Efek Samping Suntik Botox yang Bisa Terjadi pada Tubuh Anda

Efek Samping Suntik Botox yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Anda
Ilustrasi efek samping suntik botox Foto: Ist/Net

Efek samping suntik botox akan baik jika dosisnya tepat serta dilakukan oleh dokter yang sudah berpengalaman. Suntik botox sendiri telah lama dimanfaatkan dalam dunia kecantikan sebagai pengencang kulit dan juga menghilangkan kerutan.

Apabila anda tertarik dengan penggunaannya, sebelum melakukannya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu keamanan serta efek sampingnya.

Ketahui Efek Samping Suntik Botox pada Tubuh

Walaupun aman, akan tetapi botox juga bisa menimbulkan beberapa efek samping. Seperti:

Pada lokasi suntikan, akan terasa nyeri, bengkak, atau bahkan bisa memar. Akan merasakan sakit kepala. Bisa juga mengalami demam.

Efek samping botox selanjutnya yakni kedinginan. Bukan hanya itu saja, melainkan kelopak mata turun atau alis miring. Bibir tampak miring dan bisa juga keluar air liur. Terakhir, mata akan terasa kering atau keluar air mata secara berlebihan.

Baca Juga : Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Otak dan Darah

Hal yang Harus Anda Perhatikan

Jika anda penasaran dan ingin melakukan perawatan tersebut, selain adanya efek samping suntik botox, ada pula hal-hal yang harus anda perhatikan. Contohnya seperti:

Dalam hal biaya yang bisa dibilang cukup mahal. Untuk hasil tidak permanen. Terlebih dahulu, anda harus mencari dokter yang mempunyai kompetensi untuk melakukan prosedur ini.

Dengan begitu, anda bisa mengetahui jenis serta merk botox yang akan anda gunakan nantinya. Mengecek alat suntik dan juga vial botox yang akan anda gunakan nanti masih dalam keadaan baru serta masih tersegel.

Mengetahui apa saja efek dari melakukan suntik botox. Bukan hanya itu saja, suntik botox juga tidak boleh anda lakukan saat anda sedang mengalami keadaan promil, sedang masa hamil, atau tengah menyusui.

Ada pembengkakan atau infeksi kulit pada area sekitar yang akan dilakukan suntik botox. Mempunyai gangguan otot. Misalnya lemah otot atau kelumpuhan. Terdapat juga alergi terhadap botox. Dilarang juga bagi anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu.

Ketika anda melakukan suntik botox, selama beberapa waktu selanjutnya anda bisa menghindari berkendara maupun beraktivitas apapun itu yang memerlukan penglihatan dan juga konsentrasi.

Dalam waktu 3 hari setelah melakukan perawatan kecantikan metode ini, anda harus menghindari memijat atau menggosok wajah, berolahraga yang berat-berat, berjemur, atau melakukan sauna.

Baca Juga : Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Apabila anda mengalami efek samping suntik botox setelah melakukannya, seperti sulit berbicara, susah menelan, sesak napas, kelopak mata turun, atau adanya gangguan penglihatan, segera anda periksakan diri ke dokter.

Manfaat Dari Suntik Botox

Biasanya, suntik botox terkenal sebagai perawatan kecantikan. Terutama untuk perawatan anti penuaan. Botox juga mempunyai banyak manfaat pada bidang kesehatan.

Bidang Kecantikan

Dalam dunia kecantikan, terdapat manfaat yang harus anda ketahui selain efek samping suntik botox. Salah satunya untuk mengurangi atau menghilangkan garis halus serta juga kerutan yang berada di sudut luar mata, antara alis, dan dahi.

Memperbaiki atau membentuk penampilan wajah. Bahkan bisa juga mengatasi rambut yang tipis, bercabang, dan rusak.

Dalam Bidang Kesehatan

Suntik botox bisa anda manfaatkan untuk mengobati keadaan berikut ini:

Pada kandung kemih yang terlalu aktif. Terjadinya sia urine terhadap orang dewasa. Bisa membantu untuk orang sakit kepala pada penderita migrain kronis.

Baca Juga : Manfaat Daun Pecah Beling Untuk Kesehatan Tubuh

Adanya otot kaku pada bagian siku, pergelangan tangan, serta kaki. Lalu juga jari kaki serta tangan. Nyeri leher dan juga posisi kepala yang tidak normal pada penderita distosia serviks.

Tidak hanya efek, suntik botox juga bisa mengobati masalah pada mata. Contohnya seperti mata juling dan blefarospasme. Hiperhidrosis (keringat yang berlebihan) terutama pada bagian ketiak. Terakhir bisa juga mengobati gangguan saraf tertentu, antara lain cerebral palsy.

Cara Kerja Suntik Botox

Botox sendiri bekerja dengan cara yang memblokir aktivitas saraf dan juga otot, maka otot akan mengalami lemah serta lumpuh hanya untuk sementara waktu.

Hal ini yang bisa membuat keriput atau kerutan yang ada pada kulit sekitar tempat penyuntikan akan mengalami pengurangan atau bahkan hilang.

Seiring berjalannya waktu otot akan berkontraksi kembali dan kerutan pada kulit bisa muncul lagi. Walaupun begitu, kerutan yang timbul tidak separah sebelumnya karena otot akan mengerut setelah lama mengalami lumpuh.

Untuk dosis sendiri pemberian botox dan juga bagian kulit yang perlu anda suntik sesuai dengan kondisi kesehatan serta respons tubuh anda terhadap obat.

Efek samping suntik botox umumnya baru akan anda rasakan beberapa hari setelah obat yang dokter suntikkan dan juga bertahan kurang lebih selama 3 sampai 6 bulan. (R10/HR-Online)

Editor : Eva Latifah