Curug Cipinaha di Tasikmalaya, Obat Stres di Masa Pandemi Covid-19

Curug Cipinaha di Tasikmalaya, Obat Stres di Masa Pandemi Covid-19
Objek wisata air terjun atau Curug Cipinaha yang berada di Desa Malatisuka, Kecamatan Gunungtanjung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Objek wisata air terjun atau Curug Cipinaha yang berada di Desa Malatisuka, Kecamatan Gunungtanjung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kini jadi buruan wisatawan.

Pasalnya, curug tersebut memiliki pemandangan yang indah dan masih alami. Para wisatawan baik lokal atau luar daerah Tasikmalaya yang pernah berkunjung, juga beranggapan bahwa suasana alamnya bisa menjadi obat stres kala pandemi Covid-19.

Selain itu, dengan lokasi yang berada di pegunungan itu bisa menyehatkan. Sebab, jika ingin sampai ke tempat lokasi Curug Cipinaha, harus olahraga jalan kaki, yang tentunya bisa meningkatkan imun tubuh, sembari menikmati alam yang udaranya sejuk.

Kepala Desa Malatisuka, Asep Yosep Hermawan, mengatakan, wisata air terjun Cipinaha ini, setiap akhir pekan selalu banyak pengunjungnya.

Karena, Curug Cipinaha tersebut enak buat berenang, dengan airnya yang masih asli dan dingin.

“Akan tetapi, buat kalian para wisatawan yang hendak ke curug ini, harus membawa makanan dari rumah. Karena di tempat tersebut tidak ada yang jualan makanan,” katanya kepada HR Online, Minggu (7/2/2021).

Selain bisa merasakan sensasi air yang dingin, lanjut Asep, para wisatawan juga bisa memanfaatkan pemandangan yang keren untuk melakukan swafoto.

Akan tetapi, Asep mengimbau kepada para pengunjung yang akan berenang harus lebih hati-hati. Karena selain banyak bebatuan, lokasi sekitar Curug Cipinaha juga sangat licin.

“Sebaiknya ketika berenang harus bertanya-tanya kepada pengelola curug. Agar diberi arahan ketika hendak berenang di curug ini,” ucapnya.

Pasalnya, tempat berenangnya ada 3 tahap. Ada yang kedalaman dangkal sampai kedalamannya bermeter-meter.

“Sementara masuk ke sini tidak bayar alias gratis. Hanya bayar parkir motor saja itupun seikhlasnya,” ujarnya.

Pengunjung Curug Cipinaha Tasikmalaya Wajib Terapkan Prokes

Lebih lanjut Asep Yosep mengatakan, meski berada di pegunungan, namun pihak pengelola tetap melaksanakan dan memberi imbauan protokol kesehatan (prokes) kepada seluruh pengunjung.

“Pengelola dan pengunjung wajib melaksanakan 5M, agar semuanya terhindar dari penularan Covid-19,” katanya.

Meski saat ini Curug Cipinaha mulai ramai, namun dalam jumlah pengunjung mengalami penurunan ketimbang sebelum wabah Covid-19 melanda.

“Tingkat kunjung saat ini menurun hingga 65 persen, jika dibandingkan dengan hari sebelum adanya aturan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya,” pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Mang Oni, mengaku memilih berwisata ke air terjun atau curug di masa pandemi ini, karena selain menikmati alam yang masih segar dan asri, juga bisa sambil berolahraga.

Menurutnya, dengan olahraga bisa meningkatkan imun tubuh sekaligus mengobati stres, yang sangat penting masa pandemi agar bisa bertahan dari virus Corona.

“Jadi kalau wisata ke Curug Cipinaha itu bagus untuk menjaga sistem imun tubuh. Karena ketika untuk menuju curug, kan harus jalan kaki, jadi itu namanya olahraga,” singkatnya. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto