Fungsi Hormon Prostaglandin Bagi Kesehatan Pria dan Wanita

Fungsi Hormon Prostaglandin Bagi Kesehatan Pria dan Wanita
Ilustrasi Fungsi Hormon Prostaglandin. Foto: Ist/Net

Fungsi hormon prostaglandin memang sangat penting bagi tubuh. Proses dari hormon ini terbilang sangat penting karena berperan dalam sistem reproduksi. Termasuk pada proses penyembuhan luka pada seseorang.

Tubuh akan secara alami memproduksi hormon tersebut. Kadar dari hormon yang seimbang bisa mampu menjaga kesehatan tubuh. Terutama pada wanita karena masa produksi biasanya sepanjang siklus menstruasi.

Ketika haid, maka wanita akan merasakan nyeri yang luar biasa. Hal ini bertujuan untuk membantu pengeluaran darah menstruasi. Tak heran apabila hari pertama atau kedua terasa sangat sakit.

Inilah Fungsi Hormon Prostaglandin Bagi Sistem Reproduksi

Hormon prostaglandin sangat berperan bagi sistem reproduksi. Khususnya pada wanita yang mampu merangsang otot rahim berkontraksi. Sehingga bisa membantu pengeluaran darah menstruasi.

Nyeri pada saat haid menandakan bahwa hormon dalam tubuh sangat tinggi. Bagi ibu hamil, bisa membantu kontraksi rahim yang membuat leher rahim terbuka. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses persalinan.

Tak heran bila saat induksi persalinan, sang ibu akan mendapatkan obat. Nah, dalam obat tersebut mengandung hormon yang bisa membuka leher rahim. Dokter biasanya akan menyuntikkan obat yang mengandung oksitosin.

Tak hanya pada wanita, hormon ini juga bermanfaat bagi reproduksi pria. Hormon prostaglandin sangat berfungsi bagi pria yang mengalami error saat ereksi. Hal ini bisa memancing rangsangan ereksi dan mempertahankan ereksi.

Baca Juga: Fungsi Hormon Adrenalin, Apa Efeknya Jika Kelebihan atau Kekurangan?

Membantu Proses Penyembuhan

Fungsi hormon prostaglandin juga membantu penyembuhan secara alami. Jika anda mengalami cidera, maka hormon akan terbentuk secara otomatis. Sehingga bisa membantu penyembuhan luka.

Saat jaringan tubuh ada yang rusak, maka hormon beserta zat lainnya akan memulai proses penyembuhan. Biasanya memiliki tanda munculnya rasa sakit, demam, dan bengkak.

Saat mengalami pendarahan, maka hormon ini mampu menstimulasi pembekuan darah. Tak hanya itu, bisa memicu adanya kontraksi pembuluh darah. Hal inilah yang akan membantu menghentikan pendarahan.

Melindungi Pencernaan

Fungsi hormon prostaglandin juga termasuk dalam hal pencernaan. Pasalnya, mampu menjaga pencernaan dengan mengurangi produksi asam lambung. Selain itu, juga bisa mengaktivasi pelepasan mukus pelindung pada usus.

Memicu Adanya Peradangan

Peradangan memang identik dengan adanya infeksi. Tetapi peradangan juga sangat penting untuk membantu tubuh dalam melawan infeksi. Hormon ini bisa memicu demam, kemerahan, dan pembengkakan.

Mengurangi Tekanan pada Mata

Bisa berguna sebagai obat glaukoma pada mata. Konsumsi obat yang mengandung hormon ini bisa mengurangi tekanan dalam mata. Sehingga terbebas dari adanya glaukoma.

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Hormon dan Fungsinya pada Tubuh Manusia

Efek Kekurangan Hormon Prostaglandin

Setelah mengetahui fungsi hormon prostaglandin, perlu untuk memahami efek dari kekurangan hormon ini. Karena perannya sangat penting bagi tubuh, tak heran apabila kekurangan bisa mengganggu kinerja organ dalam. Sehingga kesehatan tubuh juga akan terganggu.

Jika mengalami cidera, maka membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkannya. Padahal resiko dari luka yang terlalu lama bisa menyebabkan pendarahan berat nyeri hebat, bahkan kanker. Memiliki hormon yang cukup bisa mencegah segala kemungkinan tersebut.

Sebagai solusi dari kekurangan hormon ini, bisa mengonsumsi obat-obatan dari dokter. Jika kadar hormon berlebih, sebaiknya mengonsumsi obat antiradang. Dokter juga akan memberikan ibuprofen sebagai pencegahan.

Anda harus bisa mengatur pola makan agar tetap seimbang dan sehat. Caranya bisa dengan memasak makanan empat sehat lima sempurna. Misalnya dengan mengukur atau memanggang daripada menggoreng.

Kekurangan fungsi hormon prostaglandin bisa menyebabkan keadaan medis yang kurang baik. Jika tidak suka mengonsumsi obat-obatan, bisa pilih makanan bergizi. Misalnya dengan mengonsumsi ikan sarden, salmon, tahu, dan masih banyak lagi.

Jika ingin mengurangi kadar hormon, bisa dengan mengonsumsi vitamin E. Sayuran yang mengandung vitamin E adalah bayam dan brokoli. Tetapi untuk bisa mendapatkan manfaatnya, anda harus bisa memasaknya dengan cara yang benar.

Tetapi jika kadar hormon tidak stabil, bisa lanjut berkonsultasi dengan dokter. Mintalah saran agar bisa mendapatkan petunjuk yang tepat. Tidak perlu takut untuk periksa ke dokter demi kesehatan anda.

Itulah beberapa fungsi hormon prostaglandin untuk kesehatan tubuh. Pastikan selalu menjaga kesehatan agar produksi hormon tetap stabil. Anda tidak akan mengalami gangguan kesehatan yang fatal. (R10/HR Online)

Editor: Jujang