Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruFormat Kartu SD di HP Mudah dan Aman, Simak Ulasannya Secara Rinci

Format Kartu SD di HP Mudah dan Aman, Simak Ulasannya Secara Rinci

Format kartu SD di HP dapat anda lakukan dengan beberapa cara. Apabila anda mendapati memori internal Android anda sudah tidak berfungsi, hal ini tentunya dapat mempengaruhi kinerja dari smartphone.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kartu SD tidak berfungsi, salah satunya adalah error atau sudah corrupted. Penyebab kerusakan pada kartu SD atau microSD bisa oleh adanya virus, sehingga membuatnya tidak dapat diakses.

Oleh karena itu, salah satu solusinya adalah dengan melakukan format pada kartu SD tersebut. Bagi anda yang belum memahami bagaimana cara memformat microSD yang tidak berfungsi, berikut ini akan ulasan secara lebih rinci.

Cara Format Kartu SD di HP

Kartu SD atau memory card merupakan salah satu jenis penyimpanan eksternal yang dapat anda gunakan atau anda pasang pada smartphone.

Tujuan penggunaan memory card adalah untuk meningkatkan kapasitas memori internal pada smartphone yang terbatas. Seperti pada tempat penyimpanan lainnya, memory card juga dapat menjadi penuh atau bahkan mengalami kerusakan sehingga perlu Anda format.

Baca Juga : Cara Membuat Kontak Darurat pada HP Android Praktis dan Mudah

Terkadang kita juga perlu memformat kartu SD atau memory card di HP untuk menghapus semua data yang tersimpan. Lalu juga saat anda hendak berganti memori yang mengalami corrupt atau terserang virus sehingga tidak dapat anda akses.

Hal penting yang perlu anda perhatikan saat akan memformat memory card adalah melakukan backup terhadap kartu SD. Hal ini bertujuan untuk menyimpan segala file atau informasi penting yang ingin anda simpan.

Apabila ada telah melakukan backup semua file penting pada tempat yang aman, selanjutnya anda dapat memformat microSD yang anda miliki.

Berikut ini cara format kartu SD pada perangkat HP secara aman dan mudah, antara lain:

Cara Format Kartu SD dengan Fitur Bawaan Android

Adapun langkah-langkah memformat memory card dengan menggunakan fitur bawaan Android, antara lain:

  1. Langkah pertama buka menu Pengaturan, kemudian pilih Penyimpanan.
  2. Selanjutnya tekan atau pilih kartu SD
  3. Tekan ikon yang berupa tiga titik sejajar yang terletak pada bagian atas jendela menu kartu SD
  4. Langkah berikutnya akan muncul dialog kecil, lalu pilih “Pengaturan”
  5. Selanjutnya akan muncul jendela menu Pengaturan kartu SD, lalu pilih atau tekan “Format”
  6. Apabila pilihan format SD card tak dapat anda lakukan, maka anda dapat melakukan unmount SD card lebih dulu. Dengan tekan opsi “Cabut” yang terdapat pada window menu Pengaturan kartu SD.
  7. Cara format kartu SD di HP berikutnya adalah akan muncul adanya peringatan yang menyatakan pemformatan menghapus semua data yang tersimpan pada kartu SD saat ini. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya kehilangan data, maka sebaiknya pertimbangkan pembuatan cadangannya.
  8. Proses berikutnya tekan opsi “Penghapusan & Pemformatan” yang terdapat pada kanan bawah jendela.
  9. Kemudian, setelah selesai, maka kartu SD akan diformat dalam tips Sistem FAT32 serta seluruh dalam memori card akan terhapus.

Sebagai tambahan, khusus Android Marshmallow, saat melakukan format di HP akan muncul dua opsi pilihan mode penyimpanan kartu SD dalam perangkat yang digunakan yakni:

Memoy penyimpanan Internal

Memory card yang anda pasang akan sebagai sistem penyimpanan utama pada smartphone yang anda gunakan. Maka jika kartu anda cabut dari ponsel, memory card tidak dapat terbaca pada komputer atau perangkat lain tanpa melakukan format terlebih dahulu.

Memory Penyimpanan Portabel

Memory card merupakan media penyimpanan portabel yang dapat anda lepas serta hubungkan dengan komputer atau perangkat lain.

Cara Format Kartu SD di HP dengan Aplikasi Tool

Salah satu aplikasi Android yang dapat membaca kartu memori eksternal dengan berbagai format adalah NTFS. Aplikasi ini dapat anda gunakan sebagai alternatif untuk memformat SD card pada perangkat Android anda saat fitur bawaan Android tidak dapat melakukannya. Namun untuk dapat menggunakan aplikasi ini, perangkat Android anda sudah root terlebih dahulu.

Cara menggunakan aplikasi NTFS untuk format kartu SD di HP cukup mudah. Anda tinggal menjalankan aplikasi Paragon EXFAT, NTFS & HF+, kemudian atur atau pilih opsi kartu SD yang akan anda format sesuai keinginan. Dengan menggunakan format EXFAT, NTFS & HF+, maka semua format yang tersimpan akan terbaca oleh aplikasi ini. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img