FPL Ciamis Ajak Masyarakat Manfaatkan Kehadiran Bank Sampah

FPL Ciamis Ajak Masyarakat Manfaatkan Kehadiran Bank Sampah
Ketua Forum Peduli Lingkungan atau FPL Ciamis, Dian Ghozin (kiri pakai baju hijau) disela-sela kegiatan. Foto: Fery/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com)- Forum Peduli Lingkungan atau FPL Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengajak kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

Masyarakat juga bisa memilah sampah dan menyetorkannya ke Bank Sampah Ciamis dan menukarkannya menjadi rupiah.

“Jika berbicara tentang persampahan, sebenarnya sampah itu bisa kita kelola dan bisa menjadikan nilai rupiah. Karena saat ini sudah adanya Bank Sampah Ciamis atau BSC,” ujar Ketua FPL Kabupaten Ciamis, Dian Ghozin, Selasa (16/2/2021) kepada HR Online.

Menurutnya, dengan adanya Bank Sampah, ini juga bisa menjadi sebuah solusi.

“Minimalnya bisa meminimalisir masalah persampahan, apalagi kalau sudah sampai terbentuk Bank Sampah di setiap desa,” katanya.

Ghozin mengungkapkan, dengan adanya BSC ini juga bisa memperkuat partisipasi masyarakat, dalam upaya sebagai bahan nilai ekonomi melalui gerakan memilah sampah dan nanti ditukarkan dengan rupiah.

FPL Kabupaten Ciamis berharap dengan hadirnya BSC ini bisa mampu menyemangati kembali masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

‚ÄúSelain itu juga mampu mengubahnya menjadi hal yang bermanfaat,” pungkasnya.

Dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021 nanti, pihaknya berharap bisa membangun budaya tertib, sehat, disiplin, bersih dan bernilai, terutama dengan mengelola sampah yang bisa bernilai produktif.(Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang