Desain Dapur Rustic Model Dulu yang Selalu Akan Membuat Rindu

Desain Dapur Rustic Model Dulu yang Baru Selalu Akan Membuat Rindu
Desain Dapur Rustic. Foto: Ist/Net

Desain dapur rustic akhir-akhir ini ramai karena menjadi pilihan untuk kaum ibu-ibu yang tinggal di kota. Ia ingin menghadirkan dapur yang memiliki unsur pedesaan dalam huniannya.

Bukan tidak mungkin lagi. Pasalnya, mungkin dengan menggunakan dan memadukan desain yang mewah itu juga akan menumbuhkan rasa bosan.

Gaya rustic sendiri, tak kalah nyamannya dengan desain-desain yang sekarang. Model ini terlalu menonjolkan alat dan bahan yang terbuat dari kayu.

Bahkan warnanya juga tidak menarik, hanya abu-abu, coklat, dan beberapa jenis warna lainnya. Akan tetapi, nanti nyamannya akan melebihi gaya-gaya dapur modern.

Perpaduan Desain Dapur Rustic yang Bisa Anda Coba

Hanya dengan menghadirkan desain dapur rustic dalam hunian kita, maka suasana pedesaan akan membersamai kita ketika sedang memasak.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Belajar Anak Perkara yang Harus Menjadi Pokok Pikiran

Lalu bagaimana memadukan dengan desain interior rumah? Jangan khawatir, apapun desain interiornya, gaya rustic tetap bisa tampil inspiratif.

Gaya Pedesaan yang Vintage

Pada dasarnya, bahan kayulah yang akan menjadi dominan dari desain dapur rustic. Namun, untuk anda yang memiliki desain interior vintage, masih ingin menghadirkan rustic juga menyelaraskannya, tenang jangan risau.

Anda bisa mengganti bahan material kayu dengan bahan Laminasi. Dengan begini, warna dan tekstur yang akan muncul pun juga berbeda karena lebih orisinil. Tanpa perlu menghilangkan kehangatan dan kegunaan kayu.

Untuk bagian furniture dan perabot lainnya, anda juga bisa menggunakan pemilihan warna yang selaras. Tak lupa juga dengan warna ubin. Buatlah selaras agar lebih harmonis kesan rustic vintage dapur anda.

Desain Pedesaan yang Menghangatkan

Selain desain dapur rustic yang nyaman, kita juga perlu suasana yang hangat saat melakukan aktivitas pada ruangan ini. Nah, dengan kita menggunakan bahan kayu yang memiliki warna kecoklatan, sudah akan mengundang kehangatan dengan sendirinya.

Untuk menyeimbangkan hal tersebut, anda juga bisa melapisi bagian dinding dengan menggunakan unsur kayu pula. Jangan enggan untuk memadukan dengan warna ubin yang netral. Sudah pasti suasana dapur anda tidak akan membosankan meski menggunakan elemen kayu yang lebih dominan.

Kesan unik bisa anda berikan menggunakan penyedot asap yang mempunyai lis ukir dengan bentuk lonceng tepat berada di atas kompor.

Bagian pintu oven, anda bisa menggunakan warna abu-abu. Atau paduan dengan warna solid dan coklat gelap agar hasilnya lebih seimbang bahkan tampak sempurna.

Baca Juga: Cara Menata Ruang TV Lesehan Mengajak Berkreasi Bersama Keluarga

Dapur Pedesaan yang Otentik

Dengan menggunakan desain dapur rustic yang seperti ini, akan membuat kita lebih hemat dan simple pula untuk mengaplikasikannya. Pasalnya, untuk bagian dinding hanya akan tampil dengan ekspos aslinya, tanpa adanya lapisan warna cat apapun alias asli batu bata.

Meja terbuat dari kayu, dan rak untuk menyimpan perabotan juga terbuat dari kayu. Untuk pintu, bisa menggunakan warna hijau, namun tetap menggunakan bahan kayu.

Dalam model ini, anda bisa memiliki ruang untuk menyimpan peralatan dapur lainnya pada meja bagian bawah kompor dan menutupinya dengan kain putih.

Desain Perpaduan dengan Ubin yang Berwarna

Jangan pernah takut atau khawatir untuk memberikan ubin yang berwarna pada desain dapur rustic anda. Hal tersebut tidak akan memberikan kesan yang jelek, melainkan menakjubkan.

Hanya perlu anda ingat, untuk memberikan warna pada bagian ubin, alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan furniture dengan kayu warna coklat cerah. Warna si ubin pun juga akan lebih baik dengan warna hijau. Agar lebih serasi lagi, bagian backsplash juga berikan warna hijau.

Backsplash Cat Plastik

Memberikan backsplash yang berupa cat plastik itu bukanlah sesuatu yang mustahil. Karena dengan begitu, dapat membantu kita dalam membersihkannya. Tenang, meskipun demikian, akan ada desain dapur rustic dalam ruangan tersebut.

Baca Juga: Dekorasi Ruang Makan Ala Cafe Mempesona dan Mudah untuk Dicoba

Jangan lupa untuk memunculkan furniture dari bahan kayu yang akan lebih menonjolkan rustic. Baik meja, kursi, rak untuk menyimpan peralatan dapur, atau perlengkapan yang lainnya. Jangan lupa untuk memberikan cahaya lampu yang mendukung dengan adanya cat plastik tersebut.

Beberapa desain dapur rustic tersebut bisa anda gunakan untuk mengobati rasa bosan ketika masak. Selain mengingat kenangan, tetapi juga akan muncul rasa nyaman. (R10/HR-Online)

Editor: Dadang