Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaBerita TerbaruFungsi Tombol pada Dashboard Mobil Lengkap dengan Penjelasannya

Fungsi Tombol pada Dashboard Mobil Lengkap dengan Penjelasannya

Fungsi tombol pada dashboard mobil perlu anda ketahui karena jumlahnya banyak. Sebagai pemilik kendaraan, anda perlu tahu apa saja tombol beserta manfaatnya.

Dengan begitu, anda akan lebih mudah mengemudi. Setiap kendaraan terdiri dari berbagai komponen beserta fungsinya. Bahkan untuk kendaraan saat ini, sudah memiliki pelengkap fitur modern.

Sehingga anda bisa memanfaatkannya ketika berkendara. Sama seperti sistem kemudi, indikator tombol pada dashboard pun terjangkau.

Baca Juga : Penyebab Mobil Bergetar saat Melaju Kencang dan Cara Mengatasinya

Sehingga pengemudi bisa memanfaatkannya dengan mudah. Tombol-tombol yang ada pada dashboard memberikan kemudahan dalam mengatur dan mengendalikan kendaraan.

Maka dari itu, sebaiknya bagi anda yang suka mengemudi mobil sendiri lebih mengenalnya. Anda perlu tahu cara merawat dashboard dan memanfaatkan tombol yang ada.

Bagi anda yang memiliki mobil keluaran terbaru, tentu akan dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan modern. Jika dulu, dashboard hanya memiliki beberapa tombol saja.

Namun berkembangnya teknologi, membuatnya semakin maju. Kini anda bisa temukan berbagai tombol dan fungsinya yang beragam.

Fungsi tombol pada dashboard mobil tidak sama. Apalagi bagi anda sebagai pengemudi pemula, sebaiknya untuk mengenal lebih jauh tentang komponen kendaraan dan fungsinya.

Dengan anda mengetahuinya lebih jauh, maka perjalanan akan lebih mudah. Hal ini membantu anda mengenal berbagai fitur menarik bawaan mobil.

Penjelasan Fungsi Tombol pada Dashboard Mobil

Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang saat ini banyak dimiliki hampir sebagian besar orang. Bahkan banyak sekali produksinya dengan menanamkan berbagai fitur menarik dan modern.

Salah satunya yaitu fitur yang tersemat pada dashboard mobil. Dengan adanya fitur tersebut, mampu membuat berkendara lebih aman dan nyaman.

Sehingga perjalanan akan lebih mudah dan menyenangkan. Mungkin sebagian besar pengendara mobil sudah mengenal komponen kendaraan dan fungsinya.

Baca Juga : Fungsi Kaca Film Mobil, Banyak Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Namun, bagi pemula tentu masih bingung akan bagian-bagian mobil. Bahkan fungsi tombol pada dashboard. Namun, jangan khawatir bagi anda yang belum mengenal jauh akan dashboard dan tombol di bagian tersebut.

Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang fitur pada dashboard dan fungsinya.

Audio

Fungsi tombol pada dashboard mobil cukup beragam, salah satunya yaitu audio. Pada bagian tersebut terdapat tombol audio.

Mulai dari mengatur volume, channel radio, memutar musik, menghentikannya, bahkan masih banyak yang lainnya. Dengan adanya tombol-tombol tersebut, anda tidak perlu susah menjangkau perangkat audio.

Ketika membutuhkannya, pengemudi tinggal tekan tombol bagian dashboard tersebut. Sebab, keberadaannya terletak pada bagian tengah mobil.

Tuas Wiper

Tombol berikutnya yaitu tuas wiper yang bisa anda manfaatkan dengan mudah. Fungsi tombol pada dashboard mobil tersebut membantu menyapu kaca mobil bagian depan dari air hujan.

Sehingga pandangan akan tetap terjaga dan lebih berkonsentrasi saat mengemudi. Tombol tersebut terletak pada belakang setir yang bersamaan dengan tuas lampu.

Memanfaatkan tombol tersebut, tentu mengemudi akan lebih aman. Bayangkan saja jika wiper tidak berfungsi, maka akan membahayakan pengemudi.

Air Bag

Fungsi tombol pada dashboard mobil yang selanjutnya juga ditempati oleh komponen air bag. Air bag atau kantung udara merupakan piranti keselamatan yang ada pada mobil ketika terjadi benturan.

Komponen tersebut mampu melindungi pengemudi ketika terjadi kecelakaan. Namun, kini komponen tersebut juga tersedia untuk penumpang depan dan belakang.

Dengan adanya komponen ini, anda bisa lebih mudah memanfaatkannya. Bahkan keamanan pengemudi pun bisa lebih terjaga.

ABS (Antilock Brake System)

Tombol lain yang ada pada dashboard dan berfungsi sebagai sistem keamanan yaitu ABS. Komponen tersebut membantu mencegah rem mobil terkunci.

Biasanya hal ini sering terjadi ketika pengemudi melakukan pengereman secara mendadak. Anda bisa mengetahui cara kerja komponen tersebut.

Baca Juga : Cara Kerja AirBag Mobil, Fungsinya Sebagai Fitur Keselamatan

Ketika komponen berfungsi saat pengereman mendadak, maka akan timbul getaran. Hal ini terjadi karena ECU bekerja dan mengurangi tekanan oli pada rem.

Sehingga roda tidak terkunci dan mobil bisa terkendali dengan aman. Namun, sayangnya masih banyak pengemudi yang salah mengerti akan hal tersebut.

Sebaiknya anda tahu lebih jauh akan fungsi tombol pada dashboard mobil. Hal ini karena banyak fitur menarik yang bisa anda manfaatkan dan membantu saat mengemudi. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img