Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruFungsi Saluran Eustachius pada Pendengaran dan Gangguannya

Fungsi Saluran Eustachius pada Pendengaran dan Gangguannya

Fungsi saluran eustachius sangat besar dalam organ pendengaran. Hal ini mampu jaga kesehatan telinga. Jika saluran eustachius terganggu, maka akan timbul rasa nyeri.

Telinga juga akan terasa penang. Mengingat bahwa saluran ini adalah penghubung ruang belakang gendang telinga dengan tenggorokan. Lalu mampu menghubungkan bagian belakang rongga hidung.

Pada orang dewasa ukurannya mencapai rata-rata panjang 35 mm atau sekitar 3.5 cm. Memiliki diameter sekitar 3 mm. Banyak orang yang belum menyadari keberadaan saluran eustachius, tetapi perannya cukup besar.

Kenali Fungsi Saluran Eustachius pada Pendengaran

Saluran eustachius bisa merupakan salah satu organ yang penting dalam telinga. Hal ini memiliki fungsi yang sangat besar. Adapun beberapa fungsi yang berpengaruh pada pendengaran seseorang sebagai berikut:

Menyeimbangkan Tekanan pada Telinga

Saluran eustachius berfungsi sebagai penyeimbang tekanan pada telinga. Menghubungkan dengan bagian tengah dan tekanan lingkungan dari luar tubuh. Jika tekanan tidak seimbang, maka gendang telinga akan berubah bentuk.

Bahkan hal yang paling fatal adalah tidak bisa menangkap suara dengan baik. Anda yang merasakan hal ini mungkin akan merasakan pusing dan tidak nyaman. Telinga juga akan berdenging sehingga akan mengganggu aktivitas harian.

Saluran eustachius yang sudah terbuka akan membuat anda mendengar suara letupan dari telinga. Hal ini karena adanya ketidakseimbangan ketika naik pesawat. Bisa juga karena adanya perubahan cuaca.

Baca Juga: Fungsi dari Alveolus Sebagai Tempat Perpindahan Udara dalam Tubuh

Melindungi Telinga

Fungsi saluran eustachius juga bisa berguna untuk melindungi telinga. Saluran eustachius harus tertutup. Hal ini untuk mencegah masuknya bakteri dan virus ke dalam saluran.

Sehingga bisa menghilangkan tekanan suara pada telinga karena suara yang cukup keras. Hal ini akan menghambat suara yang anda keluarkan untuk masuk ke telinga bagian tengah.

Membersihkan Telinga

Saluran eustachius juga bisa berguna untuk membersihkan telinga dari kotoran. Hal ini termasuk cairan yang bisa menghambat kinerja dari telinga bagian tengah. Saluran ini bisa menjaga kebersihan telinga karena memiliki silia dan lendir.

Fungsi saluran eustachius terbantu oleh adanya silia yang bisa mengeluarkan berbagai pengganggu. Gangguan ini biasanya berasal dari telinga ke bagian ujung saluran eustachius.

Silia ini akan bekerjasama dengan lendir pada saluran yang bisa mendorong cairan dari kotoran. Tentunya menggunakan pola ombak ke arah ujung saluran eustachius yang letaknya pada belakang tenggorokan.

Baca Juga: Fungsi Kolagen untuk Tubuh, Atasi Nyeri Sendi dan Bikin Awet Muda

Gangguan Saluran Eustachius dan Penyebabnya

Ada beberapa gangguan yang akan menghalangi kerja saluran eustachius, yaitu:

Eustachius Tube Dysfunction

Gangguan yang pertama memiliki singkatan ETD. Keadaan ini saat saluran eustachius tersumbat ataupun tak terbuka secara baik. Keadaan ini menyebabkan udara tidak bisa masuk ke telinga tengah.

Terganggunya fungsi saluran eustachius ini akan menyebabkan tekanan pada telinga tengah lebih kecil. Bahkan lebih kecil daripada tekanan dari luar telinga.

Tekanan yang tidak seimbang akan membuat gendang telinga kaku dan tidak bisa bergetar dengan baik. Sehingga penangkapan gelombang suara tidak berjalan dengan lancar. Gejala yang timbul biasanya rasa sakit dan rasa penuh pada telinga, sehingga pendengaran yang terganggu.

Tersumbatnya saluran eustachius biasanya karena adanya pembengkakan pada saluran telinga. Selain itu, adanya penumpukan cairan dalam telinga. Sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan infeksi, alergi, dan sinusitis.

Otitis Media

Selain fungsi saluran eustachius yang tersumbat, ada juga cairan yang menumpuk dan menyebabkan infeksi pada telinga. Keadaan ini sering anak-anak alami. Bahkan saluran eustachius pada anak lebih pendek.

Sehingga mudah tersumbat oleh adanya cairan yang mengganggu pendengaran. Mengingat bahwa anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Dalam masa perkembangan ini, anak masih sangat rentan dengan infeksi pada telinga.

Patulous Eustachian Tube

Keadaan ini merupakan gangguan telinga yang cukup langka. Gangguan ini terjadi ketika saluran eustachius sedang terbuka. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami banyak gejala.

Pasalnya, akan mendapatkan tekanan yang meningkat dalam telinga. Sehingga suara napasnya akan terasa lebih nyaring. Hal ini karena adanya beberapa faktor yang menyebabkan, seperti riwayat operasi dan stres yang berkepanjangan.

Rawatlah telinga anda agar fungsi saluran eustachius berjalan dengan baik. Sehingga tidak akan timbul rasa sakit yang mengganggu aktivitas harian. Dengan begitu, pendengaran akan berjalan dengan normal. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img