Diburu Anjing Petani, Babi Hutan Perusak Palawija di Ciamis Tertangkap

Babi Hutan di Ciamis
Babi hutan perusak tanaman palawija di Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, berhasil ditangkap. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Babi hutan dari pegunungan Cicanar Tonggoh, perusak tanaman palawija milik petani di Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, yang diburu dengan anjing kampung berhasil ditangkap, Kamis (25/02/2021). 

Omang ,warga setempat mengatakan, babi hutan dari pegunungan Cicanar tersebut setelah diburu oleh beberapa ekor anjing, akhirnya berhasil ditangkap oleh Roni, pemilik anjing. 

“Babi tersebut memang ukurannya tidak begitu besar, sehingga Roni menangkapnya cukup dengan kedua tangannya,” ujar Omang, Kamis (25/02/2021).

Lanjut Omang, wilayah pegunungan Cicanar Tonggoh merupakan habitat babi hutan. Sehingga tanaman palawija milik petani selalu habis digasak babi. 

“Saking banyaknya babi dari pegunungan Cicanar sering masuk ke wilayah pemukiman penduduk dan kerap meresahkan warga,” katanya. 

Turunnya babi hutan ke wilayah pemukiman penduduk, kata Omang, diduga lantaran populasinya banyak. Selain itu, ketersediaan pakan juga kurang. 

“Meski hanya satu ekor yang berhasil ditangkap, setidaknya setelah diburu dengan beberapa ekor anjing, babi hutan langsung kembali ke habitatnya,” tambanya . 

Omang berharap setelah diburu, kawanan babi hutan dari pegunungan Cicanar Ciamis tersebut pindah ke wilayah lain.

“Semoga saja babinya jadi pindah, agar tanaman palawija milik petani terhindar dari serangan hama babi,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Editor: Ndu