Fakta Menarik Kucing Siam, Benarkah Ras Tertua di Dunia?

Fakta menarik kucing Siam yang selama ini dianggap sebagai ras tertua di dunia. Foto: Net/Ist.
Fakta menarik kucing Siam yang selama ini dianggap sebagai ras tertua di dunia. Foto: Net/Ist.

Fakta menarik kucing Siam yang selama ini dianggap sebagai ras tertua di dunia. Pecinta kucing pastinya sudah tahu mengenai ras kucing ini. Siamese cat atau kucing Siam memiliki bulu tubuh berwarna silver-grey,  hidung berwarna gelap, serta ekspresi wajahnya yang menggemaskan.

Jika kamu ingin memeliharanya, tidak ada salahnya kenali dulu fakta-fakta menarik yang dimiliki kucing Siam. Berikut ini ulasannya mengenai Siamese cat yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Ketahui 6 Fakta Menarik Kucing Siam

Diyakini Sudah Ada Sejak Abad 14

Sesuai dengan namanya, kucing tersebut berasal dari Siam yang sekarang terkenalnya sebagai negara Thailand. Memang belum ada buktinya secara otentik mengenai asal-usul ras kucing ini. Termasuk kapan manusia mulai memeliharanya.

Tetapi, kucing Siam ini muncul pertama kalinya dalam penggambaran pada manuskrip kuno negara Thailand sejak abad 14. Apabila informasi tersebut benar adanya, itu berarti Siam menjadi kucing ras paling tua di dunia.

Baca Juga : Kucing Suka Masuk Kardus, Jangan Heran, Ini Alasan Ilmiahnya

Sudah Jadi Primadona Sejak Abad 18

Fakta menarik kucing Siam berikutnya adalah, kucing ras ini sudah menjadi primadona sejak abad 18. Thailand satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tak pernah menjadi wilayah jajahan.

Selain itu, sejak abad 18 Thailand juga sudah mampu menjalin hubungan baik dengan wilayah-wilayah luar. Hal inilah yang menjadikan kucing Siam begitu populer di negara luar Thailand.

Bahkan, istri dari presiden Amerika Serikat yang menjabat tahun 1877-1881, yaitu Rutherford Hayes, juga memelihara kucing Siam.

Pernah Gagalkan Upaya Mata-Mata

Ternyata kucing Siam juga pernah menggagalkan adanya upaya yang memata-matai Kedutaan Besar Belanda. Kejadiannya tahun 1960, yang mana Kedubes Belanda di Moskow mendadak heboh oleh keberadaan dua kucing Siam.

Baca Juga : Kucing Suka Menggigit Kaki Manusia, Ternyata Ini Alasannya

Kedua kucing tersebut terlihat gelisah dan tingkahnya tidak seperti hari-hari biasanya. Pada malam hari kala itu, kedua kucing Siam itu terbangun dari tidurnya, kemudian mencakar-cakar dinding. Mereka seolah mendengar sesuatu.

Karena tingkah kedua kucing tersebut terlihat janggal, maka sang pemilik pun memutuskan untuk membongkar dinding. Pemiliknya terkejut karena menemukan 30 buah mikrofon kecil.

Pasalnya, keberadaan mikrofon kecil itu digunakan sebagai alat untuk memata-matai dirinya. Hal ini pun menjadi salah satu fakta menarik kucing Siam.

Suhu Memengaruhi Warna Bulunya

Jika kita perhatikan secara saksama, bulu pada bagian ujung kaki dan wajah, serta telinga kucing Siam terlihat warnanya lebih gelap ketimbang bulu yang ada pada tubuhnya.

Hal itu bisa terjadi lantaran enzim yang membentuk warna bulu sensitif terhadap suhu. Warna bulunya itu akan berubah saat usia kucing Siam sudah menginjak beberapa minggu.

Baca Juga : Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara yang Unik dan Bersahabat

Makanan Favorit Kucing Siam

Makanan favorit juga termasuk fakta menarik dari kucing Siam. Ada treatment khusus untuk ras kucing yang satu ini. Hal itu karena mereka sangat menyukai daging kalkun dan ayam rebus.

Selain unggas, kuciang Siam juga menyukai makan ikan salmon. Tiga jenis makanan tersebut bisa membuat kucing pemilik wajah gelap itu makan dengan lahap.

Pernah Bermain Film

Tahun 1993, sebuah film keluarga dengan judul Homeward Bound: The Incredible Journey dirilis. Film ini mengisahkan persahabatan tiga binatang, yaitu anjing bernama Chance dan Shadow, serta seekor kucing Siam yang bernama Sassy.

Persahabatan ketiga binatang tersebut bermula saat sang pemiliknya mengabaikan, tidak merawat peliharaannya itu dengan baik.

Kemudian Chance, Shadow, dan Sassy memutuskan keluar dari rumah pemiliknya, dan mereka pun memulai petualangannya.

Itulah beberapa fakta menarik kucing Siam yang dianggap sebagai ras tertua. Jika kamu ingin memeliharanya, jangan lupa perhatikan makanan kesukaannya. (Eva/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah