Fungsi Kandung Kemih pada Manusia dan Cara Merawatnya dengan Baik

Fungsi Kandung Kemih Pada Manusia dan Cara Merawatnya dengan Baik
Ilustrasi Fungsi Kandung Kemih. Foto: Ist/Net

Fungsi kandung kemih pada tubuh manusia adalah menyimpan urine hasil penyaringan oleh ginjal. Perlu diketahui bahwa tubuh manusia tercipta dengan beragam sistem. Bahkan organ yang ada juga sangat bervariasi.

Tetapi, manusia memiliki organ yang berperan vital dalam kehidupannya. Organ ini menyebabkan mereka bisa beraktivitas setiap harinya. Sama halnya dengan kandung kemih pada manusia yang sangat penting.

Kandung kemih merupakan salah satu organ yang berperan dalam kehidupan manusia. Walaupun pada dasarnya, semua organ memiliki peran penting yang berkesinambungan.

Kenali Fungsi Kandung Kemih pada Manusia

Kandung kemih merupakan organ pada sistem ekskresi manusia. Kandung kemih memiliki fungsi untuk menampung urine sementara sebelum terbuang. Pembuangan urine ini bersamaan dengan proses Buang Air Kecil atau BAK.

Dari fungsinya, kandung kemih memiliki bentuk seperti kantong. Tersusun atas beberapa otot yang saling beranyaman. Organ ini terletak pada rongga pelvis, tepatnya belakang pubis.

Secara normal kandung kemih akan menyimpan sekitar 500 ml urine setiap harinya. Ketika kandung kemih dalam keadaan kotor, maka bentuknya oval layaknya buah pir. Sedangkan saat berisi urine, dinding atas vesika urinaria akan masuk ke daerah abdomen.

Fungsi kandung kemih adalah untuk menyimpan urine sebagai hasil dari penyaringan ginjal. Dalam hal ini, kandung kemih akan menyimpan air seni hingga waktunya untuk keluar. Dengan kata lain, sampai seseorang merasa ingin buang air kecil.

Dengan berjalannya fungsi organ ini, seseorang akan terkontrol dalam melakukan buang air kecil. Bahkan ada gejala yang timbul sebelum akan keluar melalui BAK.

Baca Juga: Fungsi dari Alveolus Sebagai Tempat Perpindahan Udara dalam Tubuh

Gejala Timbul Sebelum Buang Air Kecil

Setiap orang pasti merasakan rasa ingin buang air kecil. Nah, dalam pembahasan ini akan memberikan informasi mengenai gejala yang timbul. Sehingga bisa berguna untuk memberikan tanda-tanda bagi mereka yang membutuhkan.

Fungsi kandung kemih yang berjalan dengan baik akan memberikan reaksi ketika seseorang sudah saatnya membuang urin. Kandung kemih yang sudah terisi urine akan memiliki sebuah saraf sensor. Nantinya, saraf ini akan mengirimkan impuls ke otak.

Setelah otak menerima impuls dengan baik, maka akan melanjutkannya ke kandung kemih yang sudah penuh. Setelah itu, otak akan kembali mengirimkan impuls balik ke kandung kemih. Dalam hal ini, memberikan perintah organ tersebut untuk mengosongkan isinya.

Urine akan keluar dari kandung kemih melalui organ yang bernama uretra. Pada laki-laki, saluran uretra akan berakhir pada penis. Sedangkan pada perempuan akan berujung antara klitoris dan vagina.

Merawat Kandung Kemih

Agar fungsi kandung kemih tetap berjalan dengan baik, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatannya. Tentu saja, hal ini bisa menjaga dari beragam penyakit. Misalnya sistitis, kandung kemih yang terlalu aktif, dan lain sebagainya.

Berhenti Merokok

Rokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan paru-paru, tetapi juga kesehatan kandung kemih. Orang yang merokok berisiko mengalami kanker. Pasalnya, kandungan pada rokok sangat berbahaya.

Bahkan seseorang yang masih merokok tiga kali lebih besar mengalami risiko kanker kandung kemih. Walaupun tidak semua orang yang merokok bisa terkena penyakit ini. Tetapi tidak ada salahnya menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: Fungsi Kolagen untuk Tubuh, Atasi Nyeri Sendi dan Bikin Awet Muda

Minum Air Putih Secukupnya

Hal berikutnya yang bisa menjaga fungsi kandung kemih adalah minum air secukupnya. Kebutuhan air putih bisa disesuaikan dengan kapasitas seseorang. Apabila merasa haus, alangkah baiknya untuk segera minum.

Pada saat tertentu, alangkah baiknya mengurangi asupan cairan. Khususnya ketika sedang mengalami inkontinensia urine. Ini merupakan keadaan ketika seseorang sulit menahan buang urine saat malam hari.

Buang Air Kecil Sampai Selesai

Tidak boleh seseorang buang air kecil dengan terburu-buru. Pastikan urine sudah selesai terbuang, baru membersihkannya. Menuntaskan buang air kecil adalah salah satu cara untuk menghindari adanya infeksi saluran kemih.

Urine yang tidak keluar dengan sempurna akan kembali ke kandung kemih. Padahal terdapat bakteri yang tersimpan pada urine tersebut. Sehingga bakteri akan mengganggu kesehatan seseorang dan berakibat pada infeksi.

Nah, itulah informasi seputar fungsi kandung kemih dan cara menjaga kesehatannya. Lakukan pola hidup yang sehat agar tidak terserang penyakit akibat kelalaian dalam kehidupan sehari-hari. Merawat organ vital dengan hati-hati agar tidak timbul penyakit berbahaya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang