Danau Telaga Biru Cicerem Kuningan, Telaga Sebening Kaca yang Eksotis

Danau Telaga Biru Cicerem
Danau Telaga Biru Cicerem. Foto: Ist/Net

Danau Telaga Biru Cicerem saat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang cukup viral di kota Kuningan. Danau Cicerem adalah sebuah danau alami dengan air yang sangat jernih.

Bahkan kejernihan danau ini membuat apa yang ada di dalamnya seperti bebatuan dan ikan nampak secara jelas dari permukaan.

Danau ini terletak di Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Meskipun berada di wilayah administratif kota Kuningan, akan tetapi keberadaan Telaga Biru Cicerem lebih dekat dengan kota Cirebon.

Destinasi Wisata Danau Telaga Biru Cicerem

Kuningan merupakan salah satu kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Barat. Memiliki jarak yang cukup jauh dari kota Bandung yakni kurang lebih 247,7 km.

Meskipun demikian, kota ini menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat seru dan menyenangkan. Beragam destinasi wisata menarik Kota Kuningan wajib anda kunjungi.

Baca Juga: Goa Buniayu Sukabumi, Nikmati Keindahan Perut Bumi yang Eksotis

Salah satunya adalah Telaga Biru Cicerem. Wisata alam ini mendadak populer di berbagai media sosial. Pasalnya, Danau Cicerem menyuguhkan panorama yang tidak biasa.

Kejernihan airnya berwarna biru, seperti kaca. Sehingga para pengunjung dapat menyaksikan ikan beraneka ragam warna yang hilir mudik dan memanjakan mata.

Tidak heran, telaga ini memperoleh julukan Blue Lake dari Kuningan. Maka destinasi wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghilangkan penat setelah beraktivitas di akhir pekan.

Asal Mula dan Fakta Menarik Danau Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem atau yang lebih populer dengan Situ Cicerem adalah sebuah telaga alami yang terletak persis di bawah kaki Gunung Ceremai.

Dengan airnya yang jernih serta banyak pohon-pohon rindang, menjadikan area ini sangat cocok sebagai tujuan berlibur bersama keluarga.

Asal mula telaga biru ini berkaitan dengan sejarah asal muasal terbentuknya Desa Kaduela. Dahulu kala terdapat seorang pemuka agama dari Kasepuhan Cirebon yang menyebarkan agama Islam di desa tersebut.

Dalam menyebarkan agama Islam tersebut, sering melakukan pertemuan dengan para warga sekitar danau. Saat itu danau Telaga Biru Cicerem masih berupa mata air berukuran sangat kecil. Hingga suatu hari, sesepuh desa memutuskan untuk memperluas situ menjadi sumber mata air.

Terlepas dari asal muasal Telaga Biru Cicerem tersebut, kawasan wisata ini menawarkan keindahan serta kejernihan telaga yang sangat menawan. Sehingga banyak wisatawan yang tertarik dan penasaran ingin berkunjung secara langsung ke danau ini.

Danau Telaga Biru Cicerem dibuka sejak tahun 2020 lalu. Telaga ini berada pada ketinggian 315 mdpl dengan suhu kurang lebih 20 derajat Celcius.

Danau Cicerem memiliki kedalaman kurang lebih 5 meter yang ditumbuhi dengan berbagai tumbuhan air berwarna hijau serta mempunyai kontur berbatu.

Baca Juga: Taman Bunga Nusantara Cianjur, Hadir dengan Konsep Unik dan Edukatif

Terdapat beraneka ragam jenis ikan yang menjadi penghuni dari telaga ini. Meskipun terdapat beragam ikan, tidak membuat air dari danau ini berbau amis serta keruh.

Pepohonan yang berada sekitar danau pun turut andil dalam menjadikan telaga biru mempunyai panorama yang mengagumkan dan juga sangat menenangkan.

Aktivitas Menarik dan Harga Tiket Danau Telaga Biru Cicerem

Banyak pengunjung yang telah datang ke kawasan wisata ini. Kebanyakan dari pengunjung adalah para muda-mudi yang memiliki hobi menjelajah alam. Selain untuk menikmati pesona dari telaga biru, tidak sedikit dari mereka yang datang untuk hunting foto.

Kawasan wisata ini memiliki beberapa spot foto yang menarik dan kekinian, sangat cocok bagi anda yang gemar berswafoto. Meskipun terdapat berbagai jenis ikan di telaga biru ini, masyarakat ataupun pengunjung tidak diperbolehkan melakukan aktifitas memancing.

Dengan demikian, para pengunjung dapat menikmati momen berkumpulnya kawanan ikan serta mengabadikannya dalam sebuah gambar atau foto.

Para pengunjung dapat duduk pada bebatuan besar sembari menunggu ikan-ikan berkumpul dan menyerbu makanan yang pengunjung sebarkan.

Baca Juga: Paralayang Bukit Gantole Puncak, Nikmati Sensasi Terbang di Atas Bukit 

Pengunjung juga seringkali turut berenang atau berendam pada pinggiran danau. Menariknya lagi, para pengunjung dapat menggunakan pelampung berbentuk kasur sehingga merasakan sensasi tidur di atas air sembari menikmati sejuknya telaga.

Untuk menikmati keindahan dan keseruan Danau Telaga Biru Cicerem, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Hanya dengan biaya masuk Rp. 5000, anda dapat menikmati keindahan telaga biru Kuningan secara lebih puas. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang