Dekorasi Ruang Belajar Anak Perkara yang Harus Menjadi Pokok Pikiran

Dekorasi Ruang Belajar Anak Perkara yang Harus Menjadi Pokok Pikiran
Dekorasi Ruang Belajar Anak. Foto: Ist/Net

Dekorasi ruang belajar anak akan berpengaruh terhadap semangat dan gairah anak untuk betah ketika belajar. Seperti orang dewasa juga, ketika belajar pun anak-anak membutuhkan konsentrasi. Apalagi ketika pelaksanaan ujian seperti PAS atau UAS yang semakin dekat.

Orang tua kerap kali merasa pusing terhadap anak-anaknya tidak mau belajar, karena ruang belajarnya tidak memiliki desain yang tidak nyaman dan menarik.

Selain itu, ruangannya juga tidak kondusif serta mumpuni. Tak hanya gayanya yang ciamik, tetapi juga area yang dapat mendukung imajinasi mereka untuk berekreasi atau berkarya.

Rekomendasi Dekorasi Ruang Belajar Anak yang Bisa Anda Contoh

Anak-anak adalah aset berharga yang harus selalu kita jaga. Harapan buat kedepannya, nasib anak itu harus lebih baik daripada orang tua. Dengan begitu, anda sebagai orangtua harus menyekolahkan anak guna agar masa depannya lebih cerah dan gemilang.

Baca Juga: Keramik Ruang Tamu Elegan Memberi Kesan Indah Nan Megah Interior

Dekor Style Skandinavia

Memang akhir-akhir ini marak dengan tren gaya yang meniru luar negeri. Tak lain dan tak bukan adalah Skandinavia. Tak hanya cocok untuk desain interior hunian anda, tetapi juga cocok untuk dekor ruang belajar anak anda.

Bagaimana cara mewujudkannya? Anda cukup mengganti warna cat pada ruangan tersebut dengan warna netral. Bisa hitam atau putih. Pilihlah meja belajar yang minimalis yang pastinya selaras dengan gaya Skandinavia.

Nah, untuk yang selanjutnya, anda bisa menambahkan rak buku atau alat tulis di atas meja tersebut. Menambahkan satu bingkai foto pada bagian dinding. Namun ketika anda ingin desain tersebut lebih menonjol, selaraskan juga tempat tidurnya dengan warna-warna yang mendukung.

Gaya Monokrom

Mungkin anak-anak akan tertarik ketika melihat warna-warna yang colorful. Meskipun begitu, desain monokrom tak kalah menariknya. Dekorasi ruang belajar anak yang satu ini juga menjadi solusi agar anak tidak mudah ngantuk.

Anda bisa menggunakan cat warna putih dan juga menambahkan elemen seperti lukisan kartun atau animasi lainnya. Selain lukisan, anda juga bisa menggunakan lampu yang berbentuk bintang tentunya dengan warna hitam putih.

Baca Juga: Ruang Tamu Ala Cafe Membuat Anda dan Para Tamu Serasa Nongki

Dekorasi yang Colorful

Pilihan dekorasi ruang belajar anak yang cerah bak istana pelangi tentunya akan menambah semangat belajar anak anda. Perlu anda ketahui, untuk menciptakan desain yang satu ini, anda tidak perlu mengecat semua ruangan dengan warna yang berbeda-beda.

Cukup berikan ornamen yang cerah-cerah saja seperti keranjang kayu yang memang memiliki desain cerah. Jangan lupa juga untuk penggunaan kursi bergaya modern.

Bila perlu, anda juga bisa menambahkan stiker papan tulis pada salah satu bagian dinding. Stiker tersebut berfungsi untuk mencatat jadwal atau informasi mengenai tugas-tugasnya.

Dekorasi Ruangan Retro

Pilihan dekorasi vintage memang tidak akan membuat anda ketinggalan zaman. Dengan dekorasi yang seperti ini, juga akan membantu anda menghemat biaya. Pasalnya, untuk untuk menciptakan dekorasi ruang belajar anak, anda tak perlu mengeluarkan budget yang besar.

Karena cukup menggunakan furniture yang bekas dan masih bagus. Nah, guna menciptakan kesan yang lebih modern, tambahkan wallpaper untuk area sekitar meja dan rak untuk menyimpan barang-barang.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Makan Mewah Membuat Betah dengan yang Tersayang

Tambahkan juga karpet yang berwarna cerah dan khas. Selain karpet untuk tirai jendela, alangkah lebih baiknya juga mempunyai desain yang tak jauh berbeda. Tambahkan juga hasil karya yang telah dibuat anak anda pada bagian dinding tepatnya atas meja.

Dekorasi dengan Meja yang Panjang

Inspirasi dekorasi ruang belajar anak yang satu ini sangatlah menarik. Cocok untuk anda yang mempunyai anak kembar atau anak-anak yang umurnya berdekatan. Caranya anda cukup menyiapkan meja belajar anak yang memiliki ukuran panjang yang sekiranya cukup untuk dua orang.

Tutupilah bagian sisi meja dengan papan yang mempunyai bentuk seperti atap rumah. Dengan cara ini, anak-anak juga akan lebih fokus dalam belajar maupun berkarya. Tambahkan juga pencahayaan pada bagian atas meja agar belajarnya menjadi aman dan tidak terganggu.

Nah, untuk anda para orangtua, jangan sampai konsentrasi belajar dan nilai anak anda menurun hanya karena hal sepele, ruang belajarnya yang tak nyaman dan mumpuni. Anda bisa menggunakan beberapa inspirasi dekorasi ruang belajar anak tersebut. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang