Halaman Belakang Rumah Memiliki Banyak Desain, Bisa Anda Aplikasikan

Halaman Belakang Rumah Memiliki Banyak Desain, Bisa Anda Aplikasikan
Halaman Belakang Rumah. Foto: Ist/Net

Halaman belakang rumah terkadang keberadaannya tidak begitu dianggap. Ada tapi tak ada, karena memang letaknya berada pada bagian belakang. Sehingga tak banyak orang yang mengetahui bagaimana keadaan dan desainnya.

Faktanya, halaman belakang itu bisa menambah tempat anda untuk santai atau quality time bersama keluarga. Padahal keberadaan halaman belakang itu bisa kita manfaatkan untuk area penghijauan.

Apabila hunian anda berada di lingkungan kota, halaman itu tentunya sangat penting. Karena mampu memberikan bantuan oksigen karena ada tanaman yang memberikan kesan nyaman, sejuk, asri, dan segar.

Ide Halaman Belakang Rumah yang Menawan

Alangkah lebih baiknya, jika anda mengerti terlebih dahulu langkah-langkah yang tepat, baik, dan benar sebelum anda menciptakan desain halaman belakang. Pasalnya, memang hal tersebut perlu anda perhatikan agar desain tersebut sangat nyaman.

Baca Juga: Tanaman Hias Ruang Tamu Tak Hanya Bisa Mempercantik Ruangan Saja

Pencahayaan yang Mendukung

Ternyata desain halaman belakang rumah itu tak melulu tentang taman yang hijau. Sebagai penghuninya, anda bisa memilih desain apa yang akan gunakan untuk mengisi halaman tersebut. Bisa taman mini, gazebo, dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa halaman eksterior belakang itu juga sangat cocok untuk membuat gazebo. Dalam gazebo tersebut, tambahkan furniture dari bahan kayu seperti meja, kursi, dan model plafonnya.

Anda juga bisa menambahkan sofa dengan warna yang selaras agar dalam menciptakan kesan naturalis itu lebih muncul. Tambahkan beberapa tanaman hias atau tiga tanaman hias pada bagian pinggir.

Namun, ada satu hal yang menjadi kunci kenyamanan yaitu pencahayaan. Gunakan lampu gantung yang mempunyai cahaya agak kuning. Gunakan juga lantai dari bahan kayu atau rumput yang hijau.

Menciptakan Terasering

Supaya anda berhasil menciptakan desain yang seperti ini, anda harus memastikan jika tanah halaman belakang rumah anda lebih tinggi daripada jalanan. Hal ini memang terinspirasi dari Bali.

Setelah terasering jadi, anda bisa meletakkan atau mengisi tumbuhan tersebut dengan berbagai bentuk dan warna. Dengan begitu, anda bisa merasakan suasana kota Bali saat masa pandemi.

Jangan lupa untuk menambahkan lampu taman pada bagian tengahnya atau untuk bagian pinggir. Selain berfungsi sebagai penerangan, lampu ini juga akan mempercantik desain halaman anda. Jangan lupa untuk menambahkan bangku taman supaya anda juga bisa santai-santai bersama keluarga di sana.

Baca Juga: Ruang Tamu Ala Cafe Membuat Anda dan Para Tamu Serasa Nongki

Menghadirkan Kaktus Mini

Inspirasi yang selanjutnya adalah melibatkan tumbuhan yang biasanya hidup di padang pasir. Untuk anda yang cinta dengan tanaman kaktus, sangat cocok untuk anda padupadankan dengan konsep ini. Ternyata, kaktus itu sangat cocok untuk desain atau warna yang monokrom.

Warna monokrom bisa tercipta itu karena ada warna abu-abu, coklat, hitam, dan putih. Nah, untuk konsep yang ini anda disarankan untuk menggunakan warna putih. Padukan warna tersebut dengan perabotan yang mempunyai garis tegas.

Gunakan pot-pot yang tidak terlalu besar sehingga kesan mini akan terwujud. Dengan desain yang seperti itu, tentunya halaman belakang rumah akan menjadi lebih cantik.

Rumput Berpetak

Apabila anda ingin menciptakan desain yang berbeda pada halaman belakang, rumput berpetak ini solusinya. Dengan membuat rumput halaman yang berpetak, sudah pasti desain eksterior tersebut akan lebih cantik dan menawan.

Untuk pemetaan sendiri, anda bisa menggunakan keramik. Supaya lebih cantik dan mempesona, tambahkan semak-semak pada bagian sudutnya.

Tempat Relaksasi

Berbeda lagi dengan desain yang satu ini, untuk kursi dan mejanya anda bisa menggunakan warna krem. Susunlah melingkar kursi tersebut. Jangan lupa hadirkan juga tempat pembakaran supaya tempat relaksasi bisa tercipta dengan sempurna.

Untuk sekelilingnya sendiri, biarkan rumput-rumput atau tanaman hijau yang mengelilinginya. Bangun juga dinding halaman belakang rumah dengan arah vertikal.

Desain Eksterior yang Lapang

Bukan berarti kehabisan ide untuk menciptakan desain yang satu ini. Biarkan saja halaman belakang anda tanpa dekorasi apapun. Sekedar jalan setapak saja pada bagian tengahnya untuk jalan-jalan santai menghirup udara segar.

Baca Juga: Keramik Ruang Tamu Elegan Memberi Kesan Indah Nan Megah Interior

Dengan menciptakan desain yang lapang seperti ini, tentunya anda bisa bebas lepas melakukan apa saja. Piknik, camping, atau bermain bersama anak-anak.

Nah, untuk anda semua yang sekiranya masih ragu untuk mendesain atau memanfaatkan halaman, beberapa inspirasi desain tersebut bisa anda gunakan dan aplikasikan pada eksterior halaman belakang rumah anda. (R10/HR-Online)