Gegara Lilin Saat Mati Listrik, 2 Rumah di Tasikmalaya Hangus Terbakar

Rumah di Tasikmalaya terbakar
Warga berusaha memadamkan api yang membakar 2 rumah di Dusun Cisodong, Desa Pameutingan, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Foto: Istimewa

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Dua rumah warga ludes dilahap si jago merah di Dusun Cisodong, Desa Pameutingan, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (4/2/2021) malam. 

Karena hembusan angin yang besar membuat api cepat merembet dan menghanguskan dua rumah milik ayah dan anak, Nendi dan Ai Nenden.

Warga sekitar sudah berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun api terus merembet dan menghanguskan dua rumah. Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa kebakaran tersebut. 

Krisna salah seorang warga setempat menjelaskan, korban sempat menyalakan lilin karena hujan yang terus menerus menyebabkan mati lampu.

“Lilinnya disimpan di atas asbak. Korban bernama Ai lalu pergi ke rumah ayahnya, Pak Nendi untuk makan. Tapi nggak tahu himana, tiba-tiba api sudah besar dan kedua rumah hangus,” katanya, Jum’at (5/2/2021).

Sementara itu Iptu Rohmadi, Kapolsek Cipatujah mengatakan, kebakaran diduga berasal dari lilin yang dinyalakan oleh Ai Nenden di kamarnya. 

“Lilinnya oleh saudara Ai ditaruh di asbak. Lalu diduga terjatuh dan menimpa benda-benda di rumahnya yang mudah terbakar,” ungkapnya.

Korban kemudian meninggalkan rumahnya dengan maksud untuk makan ke rumah orang tua yang berada di samping rumahnya.

“Kebakaran pun akhirnya terjadi. Warga sekitar berusaha memadamkan api. Tapi api terus membesar,” kayanya.

Kerugian yang dialami kedua korban kebakaran rumah di Tasikmalaya tersebut, menurut Iptu Rohmadi, sekitar Rp 95 juta. “Kedua keluarga akhirnya mengungsi ke tempat kerabat dekatnya. Kondisinya memprihatinkan, karena rumah keduanya rata dengan tanah,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online)

Editor: Ndu