Kamis, Januari 20, 2022
BerandaBerita TerbaruGejala Multiple Sclerosis, Penyebab dan Cara Pengobatannya

Gejala Multiple Sclerosis, Penyebab dan Cara Pengobatannya

Deteksi dini gejala multiple sclerosis penting untuk mencegah dampaknya. Multiple sclerosis termasuk jenis penyakit autoimun yang bisa menyerang sistem saraf otak dan tulang belakang. Mengenal penyebabnya juga penting untuk penanganan yang cepat.

Multiple sclerosis atau sklerosis ganda populer juga dengan sebutan disseminated sclerosis atau encephalomyelitis disseminata. Menurut Wikipedia, penyakit ini berupa peradangan yang terjadi pada saraf otak dan sumsum tulang belakang.

Penyakit multiple sclerosis termasuk jenis gangguan yang sangat berbahaya. Hal ini karena dampaknya bisa menyebabkan lumpuhnya sistem saraf pusat yang meliputi fungsi otak dan sumsum tulang belakang.

Penyakit autoimun ini akan menyebabkan imun tubuh justru menyerang lapisan pelindung serabut saraf. Hal ini akan mengakibatkan komunikasi dan perintah dari saraf otak dengan seluruh tubuh terganggu.

Karena itu beberapa gejala multiple sclerosis antara lain menyebabkan kelumpuhan, terganggu dalam berbicara, hingga gangguan fungsi saraf lainnya. Namun gejala maupun akibat pada setiap penderita berlainan tergantung kondisinya.

Ragam Gejala Multiple Sclerosis yang Harus Diwaspadai

Penyakit multiple sclerosis termasuk jenis gangguan autoimun yang berbahaya, Penyakit ini bisa menyerang sel saraf otak maupun sumsum tulang belakang yang bisa menyebabkan terganggunya saraf.

Meskipun penyakit ini terbilang langka, namun deteksi dini sangat penting untuk mencegah dampak buruknya. Berikut ini beragam gejala multiple sclerosis yang harus diwaspadai.

Nyeri dan Pegal pada Otot

Untuk Anda yang sering merasa nyeri otot sebaiknya waspada. Salah satu tanda serangan multiple sclerosis ini memang menyerang otot. Akibatnya penderita akan merasakan nyeri yang berkepanjangan dan terus menerus.

Selain nyeri, otot juga kadang terasa pegal. Mungkin tanda ini wajar terjadi pada orang yang sibuk bekerja. Namun jika Anda tidak melakukan pekerjaan berat dan pegal ini tak kunjung sembuh hingga lama sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Tubuh Mudah Lelah

Jika tubuh Anda lelah setelah berolahraga juga merupakan hal yang wajar. Namun jika lelah ini muncul tanpa adanya aktivitas atau bahkan tanpa sebab yang jelas sebaiknya Anda curiga.

Kondisi tubuh yang gampang lelah tak hanya merupakan gejala multiple sclerosis saja. Ada sejumlah penyakit lain yang juga memicu kondisi semacam ini.  Namun jika kondisi ini berlangsung terus menerus sebaiknya segera cek ke dokter.

Sering Kesemutan

Kesemutan umumnya terjadi karena tertahannya aliran darah. Seperti duduk bersila atau menekuk lengan terlalu lama. Namun jika Anda sering merasakan atau mengalami kesemutan tanpa sebab sebaiknya juga waspada adanya tanda penyakit.

Terlebih jika kesemutan ini terjadi pada bagian wajah atau punggung bisa jadi ini merupakan tanda sclerosis ganda. Anggota tubuh yang aliran darahnya tidak tertekan namun terasa kesemutan tentunya merupakan kondisi yang aneh.

Sulit Menahan Kencing

Salah satu gejala multiple sclerosis yang juga wajib kita curigai adalah kesulitan dalam mengontrol keinginan untuk kencing. Terganggu sistem saraf juga akan menyebabkan terganggunya sinyal dalam mengontrol mekanisme kemih.

Kondisi ini biasanya akan menyebabkan penderita akan sering mengompol. Jika orang lainnya bisa menahan kencing untuk beberapa saat, orang yang menderita MS justru harus sering ke kamar mandi.

Gangguan dalam Berbicara

Begitu juga dengan kemampuan dalam berbicara juga akan mengalami gangguan akibat multiple sclerosis. Kemampuan untuk berkomunikasi atau menyampaikan kata-kata, penderita MS biasanya akan menjadi tidak jelas.

Kata-kata yang terucap biasanya menjadi tidak jelas. Lawan bicara mungkin akan meminta penderita MS untuk mengulanginya karena cara pengucapannya yang kabur dan sulit dimengerti lawan bicara.

Penglihatan Terganggu

Terganggunya sel-sel saraf otak juga akan berpengaruh terhadap fungsi mata. Gejala multiple sclerosis yang juga biasanya terjadi adalah gangguan menyangkut kemampuan melihat.

Beberapa gangguan penglihatan ini bisa berupa pandangan yang menjadi kabur atau mata yang tidak bisa untuk fokus, hingga penglihatan ganda. Jika Anda mengalami gangguan ini sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Namun mungkin kondisi antara satu orang dengan penderita MS lainnya bisa berlainan. Apalagi kondisi ini juga berkaitan dengan seberapa parah kerusakan sel saraf yang terjadi.

Sering Gemetar

Jika Anda tiba-tiba merasakan tangan atau anggota badan lain sering gemetaran sebaiknya waspadai sebagai gejala multiple sclerosis. Tanda ini biasanya terlihat pada jari-jari tangan yang sering mengalami seperti tremor.

Gemetaran pada anggota badan memang berkaitan dengan psikis maupun sistem saraf. Jika kondisi ini terjadi hanya sesekali mungkin tak menjadi masalah. Namun jika Anda mengalaminya berulang kali dan terus menerus sebaiknya periksakan ke dokter.

Mengalami Vertigo

Gangguan pada sel saraf otak juga akan berdampak terhadap timbulnya rasa sakit pada bagian kepala. Sakit ini biasanya berupa kondisi seperti berputar, rasa pusing seperti vertigo.

Rasa pusing yang menyerang kepala juga bisa terjadi karena terganggunya sumsum tulang belakang. Terlebih jika sakit kepala ini lebih terpusat pada bagian belakang kepala.

Kesulitan dalam Menelan

Kondisi lainnya yang juga bisa menjadi gejala multiple sclerosis adalah gangguan dalam menelan. Kendala ini mungkin akan terasa seperti kita sedang sakit tenggorokan. Tak hanya menelan makanan, menelan air luah saja terasa berat.

Kesulitan dalam menelan ini biasanya juga disertai dengan gangguan dalam bernafas. Kesulitan ini bisa berupa sering sesak nafas, nafas seperti berat atau tersengal. Jika kondisi ini terjadi terus menerus sebaiknya segera cek ke dokter.

Pendengaran Tidak Jelas

Orang yang menderita MS umumnya juga akan mengalami gangguan pada fungsi pendengarannya. Fungsi pendengaran ini memang berkaitan dengan fungsi lainnya seperti indra penglihatan dan pernafasan.

Terganggunya fungsi pendengaran akan membuat Anda kesulitan mendengarkan saat berbincang dengan lawan bicara. Dalam kasus lain mungkin Anda juga akan suara seperti mendenging pelan dalam telinga.

Keseimbangan Terganggu

Penyakit MS umumnya juga akan menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh. Karena itu gejala multiple sclerosis biasanya berupa kesulitan dalam berbagi posisi. Baik saat duduk, tidur, atau bangun dari tidur.

Ketidakseimbangan ini juga sering berupa berjalan yang sempoyongan, mudah jatuh, hingga gangguan dalam mengontrol diri. Kondisi ini umumnya terjadi karena otak yang kekurangan oksigen. Namun jika Anda sering mengalami kondisi sebaiknya periksakan ke dokter.

Kejang dan Depresi

Jika kondisi multiple sclerosis semakin parah akibat yang timbul juga akan semakin berat. Beberapa kasus orang yang menderita MS bisa mengalami depresi dan gangguan emosi.

Bahkan tak jarang terjadi kasus kejang tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini biasanya terjadi dengan otot yang nyeri dan pegal. Jika Anda mengalaminya sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Penyebab Penyakit Multiple Sclerosis

Setelah mengenal berbagai gejala multiple sclerosis, Anda juga penting mengetahui apa saja faktor yang menyebabkannya. Kondisi ini biasanya juga berkaitan dengan usia maupun jenis kelamin sebagai faktor risiko.

Gangguan ini banyak terjadi pada orang tua dan lanjut usia. Hal ini karena penurunan fungsi saraf dan organ tubuh. Meski begitu orang berusia produktif bukannya bisa lepas dari kondisi MS ini.

Begitu juga dengan wanita lebih berisiko mengalami MS ketimbang pria. Namun ini bukan penyebab. Nah, berikut ini berbagai penyebab penyakit multiple sclerosis yang wajib Anda tahu.

Faktor Genetik

Pengaruh gen dari orang tua atau anggota keluarga ternyata juga ikut mempengaruhi dan meningkatkan risiko seseorang mengalami multiple sclerosis.

Untuk itu Anda bisa melacak riwayat kesehatan orang tua atau keluarga untuk memastikannya. Dengan mengetahui informasi semacam ini tentunya Anda bisa waspada dan menjauhi berbagai faktor yang bisa menyebabkan gangguan ini.

Gangguan Autoimun

Serangan autoimun juga bisa menyebabkan terjadinya multiple sclerosis. Hal ini karena sel-sel imun justru menyerang sel-sel saraf dan sumsum tulang belakang. Tak sedikit kasus MS yang terjadi karena faktor ini.

Penyakit Infeksi

Penyebab multiple sclerosis juga bisa berasal dari serangan infeksi. Penyakit akibat serangan virus dan bakteri patogen ini yang menyerang sel saraf otak dan tulang belakang akan menyebabkan terjadinya MS.

Gaya Hidup Tak Sehat

Kebiasaan buruk dan tidak sehat juga bisa menyebabkan terjadinya multiple sclerosis. Seperti kebiasaan merokok, sering minum alkohol, mengonsumsi makanan tinggi lemak, hingga malas berolahraga. Karena itu MS juga bisa terjadi pada usia produktif.

Kekurangan Vitamin D

Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin D juga bisa memicu dan menjadi penyebab penyakit multiple sclerosis. Selain bisa kita dapatkan dari makanan, vitamin D sebenarnya tersedia gratis dari paparan sinar matahari pagi.

Pengobatan Multiple Sclerosis Secara Alami

Deteksi dini gejala multiple sclerosis sangat penting untuk penanganan yang cepat dan tepat. Selain dengan penanganan secara medis, Anda juga bisa mencegah atau mengatasi multiple sclerosis dengan beberapa cara alami.

Terapi herbal merupakan alternatif yang bisa Anda lakukan. Herbal kunyit, temulawak, dan kayu manis terkenal dengan kandungannya yang baik untuk menjaga imunitas dan fungsi organ tubuh. Rajin mengonsumsi herbal ini baik mencegah MS.

Anda juga bisa memanfaatkan sinar matahari pagi untuk mendapatkan asupan vitamin D. Namun sebaiknya Anda berjemur matahari pada sekitar pukul 09 hingga 10 pagi karena sinarnya yang baik. Cukup lakukan 5-10 menit saja secara rutin.

Yang tak kalah pentingnya dalam mencegah timbulnya gejala multiple sclerosis adalah menjaga asupan makanannya. Hindari makanan berlemak maupun tak sehat lainnya. Imbangi juga dengan rajin berolahraga secara rutin. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -