka memang mengenai pemandangan alam sekitar. Air terjun Cinulang memberikan daya tarik serta pengalaman yang berbeda bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Sebagian besar dari wisatawan menganggap bahwa air terjun ini sangat romantis. Dengan udara sejuk serta suara alam yang sangat merdu, menjadikannya sebagai wisata alam yang tenang dan menyenangkan.

Ketika menikmati suasana air terjun Cicalengka, maka anda akan memperoleh pengalaman spiritual yang sangat mengesankan. Hal unik dan menarik dari wisata ini adalah air terjun yang mempunyai dua jalur dengan aliran cukup deras.

Baca Juga: Tebing Citatah Padalarang, Pesona Tebing Kapur Siap Menguji Adrenalin

Ketinggian masing-masing air terjun mencapai hingga 30 meter. Hal inilah yang menciptakan suara dari air terjun menjadi sangat sejuk. Bahkan pada waktu tertentu, anda akan mendapati suara dari gemuruh air terjun yang terdengar mulai dari pintu masuk.

Air terjun mengalir melalui celah bebatuan dan menuju ke sungai yang berada di bawahnya. Selain itu, pada bagian bawah air terjun terdapat kolam yang airnya berasal dari Curug Cinulang.

Airnya sangat jernih dan segar, dasar kolam tersebut berupa batuan alam dengan bentuk beraneka ragam. Selain dapat bermain dan berenang, anda juga bisa berfoto pada bebatuan kolam dengan latar air terjun.

Lokasi Curug Cinulang Cicalengka

Destinasi wisata ini berada di Kecamatan Sindulang, Kabupaten Bandung Timur, tepat berbatasan dengan Kabupaten Sumedang. Maka tidak jarang curug ini sering memperoleh julukan dengan Curug Sindulang. Air terjun ini berada pada lereng pegunungan serta masih dalam wilayah Gunung Masigit, yakni Taman Bulu.

Baca Juga: Sentul Paradise Park, Nikmati Keindahan dan Keseruan Air Terjun Bidadari

Untuk dapat menuju ke kawasan ini telah tersedia jalan yang mudah untuk anda lalui. Lokasi Curug tidak jauh dari jalan utama, sehingga sangat memudahkan akses para pengunjung.

Harga Tiket Masuk Curug Cinulang Cicalengka

Untuk dapat menikmati keindahan destinasi wisata ini, para pengunjung perlu bayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Karena masih dikelola secara tradisional, maka tarif masuknya pun sangat terjangkau.

Selain itu, pengunjung juga akan memperoleh karcis sebagai tanda masuk objek wisata. Air terjun Cinulang buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Seperti air terjun pada umumnya, Curug Cinulang Cicalengka mempunyai hawa sejuk dan air yang sangat dingin. Maka bagi anda yang tak tahan terhadap hawa dingin, baiknya tak mencoba untuk renang pada air terjun ini. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang