Di Kabupaten Ciamis, PPKM Mikro Diperpanjang Sampai 8 Maret 2021

Di Kabupaten Ciamis, PPKM Mikro Diperpanjang Sampai 8 Maret 2021
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya saat mengumumkan PPKM Mikro di Kabupaten Ciamis kembali diperpanjang. Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali memperpanjang PPKM Mikro, dari tanggal 22 Februari sampai 8 Maret 2021.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyampaikan hal tersebut saat memimpin rakor virtual bersama SKPD, dan para Camat se Kabupaten Ciamis, Senin (22/2/2021).

Herdiat menyatakan, pihaknya kembali memperpanjang PPKM Mikro kembali sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

“Maka dari itu kami minta SKPD dan para Camat agar menerapkan secara ketat protokol kesehatan,” ujar Herdiat.

Selain mensosialisasikan tentang prokes kepada masyarakat, Bupati juga mengimbau pimpinan SKPD dan ASN lainnya agar memberikan contoh baik kepada masyarakat soal penerapan prokes.

“PPKM Mikro ini kita perpanjang sesuai instruksi Mendagri No. 4 Tahun 2021,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Herdiat menyampaikan jika tahun 2021 ini refocusing anggaran harus tetap dilakukan, dengan pertimbangan bahwa penanganan covid-19 untuk keselamatan dan kesehatan masyarakat.

“Instruksi Menteri Keuangan tentang refocusing 8% harus kita laksanakan, baik dari itu DAU atau DAK termasuk juga untuk dana desa,” jelas Herdiat.

Pihaknya pun meminta kepada kepala SKPD dan para Camat agar memberikan  pembinaan, penyuluhan kepada Kepala Desa soal instruksi Menteri Keuangan tersebut.

“Harapannya, anggaran Dana Desa itu bisa Pemdes gunakan sesuai aturan dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Dengan adanya refocusing anggaran tersebut, Herdiat berharap para Kepala Desa agar memahami dan menyadari tentang situasi dan kondisi yang saat ini terjadi.

Sementara itu, pelaksanaan PPKM mikro di Kabupaten Ciamis berjalan seperti biasa. Sejumlah petugas gabungan di tiap daerah rutin menggelar operasi kedisiplinan prokes kepada masyarakat. (Jujang/R8/HR Online)

Editor: Jujang