Sabtu, Januari 29, 2022
BerandaBerita TerbaruDrama Korea Tentang Depresi yang Bikin Anda Berempati, Cek Daftarnya!

Drama Korea Tentang Depresi yang Bikin Anda Berempati, Cek Daftarnya!

Drama Korea tentang depresi menjadi salah satu tema yang seringkali diangkat. Memang, jika berbicara mengenai drama Korea selalu saja tak pernah habis.

Selain sebagai hiburan, drama yang mengangkat tentang suatu penyakit atau pasien dengan gangguan mental pun bisa saja menjadi hal yang mengedukasi para penontonnya.

Plot-plot yang tersaji secara tidak langsung mampu mengubah perspektif penonton untuk memandang para penderita gangguan mental.

Rekomendasi Drama Korea Tentang Depresi

Masalah kesehatan mental memang kerap menjadi isu sensitif yang ada di Korea Selatan. Hal ini terungkap dari data yang menyebutkan jika Korea Selatan merupakan negara dengan posisi teratas kasus tingginya bunuh diri. Namun, permasalahan tersebut seringkali diusung dalam sebuah drakor (drama Korea).

Tak sedikit dari drakor yang relatif menekankan untuk peduli atas kesehatan mental dalam membantu komunitas untuk dapat lebih memahami permasalahan tersebut. Kemudian, juga memberikan gambaran mengenai solusi yang diperlukan untuk pemulihan.

Baca Juga: Drama Korea Dark Hole Dibintangi Lee Joon Hyuk, Tayang di OCN

Drakor dengan tema seperti ini seringkali mengungkap bagaimana pemeran karakter dapat sembuh dari penyakit tertentu. Lalu pada gilirannya, akan memberikan kesembuhan untuk para penontonnya.

Hal inilah yang menjadikan tema drama Korea tentang depresi layak dan wajib anda tonton. Berikut ini beberapa judul drama yang bisa anda tonton dengan mengusung tema masalah illness.

It’s Okay to Not Be Okay

Drama yang tayang pada tahun 2020 ini menghadirkan Kim Soo Hyun yang memerankan karakter Moon Gang Tae, yakni seorang perawat rumah sakit jiwa.

Lalu, juga menghadirkan Go Moon Young (Seo Ye Ji) adalah seorang penulis buku untuk anak sekaligus penderita kesehatan mental yang anti sosial.

Dalam drama ini, Gang Tae mempunyai kakak yang bernama Moon Sang Tae (Oh Jung Se). Ia adalah penderita gangguan spektrum ASD (autisme atau autism spectrum disorder).

Kekuatan yang mereka peroleh dari bersandar satu dengan yang lain, berguna untuk memahami dan menangani masalah masing-masing.

Kill Me, Heal Me

Jalan kisah yang drama Korea tentang depresi ini adalah berhubungan dengan dissociative identity disorder. Tokoh Cha Do Hyun tak hanya mempunyai dua kepribadian, akan tetapi dengan tujuh sisi yang berbeda dalam dirinya.

Salah satunya adalah Ahn Yo Na, seorang gadis 17 tahun yang begitu menyukai pria tampan. Ia akan hadir saat Cha Do Hyun mengalami tekanan mental atau berbagai kesulitan dan harus menanggungnya secara sembunyi-sembunyi.

It’s Okay, That’s Love

Drama ini merupakan jenis kisah drama yang menyinggung kesehatan mental paling baik. It’s Okay, That’s Love telah tayang tahun 2014 dan meraih banyak sekali piala penghargaan dalam berbagai ajang perfilman Korea Selatan.

Baca Juga: Drama Korea Patah Hati yang Kisahnya Paling Miris dan Menyayat Hati

Dalam drama ini memberikan penonton gambaran berbagai penyakit kejiwaan. Mulai dari OCD atau obsesif kompulsif, sex phobia, skizofrenia, sindrom Tourette, depresi, delusi, dan juga trauma.

My Mister

Drama Korea tentang depresi selanjutnya adalah My Mister atau populer dengan judul My Ajusshi. Menampilkan pemeran papan atas seperti IU (Lee Ji An) serta Lee Sun Kyun (Park Dong Hoon). Tayang melalui tvN tahun 2018 dan menceritakan mengenai depresi yang melanda Lee Ji An.

Ia gadis yang berupaya untuk bertahan hidup dan juga sering mengalami hal sulit dalam hidupnya. Lee Ji An adalah seorang gadis muda 20 tahun yang berhadapan dengan masalah hutang terhadap rentenir yang besar.

Bahkan, rentenir tersebut tak segan-segan memukulnya saat tak bisa membayar hutang. Ji An selalu melalui kemalangan dalam sepanjang hidupnya.

Dalam drama Korea tentang depresi ini, ia hampir kehilangan seluruh keluarganya dan tak mampu untuk merawat neneknya yang tengah sakit.

Dalam drama ini, Ji An memerankan karakter gadis depresi dan tidak menemukan kebahagiaan dalam hidupnya. Ia memandang hidup dengan sudut negatif. Bahkan, ia menjalani kehidupan dengan tak ada seorangpun yang bisa membuatnya tersenyum.

Lalu, ia bertemu Park Dong Hoon (Lee Sun Kyun). I adalah pria 40 tahun yang istrinya berselingkuh dengan karyawan senior dalam kantornya. Dalam drama Korea tentang depresi ini menghadirkan sisi depresi yang lebih berat, realistis, dan jujur. Tentu menarik untuk disaksikan. (R10/HR-Online)

Editor: Ndu

- Advertisment -