Fungsi Retikulum Endoplasma pada Hewan dan Tumbuhan

Fungsi Retikulum Endoplasma Pada Hewan dan Tumbuhan
Ilustrasi Fungsi Retikulum Endoplasma. Foto: Ist/Net

Fungsi retikulum endoplasma sangat berguna pada sistem membran kontinu. Pasalnya, bisa membentuk sebuah serangkaian kantung rata pada sitoplasma. Mampu melayani berbagai fungsi, terutama pada sintesis, pelipatan, dan transportasi protein.

Semua sel eukariotik memiliki organel yang merupakan retikulum endoplasma. RE merupakan bagian sel dalam membran. Pada kawasan RE tersusun dari beberapa sitoplasma yang bernama sitosol.

Terbagi atas ruangan kosong yang tertutupi oleh membran dengan ketebalan 4 nanometer. Secara langsung terhubung dengan selimut nukleus yang bernama nuclear envelope. Fungsi RE memang sangat luas dan berkaitan dengan organ lainnya.

Kenali Fungsi Retikulum Endoplasma Berdasarkan Jenisnya

Secara garis besar RE terbagi atas tiga jenis. Masing-masing memiliki fungsi yang bervariasi. Berikut adalah ketiga jenis retikulum endoplasma:

Retikulum Endoplasma Kasar

Jenis yang pertama adalah retikulum endoplasma kasar (REK). Artinya RE jenis ini memiliki struktur yang lebih kasar. Pada permukaan retikulum endoplasma terdapat bintik-bintik yang bernama ribosom.

Selain itu, juga memiliki peran dalam proses sintesis protein. Sehingga kebutuhan protein bisa terpenuhi dengan maksimal. Fungsi utama dari REK adalah tempat melakukan proses sintesis protein.

Baca Juga: Fungsi Jaringan Meristem pada Pertumbuhan Tanaman

Retikulum Endoplasma Halus

Jenis yang kedua adalah retikulum endoplasma halus yang merupakan kebalikan dari REK. Karena kebalikan, maka tidak memiliki bintik yang tak lain adalah ribosom.

Fungsi retikulum endoplasma ini membantu proses metabolisme. Mampu membantu dalam sintesis lipid, metabolisme karbohidrat, dan konsentrasi kalsium. Hal ini melalui detoksifikasi obat-obatan.

Selain itu, retikulum endoplasma halus juga sebagai tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel. Letak dari REH berada pada proporsi yang cukup tinggi atau dalam sel hati. Daerah ini merupakan tempat produksi lipoprotein.

Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik

Jenis yang ketiga adalah retikulum endoplasma sarkoplasmik. Merupakan salah satu jenis khusus dari REH yang letaknya pada otot licin dan otot lurik. Hal yang berbeda adalah adanya kandungan protein pada REH.

Lain halnya dengan retikulum endoplasma sarkoplasmik yang memiliki berguna untuk menyimpan ion kalsium. Selain itu, fungsi retikulum endoplasma ini juga mempompa ion kalsium. Lalu juga peran khusus untuk memicu kontraksi pada otot.

Struktur Retikulum Endoplasma

RE merupakan salah satu jaringan membran luas cisternae yang tertahan oleh sitoskeleton. Terbungkus oleh membran fosfolipid, luimen, dan sitosol. Lalu terdapat kontinu dengan ruang perinuklear.

Selain fungsi retikulum endoplasma, juga penting mempelajari strukturnya. Permukaan dari masing-masing retikulum endoplasma berbeda-beda. Semuanya sudah berdasarkan dengan jenis masing-masing.

Retikulum endoplasma juga memiliki luas yang bervariasi. Mulai dari terbentang membran sel melalui sitoplasma. Bahkan bisa membentuk koneksi kontinu dengan amplop nukleus.

Baca Juga: Fungsi Hormon Sitokinin pada Perkembangan Tanaman

Retikulum Endoplasma pada Sel Tumbuhan

RE pada sel tumbuhan merupakan suatu saluran untuk masuknya protein dalam membran. Retikulum endoplasma memiliki peran penting pada biosintesis dan penyimpanan lipid. Hal ini menunjukkan perannya yang berkaitan dengan kelangsungan hidup tumbuhan.

Fungsi retikulum endoplasma pada sel tumbuhan untuk mensintesis protein dari pematangan. RE memiliki beberapa fungsi tambahan yang tidak ada pada hewan. Fungsi tambahan ini melibatkan sel yang berkomunikasi dengan sel khusus.

Tak hanya itu saja, RE juga berfungsi sebagai tempat menyimpan protein. Retikulum endoplasma mengandung enzim dan protein yang struktural. RE pada tumbuhan terhubung antara sel melalui sebuah plasmodesmata.

Retikulum Endoplasma pada Sel Hewan

Berikutnya ada retikulum endoplasma pada sel hewan. Merupakan suatu jaringan kantong yang berfungsi bagi manufaktur. Hal ini akan berhubungan dengan selubung nukleus berlapis ganda.

Fungsi retikulum endoplasma juga termasuk pada pengolahan dan pengangkutan berbagai jenis senyawa kimia. Hal ini juga juga dalam penggunaan dalam dan luar sel. RE adalah organel multifungsi yang mensintesis membran lipid, protein, serta mengatur kalsium intraseluler.

Retikulum endoplasma juga bisa menetralkan racun dengan proses detoksifikasi. Hal ini juga berfungsi untuk sarana transportasi molekul dan bagian sel satu ke sel lainnya.

Modifikasi protein ini melalui sintesis oleh ribosom yang nantinya akan tersalurkan ke kompleks golgi. Hasil akhirnya akan keluar dari sel.

Itulah beberapa fungsi retikulum endoplasma yang ada pada hewan dan tumbuhan. Masing-masing jenis dari RE akan melakukan perannya dengan baik dan maksimal. Sehingga proses kelangsungan hidupnya bisa terjamin. (R10/HR Online)

Editor: Jujang