Herbal Penurun Darah Tinggi yang Ampuh, Ini Daftarnya!

herbal penurun darah tinggi
Ini daftar herbal penurun darah tinggi. Foto: Ist/Net

Ada beberapa pilihan herbal penurun darah tinggi yang ampuh. Herbal semacam ini berguna untuk mengontrol tekanan darah tinggi yang bisa mencegah akibat lebih jauh. Termasuk terjadinya komplikasi penyakit yang cukup mematikan.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu kondisi yang banyak terjadi pada masyarakat kita. Sayangnya, tekanan darah tinggi ini ternyata bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.

Tekanan darah tinggi populer juga dengan sebutan hipertensi. Ini merupakan kondisi saat tekanan darah pada arteri mengalami peningkatan. Hal ini akan menyebabkan kerja jantung ikut meningkat.

Saat otot jantung mengalami kontraksi akan meningkatkan skala tekanan darah menjadi sistole (bacaan atas). Namun saat otot jantung mengalami relaksasi akan memberikan bacaan bawah (diastole).

Tekanan darah bisa kita ketahui berdasarkan pengukuran. Untuk ukuran normal, tekanan darah sekitar 100–140 mmHg untuk sistolik dan 60–90 mmHg untuk diastolik. Namun jika tekanan darah 140/90 mmHg atau lebih segera periksakan ke dokter.

Anda bisa memanfaatkan beberapa jenis tanaman herbal penurun darah tinggi untuk mengatasi kondisi ini. Pemanfaatan tanaman ini bahkan bisa kita olah dengan beberapa campuran bahan makanan yang lezat.

Baca Juga: Gejala Penyakit Gula Darah Tinggi, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Darah tinggi bukanlah penyakit yang bisa kita sepelekan. Penyakit ini dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya jika tidak kita atasi dengan hati-hati. Karena itu penting mengenal faktor yang menyebabkannya sejak dini.

Daftar Herbal Penurun Darah Tinggi

Darah tinggi akan bisa mengakibatkan timbulnya penyakit berbahaya sebagai akibat kondisi ini. Seperti penyakit jantung dan stroke yang berbahaya dan bisa berdampak pada kematian.

Lantas apa saja jenis tanaman herbal penurun darah tinggi yang ampuh? Yuk langsung saja simak beberapa pilihan herbal terbaik untuk mengontrol tekanan darah berikut ini.

Seledri

Tanaman seledri yang sering kita gunakan untuk tambahan menu makanan mungkin tak pernah kita sadari manfaatnya. Ternyata tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Hasil penelitian dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) menyebutkan bahwa tanaman ini mampu menurunkan tekanan darah dan peluruh air seni.

Dalam hal ini, seledri memiliki kandungan apigenin sebagai beta bloger. Kandungan tersebut memiliki fungsi untuk menurunkan kontraksi jantung dan memperlambat detak jantung agar aliran darah kembali normal.

Selain itu, tanaman ini juga mempunyai kandungan apiin. Senyawa ini berguna untuk membantu ginjal dalam mengeluarkan kelebihan cairan dan tekanan darah menjadi menurun.

Pegagan

Anda juga bisa memanfaatkan pegagan sebagai tanaman herbal penurun darah tinggi. Pasalnya, tanaman ini mampu membuat aliran darah menjadi lancar.

Pegagan bahkan sering orang gunakan sebagai ramuan tradisional daerah Banten dan Jawa Barat. Pemanfaatan dengan menggunakan tanaman ini bertujuan untuk menurunkan tekanan darah dan mengobati sakit kepala.

Baca Juga: Makanan Pantangan Darah Tinggi yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi

Untuk membuktikan manfaat dari tanaman ini, Anda dapat mengetahui kandungan asiatikosid sebagai zat aktif untuk memperlancar aliran darah. Zat tersebut bahkan dapat meningkatkan mikrosirkulasi yang berdampak pada penurunan permeabilitas kapiler.

Percobaan menggunakan ramuan ini juga telah terbukti dengan mencampurkan etanol dan pegagan pada akuabides.

Temulawak

Herbal ini termasuk tanaman obat yang sering kita gunakan untuk mengobati beragam penyakit. Temulawak mempunyai kandungan flavonoid untuk melindungi endotel vascular.

Pembuktian kinerja temulawak telah banyak dilakukan. Termasuk dengan mengombinasikan ramuan ini dengan pegagan, seledri, meniran, kunyit dan kumis kucing.

Daun Basil

Herbal penurun darah tinggi juga dapat Anda peroleh dari daun basil. Herbal ini mungkin kalah populer dengan jenis tanaman obat lainnya. Namun daun ini memiliki aroma mirip daun kemangi tetapi ukuran daun lebih besar.

Pembuktian daun basil untuk mengatasi penyakit ini telah banyak dilakukan. Hal ini karena kandungan eugenol dalam herbal ini yang memiliki fungsi untuk menyempitkan pembuluh darah.

Kapulaga

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan kapulaga sebagai tanaman herbal yang cocok untuk menurunkan darah tinggi. Penelitian menggunakan tanaman herbal ini juga telah terbukti terhadap 20 orang penderita hipertensi selama 12 minggu. 

Untuk cara pemanfaatan tanaman ini bisa Anda lakukan dengan beberapa pilihan. Salah satunya dengan memasukkan biji kapulaga pada semur, sup dan makanan yang dipanggang.

Demikianlah daftar beberapa jenis herbal penurun darah tinggi yang ampuh yang bisa Anda gunakan. Selain mengandung senyawa yang baik untuk mengontrol tekanan darah, herbal ini juga kaya nutrisi yang baik untuk imunitas tubuh. (R11/HR-Online)

Editor: Ndu